6 Tips Memastikan Mobil Anda Siap Untuk Mudik

Juli 01, 2016
By jandika
6 Tips Memastikan Mobil Anda Siap Untuk Mudik-otospector

Lebaran sebentar lagi, liburan panjang telah tiba. Hampir semua orang ingin bersilaturahmi dengan orang tua dan sanak saudara yang berada di kampung halaman. Banyak orang memilih mudik dengan transportasi umum, tapi tidak sedikit juga yang menggunakan mobil pribadi karena lebih nyaman dan juga bisa digunakan untuk berkunjung ke tempat wisata di sekitar kampung halaman.

Bagi anda yang memutuskan untuk menggunakan mobil pribadi, ikuti langkah-langkah berikut untuk memastikan mobil anda siap untuk perjalanan mudik anda.

#1: Cek Catatan Servis Terakhir

Kapan terakhir mobil anda diservis? Apakah kilometer mobil anda sudah mendekati jadwal servis berikutnya? Jika ya, ada baiknya anda membawa mobil anda untuk servis sebelum dipakai untuk mudik, agar kondisi mobil prima sebelum menempuh perjalanan jauh.

#2: Cek Oli dan Cairan

Periksa kondisi dan volume oli mesin, transmisi, power steering dan coolant mesin dalam keadaan baik dan cukup untuk mencegah kerusakan dalam perjalanan. Pastikan juga anda mengisi air wiper, karena kaca depan sering menjadi kotor ketika berpergian jauh. Baca buku manual mobil dan pastikan tidak ada komponen yang terlewatkan.

Baca juga: Pas untuk Mudik, 5 Mobil Ini Layak Anda Jadikan Pilihan

#3: Cek Kondisi Ban

Pastikan tekanan angin semua ban mobil optimal sesuai dengan yang tertera pada buku manual. Cek kedalaman alur ban, jangan sampai anda berangkat dengan kondi ban “botak” yang beresiko tinggi menyebabkan kecelakaan. Periksa juga ban serep dalam keadaan prima dan siap digunakan.

#4: Cek Kondisi Rem

Hal terakhir yang anda inginkan adalah rem yang bermasalah pada saat berpergian jauh. Pastikan rem berfungsi normal dan tidak ada bunyi tidak wajar saat mengerem mobil anda. Cek juga oli rem apakah masih dalam kondisi baik dan cukup.

#5: Cek Lampu-lampu

Pastikan semua lampu mobil berfungsi normal, seperti lampu depan, lampu rem, hazard dan lampu sen. Jika ada yang tidak berfungsi, segera ganti bohlam yang sudah rusak. Cara mengganti bohlam pada umumnya cukup mudah dan dapat ditemukan di dalam buku manual mobil.

Baca juga: Cek dan Periksa 4 Komponen Mobil Ini Setelah Perjalanan Jauh

#6: Kelengkapan Alat Darurat

Periksa kelengkapan alat-alat yang akan diperlukan saat keadaan darurat seperti: jumper cable, alat ganti ban, dan ban serep. Pastikan juga segitiga pengaman tersedia untuk keamanan anda saat mengganti ban darurat di pinggir jalan.

Demikian tips dari kami untuk memastikan mobil anda siap untuk dipakai mudik. Selain mobil, anda pun harus dalam kondisi prima agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Istirahat yang cukup untuk menjaga kondisi fisik selama mengemudi dan jangan memaksakan diri jika kurang fit atau mengantuk.

Segenap direksi dan staff OtoSpector mengucapkan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri 1437 H. Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Penyebab Kondensor AC Mobil Kotor

Februari 11, 2024
Penyebab kondensor kotor memang sederhana saja, yaitu adanya kotoran. Masalahnya, dari mana kotoran ini datang dan bagaimana bisa merusak kondensor? Inilah yang perlu dipahami oleh Otofriends. Sebaiknya jangan anggap enteng kondensor yang kotor, karena kotoran bisa bikin komponen ini rusak. Akibatnya AC bisa kurang dingin. Meski ada pula penyebab-penyebab lain yang bisa menimbulkan kerusakan kondensor.
Baca Lebih Lanjut

Fortuner Vs Pajero, Siapa Jawara Sebenarnya di 2024?

Februari 11, 2024
Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner adalah dua mobil sport utility vehicle (SUV) ladder frame yang populer di Indonesia. Menariknya, keduanya ternyata memiliki penggemarnya masing-masing yang boleh dibilang cukup fanatik. Kalau kita melihat dari sisi teknis, kedua mobil ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, baik dari segi desain, performa, fitur, maupun harga. Namun tentunya ada yang
Baca Lebih Lanjut

Catet Nih Update Toyota Veloz Bekas di Tahun 2024

Februari 11, 2024
Berbicara Toyota Veloz, mimin jadi ingat di awal kemunculannya yang masih menjadi bagian dari tipe Avanza, tipe ini langsung banyak diburu. Mimin salah satunya kok, karna merasa Veloz yang dulunya masih Avanza Veloz ini adalah model mobil MPV yang sangat keren dan kekinian banget. Bahkan sampai sekarang nih mobil Veloz bekas harganya masih cenderung stabil
Baca Lebih Lanjut