Baca, 4 Fakta Oli Mobil Avanza Yang Harus Diketahui

Juli 21, 2022
By Thomas W
Baca, 4 Fakta Oli Mobil Avanza Yang Harus Diketahui-otospector

Sebagai salah satu mobil terpopuler di Indonesia, wajar jika banyak orang mencari tahu seputar fakta-fakta tentang oli Toyota Avanza. Apalagi sampai hari ini populasi mobil Low MPV ini juga merupakan yang terbanyak di Indonesia yakni sudah mendekati 2 juta unit. Mulai dari Avanza lama sampai Avanza terbaru masih hits di Indonesia.

Otofriends tentu tahu fungsi oli mesin adalah sebagai pelumas komponen mesin. Namun ada juga fungsi lain yakni membersihkan komponen mesin dan mengangkat kotoran dalam mesin. Karena itu pentingnya oli Avanza dalam kinerja mesin tidak bisa disepelekan.

Nah, apa saja fakta-fakta yang perlu diketahui tentang oli mesin Avanza, upadate Agustus 2023:

#1: Waktu Yang Tepat Mengganti Oli

Waktu Ganti Oli - Tutup Oli Mesin

Bagi pemilik Avanza baru, prosedur penggantian oli terbaik dilakukan setiap menempuh jarak 10.000 kilometer, agar oli tetap memberikan perlindungan terbaik. Atau bila dilihat dari waktunya, kira-kira 6-12 bulan tergantung seberapa sering mobil dipakai.

Sementara untuk mobil Avanza lama penggantian oli sebaiknya dilakukan bila kendaraan sudah menempuh jarak 5.000 kilometer. Jarak tempuh ini perlu diperhatikan untuk mencegah overheating pada mesin, perhatikan juga oli yang cocok untuk Avanza kamu.

Penggantian oli mobil Avanza juga memperhitungkan jenis oli yang dipakai. Bila menggunakan oli full sintetik, penggantian bisa dilakukan saat menempuh jarak 10.000 km.

Sementara bila menggunakan oli dengan campuran mineral, sebaiknya penggantian dilakukan setelah menempuh jarak 5.000 kilometer.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Ini Dia Harga Mobil Avanza Bekas Di Bawah Rp100 Juta

#2: Jenis Oli Mobil Avanza Yang Direkomendasikan

Gonta-Ganti Oli

Toyota Avanza dengan usia muda direkomendasikan menggunakan oli dengan kekentalan 5W-30, cocok untuk mobil Avanza terbaru.

Sedangkan, jika mobil sudah lebih tua, dalam arti lebih dari tiga tahun, lebih direkomendasikan memakai oli dengan kekentalan lebih. Jenisnya oli 10W-40. Jenis-jenis oli ini cocok untuk Avanza mulai 1.300 cc sampai 1.500 cc

Alasan penggunaan oli jenis ini karena semakin lama komponen dalam mesin akan semakin renggang, sehingga perlu oli yang lebih kental untuk melumasinya.

#3: Biaya Penggantian Oli Di Bengkel

Cara Memilih Oli yang Tepat

Ada dua cara penggantian yakni di bengkel biasa dan bengkel resmi.

Jika memilih di bengkel biasa, perkiraan biaya yang bakal dikeluarkan antara Rp300.000-Rp350.000. Dengan catatan tarif tersebut belum termasuk tarif jasa mekanik. Umumnya tarif jasa ini berkisar Rp40.000-Rp50.000.

Sementara di bengkel resmi, sebenarnya tarifnya tidak berbeda jauh yakni sekitar Rp300.000-Rp500.000.

Contohnya biaya ganti oli mobil Avanza di sebuah bengkel resmi ternama punya perincian:

  • Gasket oli Rp9.000
  • Filter oli Rp27.000
  • Toyota Genuine Oil (4 liter) Rp360.000
  • Jasa Rp40.000

Jadi total biaya pengantian oli Rp436.000

#4: Harga Oli Mobil Avanza Yang Direkomendasikan

4 Fakta Oli Mobil Avanza Yang Harus Diketahui

Berikut rekomendasi oli mobil Avanza dalam kemasan 4 liter:

  • TMO SAE 10W-40: Rp260.000-Rp270.000
  • TMO 0W-20: Rp366.000
  • Castrol Magnatec 10W-40: Rp420.000
  • TOP 1 HP 1 Zenzation 10W-40: Rp411.000
  • TOP 1 HP Sport 10W-40: Rp376.000
  • Fastron Techno 10W-40: Rp332.000
  • Fastron Gold 0W-20: Rp370.000
  • Shell Helix HX7: Rp305.000
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 5 Problem Mobil Avanza Bekas Yang Jarang Diungkap

Dengan beragam penawaran harga mobil Avanza di pasaran, bagaimana cara mendapatkan unit yang terbaik?

Dengan populasi yang sangat banyak, tentu tidak sulit mendapatkan Toyota Avanza di pasaran mobil bekas. Tapi masalahnya, tidak semua unit Avanza bekas yang ditawarkan ada dalam kondisi seperti yang diharapkan. Apalagi mobil ini dikenal juga sebagai mobil “operasional” sehari-hari yang punya angka odometer tinggi.

Untuk memastikan kondisi Toyota Avanza yang hendak dipinang, Otofriends jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan proses inspeksi yang detail dan tenaga inspektor berpengalaman, Otofriends akan mendapat gambaran yang utuh tentang kondisi sebuah mobil bekas. Mobil yang sudah lulus inspeksi juga akan memperoleh garansi.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cari Tahu Yuk, Harga Mini Cooper Terbaru 2024

April 12, 2024
Informasi tentang harga Mini Cooper terbaru banyak dicari oleh para penggemar mobil asal Inggris ini. Soal harga memang selalu menarik untuk disimak, karena meski mobil ini terkesan compact alias mungil, tetapi di Indonesia harganya sudah masuk dalam kategori mobil mewah. Wajar jika harga penawaran Mini berkisar di angka kurang lebih Rp1 miliar. Sebab memang ada
Baca Lebih Lanjut

Apa Bedanya Busi Panjang dan Pendek Mobil

April 09, 2024
Antara busi panjang dan pendek mobil tentu saja tidak bisa disamakan begitu. Karena keduanya memang punya spesifikasi yang berbeda, bukan cuma sekadar pilihan mana yang lebih baik atau lebih ekonomis. Fungsi utama busi pada mobil adalah memicu pembakaran di dalam mesin. Dengan pembakaran maka busi memastikan mobil dapat menyala dan bekerja dengan baik. Cara kerja
Baca Lebih Lanjut

Tips Agar Interior Mobil Tidak Berjamur

April 08, 2024
Agar interior mobil tidak berjamur memang perlu dilakukan dalam perawatan kendaraan. Alasannya, karena jamur bukan cuma merusak keindahan, tapi juga merugikan kesehatan. Interior juga lama kelamaan akan rusak. Bagi pengemudi dan penumpang, ada lagi alasan lain yakni munculnya aroma tidak sedap alias kabin jadi berbau. Tentu saja kondisi ini akan mengganggu perjalanan. Suasana kabin jadi
Baca Lebih Lanjut