Biar Makin Irit, Begini Cara Menghemat BBM Mobil Anda

Oktober 30, 2018
By jandika
Biar Makin Irit, Begini Cara Menghemat BBM Mobil Anda-otospector

Hingga Oktober 2018, BBM non subsidi seperti Pertalite, Pertamax, serta Pertamax Turbo sudah beberapa kali mengalami kenaikan harga. Itu berarti, anggaran bensin untuk mobil kesayangan pun ikut naik juga. Sebelum kantong makin bolong, Anda wajib tahu cara menghemat BBM untuk mobil kesayangan!

Menghemat BBM dapat dilakukan dari cara tersimpel seperti memperbaiki cara menyetir. Ada pula perbaikan yang perlu OtoFriends lakukan agar mesin tidak terlalu menyedot bahan bakar. Baca cara menghemat BBM yang telah OtoSpector rangkum dari berbagai sumber di bawah ini, yuk!

#1: Tak Memanaskan Mesin Mobil Terlalu Lama

Mobil memang harus dipanaskan sebelum dipakai berkendara. Semakin lama, maka kondisi mobil pun akan semakin prima saat digunakan. Begitulah orang kebanyakan beranggapan. Padahal, mobil-mobil sekarang sudah semakin canggih dan tak butuh waktu lama untuk panas. Justru bila mobil didiamkan menyala dalam waktu lama, bensin yang ada di dalamnya akan terbuang sia-sia.

#2: Menghindari Pengereman yang Terlalu Sering

Pengereman Mobil

Intensitas pengereman ternyata berkorelasi dengan konsumsi BBM mobil lho, OtoFriends. Semakin sering Anda menginjak pedal rem, maka semakin besar pula bahan bakar yang terbuang sia-sia. Mesin jadi bekerja lebih berat dalam berakselerasi sehingga bahan bakar yang disedot lebih banyak.

Saat Anda berkendara, paculah mobil dengan kecepatan yang relatif konstan sehingga dapat menghindari mobil tanpa harus menginjak rem. Selain itu, jagalah kaki Anda agar tak menggantung di pedal rem. Cara ini dapat membantu Anda untuk mengurangi penggunaan rem yang sebenarnya tak terlalu diperlukan.

#3: Mencari Rute yang Relatif Tak Macet Saat Berkendara

Masih terkait dengan cara menghemat BBM nomor dua, agar tak sering melakukan pengereman, carilah jalan yang relatif tak macet ketika akan berkendara. Anda dapat mencari rute-rute alternatif tersebut dari aplikasi peta seperti Google Maps atau Waze.

Setelah itu, tentukanlah rute yang ingin Anda lewati dari tempat terkini hingga tujuan dengan baik. Dengan begitu, Anda bisa berkendara dengan lancar, cepat, serta hemat bahan bakar. Mudah ya!

Baca Juga: 9 Mobil Paling Irit BBM yang Bisa Bikin Anda Hemat Terus!

#4: Tidak Membiarkan Ban dalam Keadaan Kempes

Ban Kempes

Semakin berat mesin bekerja, maka bahan bakar yang dapat terkuras juga berbanding lurus. Nah, salah satu hal dapat menyebabkan mesin bekerja lebih berat adalah ban yang kempes. Terdengar sepele ya, namun ini tidak boleh dibiarkan apalagi Anda yang mengendarai mobil bertransmisi matic.

Periksalah tekanan angin pada ban mobil kesayangan secara berkala untuk menhindari terkurasnya bensin mobil. Bila tekanannya di bawah angka yang disarankan, lakukan pengisian ulang sesegera mungkin. Cara menghemat BBM yang simpel dan mudah bukan?

#5: Menjauhi Tempat Parkir yang Panas

Banyak sekali cara menghemat BBM yang sangat simpel untuk Anda lakukan OtoFriends. Salah satunya ialah tidak memarkirkan mobil kesayangan di tempat yang panas menyengat. Kebiasaan Anda ini dapat membuat bensin di dalam tangki cepat menguap. Jadi, mulai dari sekarang coba cari tempat teduh saat memarkirkan mobil Anda ya!

Baca Juga:  Tips Aman Berkendara Saat Hujan. Apa yang Harus Diperhatikan?

#6: Jangan Beri Muatan Berlebih pada Mobil

Cara menghemat BBM lainnya yang dapat Anda lakukan adalah tak memberi muatan berlebih pada mobil. Misalnya dengan menaruh barang terlalu banyak di bagasi atau memuat orang lebih dari kapasitasnya terlalu sering. Hal ini akan membuat mobil kesayangan sulit berakselerasi sehingga mesin bekerja lebih berat. Akibatnya, bahan bakar yang digunakan pun jadi semakin boros, deh

#7: Memilih Oli Jenis Sintetis untuk Mobil

Ganti Oli

Supaya lebih hemat bahan bakar, Anda dapat menggunakan oli jenis sintetis untuk mobil. Dilansir OtoSpector dari cermati.com, penggunaan oli jenis ini dapat membantu menghemat konsumsi bahan bakar hingga 5%. Di sisi lain, Anda pun tidak perlu melakukan ganti oli jika menggunakan jenis sintetis.

Semoga tips di atas dapat membantu Anda lebih menghemat bahan bakar untuk kendaraan kesayangan ya OtoFriends!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan? Update 2024

Januari 16, 2024
Kita sebagai pengemudi mobil pasti pernah melewati tanjakan, termasuk juga tanjakan curam. Sebagai pengendara, apa yang biasanya kita lakukan nih Otofriends untuk mengatasi tanjakan tersebut, adakah dari Otofriends yang mematikan AC mobil sebelum melibas tanjakan? Kalau ada, kita bahas yuk lantas benarkan salah satu cara yaitu mematikan AC membuat tenaga mesin mobil jadi lebih kuat.
Baca lebih lanjut

Simak Ya, Harga Mobil Agya Bekas Per September 2024

Januari 15, 2024
Toyota Agya merupakan salah satu produk low cost green car (LCGC) kerjasama Toyota dan Daihatsu yang sangat diminati di Indonesia. Toyota Agya dapat dikatakan sebagai mobil yang ideal untuk penggunaan pribadi atau keluarga kecil. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013, Toyota Agya terus mengalami penyempurnaan hingga tahun 2020. Meski begitu mobil ini tetap ada berbagai
Baca lebih lanjut

Inilah 5 Harga Mobil Suzuki Bekas 2024 Pada Kisaran Rp 50 Juta

Januari 15, 2024
Buat yang mau beli mobil Suzuki, di bursa mobil bekas, harga mobil Suzuki sangat ditentukan oleh popularitas dan kualitas produk tersebut saat dipasarkan. Beberapa jenis mobil harganya cukup stabil. Namun ada pula yang terdepresiasi cukup banyak, meski kualitasnya bersaing bahkan lebih baik dibanding kompetitor. Cari yuk Suzuki lama, harga mulai 50 juta. Sejak kehadirannya di
Baca lebih lanjut