Setelah Perjalanan Jauh, Segera Cek 4 Komponen Mobil Ini

Juli 07, 2017
By jandika
Setelah Perjalanan Jauh, Segera Cek 4 Komponen Mobil Ini-otospector

Libur lebaran telah usai, orang-orang pun telah kembali ke kota setelah menikmati waktu di kampung halaman. Bagi Anda yang mudik menggunakan mobil pribadi, rasanya mungkin melelahkan sekali. Akan tetapi, bukan diri Anda saja yang butuh penyegaran, kendaran yang dibawa mudik pun sama.

Jarak ratusan kilometer yang ditempuh selama pergi dan pulang bisa membuat kondisi mobil jadi menurun. Supaya kendaraan Anda kembali prima, ada baiknya untuk melakukan pengecekan serta perawatan pada beberapa bagian. Mari simak ulasan lengkap OtoSpector berikut ini.

#1: Aki

Cek Aki Setelah Mudik

Aki alias accu memiliki peranan penting dalam menjaga performa kendaraan Anda, khususnya bagian yang memerlukan aliran listrik seperti starter mobil. Jika aki tak berdaya, mobil Anda tidak dapat menyala dan dikendarai. Anda pun akan kerepotan jika hal ini terjadi sebab harus menggantinya dengan yang baru.

Bagi Anda yang memiliki mobil yang menggunakan aki basah, sebaiknya lakukan pemeriksaan volume cairan yang ada di dalamnya. Setelah mudik, mobil Anda akan mengalami kenaikan suhu sehingga air aki akan ikut menguap. Jika ketinggian air berada di bawah indikator, segera isi kembali.

Sementara itu, Anda dengan kendaraan ber-aki kering tidak perlu terlalu khawatir dan repot, penguapan pada aki ini lebih minim sehingga kuantitas cairan elektrolit di dalamnya tidak mudah berkurang. Mobil pun jadi lebih aman walau sudah digunakan untuk mudik.

Baca juga: 6 Tips Memastikan Mobil Anda Siap Untuk Mudik

#2: Rem

Cek Rem Setelah Mudik

Selama melakukan perjalanan ke kampung dan kembali ke rumah, mobil mengalami pemakaian yang lebih sering dari biasanya. Itu sebabnya, potensi berkurangnya performa bagian mobil hingga kerusakan pun lebih besar terjadi. Periksalah rem tersebut melalui bagian luar serta dalam mobil.

Hal yang pertama ialah bagian luar. Anda dapat melakukan pengecekan dengan cara membuka lapisan ban dan memeriksa ketebalan kanvasnya. Jika tebal lapisan tersebut berkurang hingga menyisakan 1 milimeter, itu artinya Anda harus segera menggantinya.

Selain itu, ketika jarak tempuh mobil sudah mencapai 20 ribu kilometer saat kembali pulang ke rumah, gantilah minyak rem agar pengereman tetap terjaga. Bukan hanya itu, jika Anda merasakan kondisi rem yang sedikit tidak normal saat mudik, lakukan penanganan lebih lanjut ke bengkel terdekat.

#3: Oli

Cek Oli Setelah Mudik

Hal lain yang perlu Anda perhatikan setelah melakukan perjalanan yang cukup jauh ialah oli atau pelumas mobil. Pastikan bahwa oli mobil Anda tidak kurang dari batas yang tertera di dipstick oil. Jika jumlahnya kurang, maka segera tambah volume oli mobil Anda.

Anda juga harus mengecek kualitas oli setelah pulang dari mudik. Teteskan oli di tangan dan coba gosok. Jika cairan tersebut terasa pekat lalu kasar seperti terdapat butiran pasir, segera lakukan penggantian oli mobil.

#4: Ban

Cek Ban Setelah Mudik

Pasca mudik lebaran, salah satu hal yang kerap terjadi pada ban mobil Anda ialah permukaannya yang semakin menipis serta kurangnya angin. Setelah sampai ke rumah, bila Anda menemukan permukaannya sudah tipis atau nyaris sobek, segera lakukan pergantian.

Selanjutnya, lakukan juga pengecakan pada tekanan angin agar mobil tetap bisa berjalan dengan nyaman. Sementara itu untuk ban mobil tubeless, ada hal lain yang perlu Anda lakukan. Ban jenis ini rentan rusak jika digunakan di atas jalan yang tidak rata. Jadi, lakukan pengecekan apabilla terdapat benjolan atau bocor pada permukaannya.

Nah, apabila kondisi ban mobil Anda masih baik-baik saja, mungkin hal yang perlu Anda lakukan ialah spooring dan balancing. Hal ini dapat membantu roda mobil tetap stabil dan tidak bergoyang saat dikendarai.

Baca juga: Pas untuk Mudik, 5 Mobil Ini Layak Anda Jadikan Pilihan

Segera Lakukan Pengecekan

Agar Anda segera mengetahui kerusakan yang terjadi pada komponen mobil, segera  lakukan pengecekan secara menyeluruh. Jika Anda ingin tenaga profesional untuk membantu Anda, 150+ Poin Pengecekan OtoSpector juga bisa digunakan untuk mengecek kondisi mobil Anda setelah perjalanan jauh.

Mengetahui kondisi mobil dengan lebih dini tentunya akan membuat Anda bisa memperbaikinya lebih cepat kembali ke kondisi prima.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Review Honda Civic Terbaru 2024

Januari 09, 2024
Honda Civic adalah salah satu mobil sedan yang paling populer di Indonesia. Mobil ini memiliki desain yang elegan, fitur yang lengkap, dan performa yang tangguh. Honda Civic sedan yang sekarang beredar merupakan generasi kesebelas. Diperkenalkan di Amerika Serikat pada April 2021 dan mulai dipasarkan pada 16 Juni 2021 untuk model tahun 2022. Sementara versi hatchback
Baca lebih lanjut

Begini Cara Top Up E-Money Di HP

Januari 08, 2024
Cara top up e-money di HP sangat penting dipahami oleh para pengguna jalan tol. Alasan pertama, tentu karena saat ini semua pembayaran tol di Indonesia saat ini memang hanya bisa dengan uang elektronik yaitu kartu emoney. Mau tidak mau, Otofriends harus menyediakan kartu e-money dengan saldo yang cukup. Namun suatu saat bukan tidak mungkin saldo
Baca lebih lanjut

Cek Poin-Poin Ini Ketika Mau Beli Mobil Bekas

Januari 08, 2024
Hai otofriends! Kalau lagi mikirin beli mobil bekas, ini nih tips seru buat kalian! Pertama, tindakan kamu membeli mobil bekas yang akan dijadikan mobil pertama adalah salah satu tindakan yang sangat tepat. Karena membeli mobil bekas bisa menjaga keuangan kamu, tidak terlalu terbeban akan DP sampai cicilan per bulan yang begitu besar. Tapi sebelum memutuskan
Baca lebih lanjut