Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Maret 25, 2024
By Thomas W
Ini Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti-otospector

Tanda seal klep mobil perlu diganti, tentu harus dipahami oleh Otofriends agar bisa cepat melakukan penggantian. Sebab jika seal klep dibiarkan bocor, akibatnya mesin bisa rusak, bahkan bisa sampai turun mesin. Biaya perbaikan jadi semakin mahal.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Seal klep memang komponen yang kecil, berbahan karet tahan panas, namun perannya begitu penting di dalam mekanisme kerja mesin. Posisinya ada di antara dua bagian yaitu klep dan kepala silinder. Akan tetapi berbagai sebab, suatu saat seal klep akan rusak dan perlu diganti.

Sebelum mengetahui tanda klep mobil harus diganti, mari kita pahami fakta-fakta tentang komponen ini:

#1: Apa Fungsi Seal Klep Mobil?

Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Sumber: Tokopedia

Seal klep fungsi utamanya adalah menjaga agar oli tidak masuk ke dalam ruang bakar mesin. Selain itu komponen ini menjaga tekanan oli tetap stabil.

Kalau tidak ada seal klep, risiko oli masuk ruang bakar sangatlah besar. Akibatnya oli bisa terbakar, lalu mesin bisa rusak parah bahkan sampai turun mesin.

Seal klep juga berfungsi mencegah debu dan kotoran dari luar masuk ke dalam mesin dan bisa menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

#2: Mengapa Seal Klep Bisa Rusak ?

Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Sumber: Kompas.com

Seal klep bisa rusak karena mesin kotor dan banyak kerak sisa pembakaran. Karena itu pembersihan ruang bakar secara rutin sangatlah penting.

Kerusakan bisa juga karena usia pakai kendaraan. Semakin sering kendaraan dipakai, risiko kerusakan bakal semakin besar, terutama karena karena paparan panas dari mesin.

Untuk mencegah kerusakan yang tidak diketahui, disarankan seal klep rutin diganti setidaknya setiap 3 tahun meski tidak bermasalah.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Tanda-tanda Seal Klep Perlu Diganti

Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Sumber: Gridoto

Tanda pertama yang gampang dikenali adalah adanya bocoran oli di bawah mobil. Tetesan oli ini terutama terlihat setelah mobil diparkir cukup lama. Misalnya saat di garasi rumah.

Kebocoran oli juga bisa terlihat dari munculnya asap putih knalpot. Asap berasal dari oli yang masuk ke ruang bakar dan terbakar.   

Otofriends juga curiga seal klep rusak, jika oli mesin berkurang. Apalagi jika volume berkurangnya sangat banyak.  

Tanda terakhir adalah jika bunyi mesin terasa lebih berisik dari biasanya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Cara Penggantian Seal Klep dan Pencegahan Kerusakan

Tanda Seal Klep Mobil Perlu Diganti

Sumber: GembelGaul

Biasanya seal klep akan diganti pada saat turun mesin. Namun saat ini ada dua cara penggantian seal klep tanpa turun mesin.

Pertama dengan skir klep, yaitu mengikis pelan dengan metode skir. Cara ini dilakukan dengan mengikis pelan-pelan dudukan dan klep sampai didapat posisi yang benar.

Cara kedua, diganti keseluruhan. Cara ini lebih kompleks karena seal klep harus dipasang terlebih dulu dan dipastikan dudukannya pas, baru setelah itu batang, sitting, dan klep.

Kedua cara ini harus dilakukan oleh mekanik dan bengkel yang berpengalaman.

Perawatan seal klep mudah saja, yaitu dengan cara perawatan mesin secara rutin dan ganti oli mesin secara teratur. Cukup dengan servis rutin, seal klep akan berumur panjang.

Baca juga: 6 Trik Pedagang Seputar Mesin, Saat Jual Beli Mobil Bekas

Cek mobil bekas sebelum dibeli, apakah perlu?

Membeli mobil bekas tentu berbeda dengan beli mobil baru. Kondisi mobil bekas sungguh tidak bisa dipastikan. Apalagi jika mobil tersebut tidak dirawat dan usianya juga sudah cukup tua.

Untuk memastikan kondisi mobil bekas yang hendak dibeli, manfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Laporan hasil pemeriksaan Otospector dijamin dapat menjadi referensi terpercaya dalam membeli mobil bekas berkualitas.

Tunggu apa lagi, mari inspeksi mobil sekarang juga.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2024

Februari 04, 2024
Seakan sudah menjadi semacam tradisi jika pada saat menjelang Idul Fitri, sebagian besar masyarakat melakukan acara pulang kampung atau istilahnya mudik. Tradisi yang dilakukan massal ini setidaknya berlangsung setahun sekali, di samping ada juga musim liburan besar lain yakni saat akhir tahun. Selain menggunakan jalur transportasi umum, ritual kembali ke kampung halaman ini juga didominasi
Baca Lebih Lanjut

Gak Cuma Wrangler, Ini Koleksi Mobil Tua Andre Taulany

Februari 04, 2024
Bagi para penonton televisi di Indonesia, tentu tidak asing dengan nama Andre Taulany. Namanya dikenal sebagai komedian, penyanyi, dan presenter yang sangat sering tampil di televisi. Ternyata di balik popularitasnya, ia juga dikenal memiliki hobi mengoleksi mobil klasik yang bernilai tinggi. Dalam hal hobi otomotif, Andre tidak sendiri. Beberapa selebriti lain seperti Raffi Ahmad, Baim
Baca Lebih Lanjut

Penyebab Radiator Mobil Karatan

Februari 02, 2024
Banyak pemilik mobil yang tidak paham bahwa banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab radiator mobil karatan. Pada umumnya mereka mengira, penyebab satu-satunya adalah karena kualitas cairan pendingin yang dipakai tidak bagus. Jadi selama pakai cairan yang bagus, mereka sudah merasa aman. Seiring berjalannya waktu, radiator memang bisa terkena karat atau korosi, baik karena faktor eksternal
Baca Lebih Lanjut