Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Maret 25, 2024
By Thomas W
Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti-otospector

Tanda seal klep mobil perlu diganti, tentu harus dipahami oleh Otofriends agar bisa cepat melakukan penggantian. Sebab jika seal klep dibiarkan bocor, akibatnya mesin bisa rusak, bahkan bisa sampai turun mesin. Biaya perbaikan jadi semakin mahal.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Seal klep memang komponen yang kecil, berbahan karet tahan panas, namun perannya begitu penting di dalam mekanisme kerja mesin. Posisinya ada di antara dua bagian yaitu klep dan kepala silinder. Akan tetapi berbagai sebab, suatu saat seal klep akan rusak dan perlu diganti.

Sebelum mengetahui tanda klep mobil harus diganti, mari kita pahami fakta-fakta tentang komponen ini:

#1: Apa Fungsi Seal Klep Mobil?

Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Sumber: Tokopedia

Seal klep fungsi utamanya adalah menjaga agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar mesin. Selain itu komponen ini menjaga tekanan oli tetap stabil.

Kalau tidak ada seal klep, risiko oli masuk ruang bakar sangatlah besar. Akibatnya oli bisa terbakar, lalu mesin bisa rusak parah bahkan sampai turun mesin.

Seal klep juga berfungsi mencegah debu dan kotoran dari luar masuk ke dalam mesin dan bisa menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

#2: Mengapa Seal Klep Bisa Rusak ?

Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Sumber: Kompas.com

Seal klep bisa rusak karena mesin kotor dan banyak kerak sisa pembakaran. Karena itu pembersihan ruang bakar secara rutin sangatlah penting.

Kerusakan bisa juga karena usia pakai kendaraan. Semakin sering kendaraan dipakai, risiko kerusakan bakal semakin besar, terutama karena karena paparan panas dari mesin.

Untuk mencegah kerusakan yang tidak diketahui, disarankan seal klep rutin diganti setidaknya setiap 3 tahun meski tidak bermasalah.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Tanda-tanda Seal Klep Perlu Diganti

Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Sumber: Gridoto

Tanda pertama yang gampang dikenali adalah adanya bocoran oli di bawah mobil. Tetesan oli ini terutama terlihat setelah mobil diparkir cukup lama. Misalnya saat di garasi rumah.

Kebocoran oli juga bisa terlihat dari munculnya asap putih knalpot. Asap berasal dari oli yang masuk ke ruang bakar dan terbakar.   

Otofriends juga curiga seal klep rusak, jika oli mesin berkurang. Apalagi jika volume berkurangnya sangat banyak.  

Tanda terakhir adalah jika bunyi mesin terasa lebih berisik dari biasanya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Cara Penggantian Seal Klep dan Pencegahan Kerusakan

Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Sumber: GembelGaul

Biasanya seal klep akan diganti pada saat turun mesin. Namun saat ini ada dua cara penggantian seal klep tanpa turun mesin.

Pertama dengan skir klep, yaitu mengikis pelan dengan metode skir. Cara ini dilakukan dengan mengikis pelan-pelan dudukan dan klep sampai didapat posisi yang benar.

Cara kedua, diganti keseluruhan. Cara ini lebih kompleks karena seal klep harus dipasang terlebih dulu dan dipastikan dudukannya pas, baru setelah itu batang, sitting, dan klep.

Kedua cara ini harus dilakukan oleh mekanik dan bengkel yang berpengalaman.

Perawatan seal klep mudah saja, yaitu dengan cara perawatan mesin secara rutin dan ganti oli mesin secara teratur. Cukup dengan servis rutin, seal klep akan berumur panjang.

Baca juga: 6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas

Cek mobil bekas sebelum dibeli, apakah perlu?

Membeli mobil bekas tentu berbeda dengan beli mobil baru. Kondisi mobil bekas sungguh tidak bisa dipastikan. Apalagi jika mobil tersebut tidak dirawat dan usianya juga sudah cukup tua.

Untuk memastikan kondisi mobil bekas yang hendak dibeli, manfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Laporan hasil pemeriksaan Otospector dijamin dapat menjadi referensi terpercaya dalam membeli mobil bekas berkualitas.

Tunggu apa lagi, mari inspeksi mobil sekarang juga.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca Lebih Lanjut

Tips Cara Menghitung Pajak Progresif

Maret 04, 2024
Kadang ada sementara orang bertanya, apa gunanya kita tahu cara menghitung pajak progresif? Tentu saja perhitungan ini akan ada gunanya, jika Otofriends punya lebih dari satu mobil. Dengan perhitungan yang tepat, kita jadi bisa merencanakan anggaran untuk kepemilikan kendaraan di masa depan. Pajak progresif, secara gampangnya adalah tarif pungutan pajak dengan persentase yang didasarkan pada
Baca Lebih Lanjut

9 Dealer Mobil Bekas di Jabodetabek

Maret 02, 2024
Cari atau membeli mobil bekas itu susah-susah gampang, apalagi kalau Otofriends gak paham tentang otomotif atau mobil, bisa bahaya salah beli mobil. Namun, untuk saat ini bagi mereka awam pun bisa dengan mudah memilih mana mobil yang masuk ke dalam kategori layak dibeli atau tidak. Karena saat ini sudah ada layanan jasa inspeksi mobil bekas
Baca Lebih Lanjut