Arti dan Fungsi dari Lampu Hazard di Mobil

Mei 10, 2024
By Getan Metodius
Arti dan Fungsi dari Lampu Hazard di Mobil-otospector

Hallo otofriends, kamu tahu nggak nih apa sih sebetulnya arti serta fungsi dari lampu hazard? Kita bahas lebih detail yuk disini. Adanya lampu hazard di setiap mobil sudah pasti banyak sekali manfaatnya untuk kita sebagai pengemudi. Lampu peringatan darurat atau lampu hazard merupakan komponen yang sangat penting yang ada di kendaraan, karena dapat membantu untuk mengurangi kecelakaan yang ada di jalan raya. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Lampu hazard itu ialah ketika kedua lampu sein kanan dan kiri akan menyala atau berkedip di waktu yang bersamaan otofriends. Seperti yang kita ketahui, jika fungsi utama dari lampu hazard adalah untuk memberikan sebuah tanda peringatan untuk pengemudian yang lain, yang sedang berada di jalan, jika kendaraan tersebut sedang mengalami masalah teknis, dan sedang membutuhkan perhatian.

Tapi, ada juga beberapa pengemudi yang sering menyalahgunakan lampu hazard, sampai akhirnya bisa menimbulkan kebingungan dan juga fatalnya dapat membahayakan keselamatan para pengguna jalan lainnya loh.

Berikut ini ada beberapa fungsi dari lampu hazard yang harus kamu pahami.

#1: Kode Memberikan Isyarat Darurat.

lampu hazard mobil

Sumber: furukawa battery

Seperti yang kita ketahui, jika lampu hazard digunakan berarti menandakan adanya yang hal darurat. Seperti sedang terjadi kecelakaan, atau kendaraan yang sedang mogok.

Pengemudi yang menyalakan lampu hazard ini berarti menandakan isyarat yang sedang darurat ke kendaraan yang ada dibelakang nya untuk segera memperlambat kecepatan. 

#2: Menepi Atas Arahan Petugas Lalu Lintas.

lampu hazard

Sumber: carvaganza

Jika kamu sedang berkendara, lalu di tengah jalan menemukan arahan dari petugas lalu lintas untuk segera menepi atau berhenti, kamu bisa langsung menyalakan lampu hazard, hal ini dapat membantu pengendara di belakang mobil kamu bahwa sedang ada kendaraan yang sedang berhenti di jalan. 

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Penyebab Volume Oli Mesin Berkurang Drastis

#3: Memberikan Tanda Peringatan.

tombol hazard

Sumber: detik

Fungsi dari lampu hazard tidak hanya memberikan sinyal darurat, melainkan bisa memberikan tanda peringatan untuk pengemudi yang lain. Seperti ketika sedang melihat yang ada kecelakaan, maka kamu bisa menyalakan lampu hazard untuk memberitahukan pengemudian yang ada di belakang mobil kamu agar lebih hati-hati dalam berjalan.

#4: Ketika Mobil Diderek.

derek mobil

Sumber: kompas

Ketika dijalan kamu sedang menemukan mobil yang lagi derek atau bahkan mobil kamu yang sedang diderek, alangkah baiknya kamu segera menyalakan lampu hazard. Hal ini dilakukan menandakan untuk pengemudi yang lain agar lebih hati-hati ketika sedang berkendara dan lebih aware ketika sedang dijalan. Dan untuk mobil yang sedang diderek lebih baik menggunakan lajur kiri dengan kecepatan berkendara yang lebih rendah.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

#5: Bukan untuk asal digunakan.

Gini otofriends kada nggak habis pikir kalau lampu hazard ini sengaja dinyalakan dengan tujuan yang nggak penting. Contohnya saja ketika kamu sedang konvoi atau touring bareng-bareng temen, seperti hanya 3 atau 5 mobil. Kamu menyalakan lampu hazard selama perjalanan, ini tidak membuat pengendara lain respek dengan tindakan kamu.

Kecuali mobil kamu sedang dalam keadaan darurat, barulah gunakan lampu hazard namun jangan nyalakan lampu hazar hanya karena iseng atau hanya untuk kepentingan diri sendiri yang malah membingungkan pengendara lainnya.

Gunakan lampu hazard mobil dengan tepat.

Sekarang kamu udah tahu betapa pentingnya lampu yang kedap kedip secara bersamaan ini kan? Gunakan fitur ini dengan bijak ya, dan jangan sembarangan menyalakannya.

Untuk kamu nih yang mau beli mobil bekas, jangan sampai salah pilih mobil ya otofriends. Kamu harus menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Karena dengan layanan ini, kamu akan sangat terbantu memilih mana mobil bekas yang berkualitas.

Inspeksi mobil Otospector ini adalah pionir dan no 1 di Indonesia loh, jadi kalau udah cermat mau beli mobil bekas, jangan sampa nggak cermat dalam memilihnya dong. Buruan hubungi Otospector sekarang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mencegah Rem Mobil Terkunci Ketika Mobil Diparkir Lama

Mei 16, 2024
Mungkin Otofriends pernah merasakan rem mobil terkunci secara tiba-tiba. Awalnya mungkin ada rasa panik, karena mobil tidak mau bergerak, meski persneling sudah masuk dan mobil siap jalan. Baru setelah dicoba berkali-kali, akhirnya rem yang terkunci itu biasanya baru terlepas. Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama, biasanya di atas 2 minggu, memang berisiko mengalami rem
Baca Lebih Lanjut

Batas Aman Mobil Untuk Lewati Banjir 

Mei 16, 2024
Kamu ingin menerjang banjir menggunakan mobil? Tapi kamu masih tidak tahu berapa batas aman mobil ketika sedang terendam banjir? Simak pembahasan berikut ini otofriends. Seperti yang kita ketahui kalau banjir adalah sesuatu yang sering terjadi di Indonesia, terutama di daerah dataran rendah yang sering kali terkena banjir ketika hujan sudah mulai turun. Dan bagi pemilik
Baca Lebih Lanjut

Spesifikasi Mobil Genesis G80 Milik Shin Tae Yong

Mei 16, 2024
Pelatih Timnas U-23 yaitu Shin Tae Yong baru saja diberikan mobil listrik Genesis Electrified G80 Long-Wheelbase oleh Hyundai, mobil listrik ini harga nya mencapai Rp 2 miliar. Hyundai memberikan sebuah mobil listrik kepada Shin Tae Yong sebagai wujud apresiasinya, karena berkat Shin Tae Yong Timnas U-23 berhasil masuk ke semifinal Piala Asia U-23 dan membuat
Baca Lebih Lanjut