;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Mau Kredit Mobil Bekas? Ini Dia Hal yang Perlu Diketahui Terlebih Dulu!

September 12, 2018
By jandika
Mau Kredit Mobil Bekas? Ini Dia Hal yang Perlu Diketahui Terlebih Dulu!-otospector

Fasilitas kredit bukan hanya dapat digunakan untuk membeli mobil baru saja loh OtoFriends. Mobil bekas yang harganya jauh lebih murah pun bisa Anda beli dengan pilihan pembayaran tersebut. Kini, banyak orang yang melirik opsi kredit mobil bekas agar bisa punya kendaraan lebih cepat dan juga terjangkau.

Sistem kredit mobil bekas tak berbeda dengan fasilitas cicilan lainnya. Simpelnya, Anda dapat memilih mobil bekas idaman, mencari lembaga keuangan pemberi kredit, membayar uang muka, lalu melakukan cicilan hingga lunas. Hmmh.. terdengar rumit mungkin. Kalau begitu, mari bahas lebih dalam yuk!

Keuntungan Kredit Mobil Bekas

Kredit Mobil Bekas

Di samping rumah, mobil adalah kebutuhan yang tak bisa ditunda lagi bagi sebagian orang. Mereka yang telah berkeluarga apalagi, pasti sangat membutuhkan kendaraan roda empat pribadi. Supaya bisa berhemat, banyak orang yang memilih untuk membeli mobil bekas.

Supaya biaya yang dikeluarkan tidak begitu memberatkan, kredit mobil bekas pun dijadikan pilihan. Hal inilah yang menjadi nilai plus dari mencicil mobil bekas. Anda yang berniat untuk mencicil mobil bekas pun semakin dimudahkan karena kini banyak sekali lembaga kredit yang dapat dijadikan pilihan.

Baca Juga: Beli Mobil Bekas Tunai atau Kredit. Lebih Untung Mana?

Lembaga Pemberi Kredit Mobil Bekas

Beli Mobil Bekas

OtoFriends, nama-nama seperti Adira Finance dan Astra Auto Finance mungkin sudah tak asing lagi di telingan Anda. Ya, keduanya merupakan segelintir dari lembaga penyedia kredit kendaraan bermotor. Di sisi lain, ternyata banyak juga bank yang memberikan fasilitas serupa.

Sebelum melabuhkan pilihan pada lembaga pemberi kredit, pilihlah lembaga non bank maupun bank yang benar-benar sesuai dengan kondisi Anda. Beberapa hal yang dapat Anda jadikan pertimbangan sebelum memilih antara lain:

  • Jumlah DP yang yang dibebankan;
  • Cicilan per bulan plus bunga;
  • Tenor atau lama cicilan berlangsung (umumnya 3 hingga 5 tahun);
  • Ketersediaan asuransi untuk mobil bekas yang dikreditkan.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk melakukan simulasi kredit untuk mendapatkan gambaran mengenai lembaga pilihan. Biasanya lembaga kredit non bank maupun bank punya fitur ini di situs atau aplikasi smartphone mereka.

Syarat dan Kelengkapan Dokumen untuk Mengajukan Pinjaman

Dilansir OtoSpector dari situs cermati.com, secara umum ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi agar bisa mengajukan pinjaman kredit mobil bekas. Syarat tersebut antara lain ialah:

  • Berstatus sebagai warga negara Indonesia (WNI) dan berdomisili di daerah Indonesia;
  • Sudah bekerja serta memiliki penghasilan tetap per bulan;
  • Telah berusia 21 tahun saat mengajukan pinjaman; dan
  • Berusia maksimal 55 tahun ketika tenor cicilan berakhir.

Bila Anda telah memenuhui seluruh syarat di atas, maka persiapkanlah beberapa dokumen yang dibutuhkan untuk mengajukan kredit mobil bekas. Seperti ini detailnya:

  • Fotokopi KTP;
  • NPWP;
  • Slip gaji/SPT;
  • Fotokoi surat izin profesi bagi pekerja profesional;
  • Fotokopi SIUP/akta pendirian bagi wirasusahawan; dan
  • Fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir.

Baca Juga: Biaya Tambahan yang Harus Dipersiapkan Saat Membeli Mobil Bekas

Setelah memilih mobil bekas di showroom maupun perorangan, memilih lembaga pemberi kredit, mengajukan permohonan, dan disetujui untuk menerima kredit, mobil pun bisa Anda gunakan. Jangan lupa, sebelum transaksi jual beli, lakukan pengecekan kondisi mobil bekas dulu ya OtoFriends, agar tidak salah pilih mobil yang nantinya malah bikin pusing.

Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan OtoFriends mengenai kredit mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Beli Mobil Bekas Tangan Pertama, Inilah 5 Keuntungannya

Agustus 22, 2019
Dalam iklan penjualan mobil, sering kita baca kata-kata “mobil tangan pertama”, sebagai salah satu daya tarik bagi para pembeli. Seolah kata-kata itu jadi sebuah jaminan bahwa mobil yang ditawarkan kondisinya lebih baik.  Lucu memang. Dengan logika seperti itu, artinya berapapun usia mobil, asalkan baru saja dilepas dari pemilik pertamanya, tetap jadi nilai plus tersendiri. Padahal,
Baca Lebih Lanjut

5 Langkah Yang Harus Dilalui Jika Memilih Mobil Bekas Perorangan

Agustus 19, 2019
Ada sebagian orang yang ragu membeli mobil bekas di showroom atau melalui perantara pihak ketiga. Beraneka persepsi negatif membayangi benak mereka tentang membeli mobil bekas lewat perantara, yang sayangnya belum tentu benar. Akhirnya para pembeli semacam ini sengaja memburu mobil bekas dari perorangan. Bahkan akan lebih afdal lagi kalau ada embel-embel “tangan pertama”. Seakan status
Baca Lebih Lanjut

5 Perilaku Pemilik Ini Berdampak Pada Kondisi Mobil Bekas

Agustus 15, 2019
Ada “kata-kata bijak” dunia otomotif yang menyatakan: kondisi sebuah mobil adalah cerminan dari pribadi pemiliknya. Kalau mobilnya rapi bersih, besar kemungkinan pemiliknya sangat apik dan rapi. Begitu juga sebaliknya. Jejak peninggalan pemilik terdahulu ini juga tertinggal di mobil bekas yang ditawarkan oleh showroom maupun perorangan. Jadi bisa dibayangkan jika mobil sudah pernah berpindah ke beberapa
Baca Lebih Lanjut

Beli Mobil Bekas Bertransmisi Automatic? Simak Dulu 5 Fakta Ini

Agustus 10, 2019
Kian hari, mobil bertransmisi automatic kian dilirik oleh para pembeli mobil bekas. Terutama para pembeli di perkotaan. Fenomena ini terlihat dari banyaknya permintaan mobil dua pedal ini di showroom-showroom mobil bekas.  Banyaknya peminat matic sepertinya banyak dipengaruhi faktor kondisi lalu-lintas perkotaan yang padat. Sebab, mobil matic terbukti relatif lebih nyaman dan praktis saat dioperasikan dalam
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya