Klik disini untukJual Mobil Anda

6 Tips Memastikan Mobil Anda Siap Untuk Mudik

Juli 01, 2016
By jandika
6 Tips Memastikan Mobil Anda Siap Untuk Mudik-otospector

Lebaran sebentar lagi, liburan panjang telah tiba. Hampir semua orang ingin bersilaturahmi dengan orang tua dan sanak saudara yang berada di kampung halaman. Banyak orang memilih mudik dengan transportasi umum, tapi tidak sedikit juga yang menggunakan mobil pribadi karena lebih nyaman dan juga bisa digunakan untuk berkunjung ke tempat wisata di sekitar kampung halaman.

Bagi anda yang memutuskan untuk menggunakan mobil pribadi, ikuti langkah-langkah berikut untuk memastikan mobil anda siap untuk perjalanan mudik anda.

#1: Cek Catatan Servis Terakhir

Kapan terakhir mobil anda diservis? Apakah kilometer mobil anda sudah mendekati jadwal servis berikutnya? Jika ya, ada baiknya anda membawa mobil anda untuk servis sebelum dipakai untuk mudik, agar kondisi mobil prima sebelum menempuh perjalanan jauh.

#2: Cek Oli dan Cairan

Periksa kondisi dan volume oli mesin, transmisi, power steering dan coolant mesin dalam keadaan baik dan cukup untuk mencegah kerusakan dalam perjalanan. Pastikan juga anda mengisi air wiper, karena kaca depan sering menjadi kotor ketika berpergian jauh. Baca buku manual mobil dan pastikan tidak ada komponen yang terlewatkan.

Baca juga: Pas untuk Mudik, 5 Mobil Ini Layak Anda Jadikan Pilihan

#3: Cek Kondisi Ban

Pastikan tekanan angin semua ban mobil optimal sesuai dengan yang tertera pada buku manual. Cek kedalaman alur ban, jangan sampai anda berangkat dengan kondi ban “botak” yang beresiko tinggi menyebabkan kecelakaan. Periksa juga ban serep dalam keadaan prima dan siap digunakan.

#4: Cek Kondisi Rem

Hal terakhir yang anda inginkan adalah rem yang bermasalah pada saat berpergian jauh. Pastikan rem berfungsi normal dan tidak ada bunyi tidak wajar saat mengerem mobil anda. Cek juga oli rem apakah masih dalam kondisi baik dan cukup.

#5: Cek Lampu-lampu

Pastikan semua lampu mobil berfungsi normal, seperti lampu depan, lampu rem, hazard dan lampu sen. Jika ada yang tidak berfungsi, segera ganti bohlam yang sudah rusak. Cara mengganti bohlam pada umumnya cukup mudah dan dapat ditemukan di dalam buku manual mobil.

Baca juga: Cek dan Periksa 4 Komponen Mobil Ini Setelah Perjalanan Jauh

#6: Kelengkapan Alat Darurat

Periksa kelengkapan alat-alat yang akan diperlukan saat keadaan darurat seperti: jumper cable, alat ganti ban, dan ban serep. Pastikan juga segitiga pengaman tersedia untuk keamanan anda saat mengganti ban darurat di pinggir jalan.

Demikian tips dari kami untuk memastikan mobil anda siap untuk dipakai mudik. Selain mobil, anda pun harus dalam kondisi prima agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi fisik selama mengemudi dan jangan memaksakan diri jika kurang fit atau mengantuk.

Segenap direksi dan staff OtoSpector mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

4 Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas Yang Sering Ditemui

Juli 07, 2022
Sebagian pemilik mobil sering kali bingung saat mencari tahu penyebab mesin mobil cepat panas. Maklum, selama ini pemilik merasa sudah merawat mesin secara benar dan rutin. Namun tiba-tiba indikator suhu mesin menunjukkan gejala mesin sedang bermasalah. Sejauh ini kondisi lingkungan dan kondisi lingkungan bisa menjadi penyebab mesin mobil cepat panas. Namun ada juga kondisi-kondisi teknis
Baca lebih lanjut

5 Kebiasaan Jelek Yang Menyebabkan Mobil Rusak

Juli 06, 2022
Kejadian mobil rusak, tentunya tidak ada pemilik yang menginginkannya. Kalau perlu, mereka akan merawat dan menjaga agar mobil tahan lama. Namun masalahnya, ada kebiasaan-kebiasaan pemilik yang membuat mobil rusak. Bahkan kebiasaan itu tidak disadari dapat membuat masalah pada beberapa komponen. Mau tahu apa saja? Yuk kita lihat 7 kebiasaan yang bisa membuat mobil rusak: #1:
Baca lebih lanjut

5 Cara Menghemat Bahan Bakar Secara Praktis

Juni 29, 2022
Tingginya harga minyak bumi seperti pada hari-hari ini membuat para pemilik kendaraan harus paham cara menghemat bahan bakar. Maklum saja, harga bahan bakar cenderung naik sementara kebutuhannya justru meningkat seiring meredanya pandemi Covid-19. Sebagai pemilik kendaraan, Otofriends harus menyadari, borosnya konsumsi bahan bakar lebih disebabkan karena perilaku saat mengemudikan kendaraan. Karena itu cara menghemat bahan
Baca lebih lanjut