9 Mobil Paling Irit BBM yang Bisa Bikin Anda Hemat Terus!

Mei 03, 2018
By jandika
9 Mobil Paling Irit BBM yang Bisa Bikin Anda Hemat Terus!-otospector

Mobil irit BBM menjadi salah satu tipe kendaraan roda empat yang sering dicari oleh masyarakat Indonesia. Bila pada umumnya mobil dapat menempuh 9-11 km/liter, mobil paling irit disebut bisa berjalan hingga 30 km/liter. Siapa yang tidak mau sih punya mobil irit yang bikin kantong tidak jebol seperti itu?

Itu sebabnya cukup banyak orang yang berminat membeli mobil seperti ini. Bukan hanya yang berteknologi low cost green car (LGCC), berbagai model mobil lain pun ternyata memiliki keiritan serupa.

Teman OtoSpector sedang mencari mobil paling irit? Harus lihat dulu 9 pilihan di antaranya berikut ini.

#1: Toyota Corolla Altis – 18 Km/Liter

Toyota Corolla Altis

Sedan pabrikan Toyota ini dikenal sebagai mobil keluarga yang bergaya dan juga cukup elegan. Tak hanya itu, ternyata mobil ini dibuat sangat efisien BBM.

Generasi ke-11 Toyota Corolla Altis yang meluncur di pasaran tahun 2014 disebut dapat menempuh jarak 18 km/liter. Kekuatan yang baik serta penggunaan bahan bakar yang irit ini didukung oleh penggunaan mesin transmisi super CVT dan mesin 2ZR-FE 1.800cc dual VVT-i.

#2: KIA Picanto – 19 Km/Liter

KIA Picanto

Mobil paling irit selanjutnya ialah KIA Picanto yang mampu berlari sejauh 19 km/liter di dalam kota. Picanto memiliki mode ECO yang membuat mesinnya bekerja efisien sehingga tak boros BBM. Selain itu, mobil ini punya bodi mungil dan stylish sehingga banyak dipilih oleh kaum muda.

Aplikasi Otos Jual mobil bekas

Baca Juga: Lebih Baik Membeli Mobil Manual atau Matic?

#3: Toyota Agya & Daihatsu Ayla – 19,5 Km/Liter

Toyota Agya Daihatsu Ayla

Beberapa tahun ke belakang ini cukup banyak bermunculan mobil LCGC dengan harga yang sangat terjangkau. Secara cepat, model mobil seperti ini pun mencuri perhatian banyak masyarakat Indonesia. Salah satu di antaranya yang cukup diminati ialah Toyota Agya.

City car dengan maksimal isi penumpang lima orang ini dapat melaju sejauh 19,3 km/liter. Sudah murah, irit bahan bakar, mobil ini juga disebut punya suspensi yang baik sehingga mampu menghadirkan kenyamanan berkendara.

Sering disebut kembaran dari Toyota Agya, Daihatsu Ayla yang juga diproduksi oleh perusahaan Astra Indonesia pun tak kalah irit! Sedikit lebih baik dari Agya, Ayla ternyata mampu menempuh jarak hingga 19,5 km/liter BBM.

#4: New Ford Fiesta – 20 Km/Liter

Ford Fiesta

New Ford Fiesta juga ternyata masuk ke dalam jajaran mobil paling irit BBM. Ford Fiesta didukung oleh teknologi mesin 1.6L Ti-VCT dengan transmisi dual clutch PowerShift enam kecepatan, yang dirancang untuk memberikan efisiensi bahan bakar luar biasa dan akselerasi mulus dalam segala kondisi.

Mobil ini disebut mampu melaju hingga 20 km/liter dalam kondisi jalan bebas hambatan.

#5: Daihatsu Sirion – 20,8 Km/Liter

Daihatsu Sirion

Bukan hanya Ayla ternyata yang didapuk sebagai mobil paling irit BBM dari Daihatsu, Sirion juga! City car yang tampilannya lebih trendi ini dilengkapi 16 katup dan empat silinder yang menjadikannya mobil berkapasitas 1.298 cc. Ternyata, Sirion dengan mesin K3-VE dan DOHC VVT-I ini dapat menempuh jarak hingga sekitar 20,8 km/liter.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca Juga: Ciri-Ciri Ban Mobil Anda Sudah Saatnya Diganti

#6: Nissan March – 21 Km/Liter

Nissan March

Nissan juga tak kalah dalam produksi mobil irit bahan bakar dengan tipe andalannya yaitu, Nissan March. Berkapasitas mesin 1.198 cc dan juga dilengkapi dengan teknologi Continously Variable-Valve Timing Control (CVTC), Nissan March mampu mengefisiensikan bahan bakar dengan baik.

Mobil ini sendiri disebut-sebut dapat melaju hingga 21 km untuk setiap liter BBM yang dikeluarkannya.

#7: Honda Brio – 21,2 Km/Liter

Honda Brio

Brio merupakan jenis city car ramah lingkungan dan irit bahan bakar andalan pabrikan Honda. Di jalan raya, mobil imut-imut namun punya sisi sporty ini cukup banyak ditemukan. Honda sendiri mengeluarkan berbagai jenis tipe Brio dengan spesifikasi mesin serta harga yang bervariasi.

Brio 1,2 E A/T dikatan sebagai tipe yang paling irit bahan bakar. Tiap liter BBM yang digunakan Brio 1,2 E A/T dapat membawa mobil jenis hatchback ini melaju hingga 21,2 km/liter. Lumayan irit bukan Teman OtoSpector?

#8: Mazda 2 – 21,5 Km/Liter

Mazda 2

Mazda dikenal sebagai pabrikan dengan mobil yang cukup eksklusif, terutama di Indonesia. Biarpun dikenal dengan identitas mewah, elegan, dan juga sporty, Mazda pun tak ketinggalan dalam memproduksi mobil irit bahan bakar yaitu Mazda 2 Skyactiv.

Kendaraan dengan kapasitas mesin 1.500 cc dan bertenaga hingga 110 Hp ini sendiri tercatat mampu menempuh hingga 21,5 km/liter BBM.

Baca Juga: Kelebihan Membeli Mobil Bekas daripada Mobil Baru

#9: Mitsubishi Mirage – 30 Km/Liter

Mitsubishi Mirage

Mobil-mobil pabrikan Jepang kini sudah banyak yang dibuat dengan teknologi hybrid. Hal ini pun mampu menjadikan mereka sebagai mobil paling irit BBM. Hanya dengan satu liter BBM, mobil tipe hybrid dapat berkendara hingga lebih dari 30 km!

Dilansir dari oto.detik.com, uniknya ada salah satu tipe mobil non hybrid yang mampu mencetak jarak tersebut! Mobil tersebut ialah Mitsubishi Mirage yang juga dikenal banyak beredar di jalanan Indonesia. Berdasarkan hasil tes irit yang dilakukan Mitsubishi Amerika, mobil ini ternyata bisa menempuh jarak 31 km/liter.

Wah, ternyata cukup banyak juga ya pilihan mobil paling irit yang beredar di Indonesia, Teman OtoSpector! Semoga ulasan di atas dapat membantu Anda menemukan mobil irit idaman Anda.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

Maret 12, 2024
Kaki-kaki mobil adalah salah satu komponen penting yang berfungsi menopang berat mobil, menyerap getaran saat melintasi jalan berlubang, dan mengatur arah laju mobil atau juga pergerakan roda. Kaki-kaki mobil terdiri atas beberapa komponen, seperti shockbreaker, per, stabilizer, ball joint, tie rod, bushing arm, dll. Kerusakan kaki-kaki mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia pemakaian,
Baca Lebih Lanjut

Catat! Ini Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil

Maret 12, 2024
Fungsi tombol sirkulasi udara di mobil sering menjadi pertanyaan besar bagi pemilik mobil. Maklum, tombol ini memang terhitung jarang disentuh-sentuh. Bahkan mungkin sejak mobil baru dibeli. Tombol sirkulasi udara di mobil tentu berfungsi untuk menjaga kualitas udara yang dihirup oleh penumpang di dalam mobil. Namun sebaiknya Otofriends juga harus tahu secara spesifik, bagaimana peran tombol
Baca Lebih Lanjut

5 Harga Mobil Keluarga Di Bawah 50 Juta

Maret 12, 2024
Mobil keluarga di bawah 50 juta selalu jadi topik pencarian favorit para pemburu mobil yang punya kabin luas serta harganya murah. Apalagi di tengah rencana kenaikan harga BBM, tentu calon pembeli semakin bijaksana dalam membelanjakan uangnya untuk kendaraan. Simak pilihan mobil bekas terbaik. Dengan anggaran yang cukup ketat, tentu pilihan Otofriends tidak cukup leluasa. Namun
Baca Lebih Lanjut