Pas untuk Mudik, 5 Mobil Ini Layak Anda Jadikan Pilihan

Juni 20, 2017
By jandika
Pas untuk Mudik, 5 Mobil Ini Layak Anda Jadikan Pilihan-otospector

Setiap tahunnya, orang yang mudik dengan mobil pribadi kian bertambah. Alasannya, mungkin karena kehabisan tiket pesawat atau kereta, bisa juga karena ingin lebih hemat. Memang, opsi mudik dengan mobil bisa membuat kantong lebih aman dan nyaman, apalagi jika memboyong banyak sanak saudara.

Agar tetap nyaman sepanjang jalan, Anda sebaiknya memilih mobil dengan kabin besar. Selain itu, agar tetap irit, pastikan bahwa kendaraan tersebut tidak boros bahan bakar. Beberapa jenis mobil di bawah ini cocok dijadikan untuk pulang kampung nanti. Simak ulasan OtoSpector di bawah ini.

#1: Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga merupakan low multi purpose vehicle (LMPV) yang cocok untuk Anda bawa mudik ke kampung halaman dengan nyaman. Lebar dari mobil ini cukup besar yaitu 1,69 meter sehingga penumpang di baris belakang tidak akan merasa sempit.

Setidaknya Ertiga dapat menampung enam hingga tujuh orang penumpang. Kelebihan Ertiga dan mobil jenis MPV lainnya, bagian belakang mobil yang ditujukan untuk penumpang dapat diubah sebagai bagasi. Selain itu, penampakan Suzuki Ertiga kelihatannya memang manis, namun performanya cukup garang karena memiliki kapasitas mesin 1400 cc.

Membawa banyak orang pun jadi tidak masalah. Sementara itu, mobil ini dapat memuat 45 liter bahan bakar. Anda pun tidak perlu sering mampir pom bensin saat mudik nanti. Selain bensin, Ertiga pun memiliki jenis mobil dengan bahan bakar diesel. Bahan bakarnya lebih murah, tenaganya pun lebih besar.

Baca Juga: Lebih Baik Membeli Mobil Manual atau Matic?

#2: Mitsubishi Pajero Sport

Mitsubishi Pajero Sport

Di samping MPV, mobil dengan jenis sport utility vehicle (SUV) pun cocok dijadikan kendaraan menuju kampung halaman. Mobil SUV terkenal tangguh dan gagah, apalagi untuk menyusuri medan jalanan jelek dan berliku. Bagian interiornya pun luas dan nyaman untuk diduduki berlama-lama.

Salah satu SUV yang banyak diincar ialah Mitsubishi Pajero Sport. Seluruh kategori yang telah disebutkan di atas pun dimiliki oleh kendaran ini. Walau dikendarai pada jalanan berlubang, Anda akan tetap nyaman berkat suspensi double independent wishbone dengan coil spring plus stabilizer yang dimilikinya.

Bahan bakar yang digunakan mobil ini umumnya adalah bensin. Memang sedikit boros dibandingkan mobil lainnya namun sepadan dengan kenyamanan yang diberikan. Anda beserta lima kerabat di kursi penumpang bisa mudik dengan tenang menggunakan mobil ini.

#3: Toyota Avanza

Toyota Avanza

Tergolong sebagai mobil berkualitas baik namun harganya murah, popularitas Toyota Avanza pun tak kunjung padam dimakan waktu. Mobil yang dinobatkan sebagai “kendaraan sejuta umat” ini nyaman dikendarai serta memiliki dimensi yang besar. Pas jika Anda memilihnya sebagai mobil untuk mudik nanti.

Selain Toyota Avanza, opsi lain yang hampir mirip namun dengan memiliki kapasitas mesin lebih baik ialah Toyota Avanza Veloz. Jika Avanza memiliki kapasitas mesin 1300 cc, Veloz sedikit lebih besar yaitu sekitar 1330 cc. Lebih bertenaga, namun bahan bakarnya pun tetap hemat.

Keduanya kurang lebih memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi yang sama. Daya tampung sopir dan penumpang pun kurang lebih dapat memuat tujuh hingga delapan orang. Mobil ini pun dilengkapi dengan suspensi baik pada bagian depan dan belakang hingga perjalan lebih terasa nyaman.

Baca Juga: Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

#4: Honda Mobilio

Honda Mobilio

Honda memiliki beberapa jenis mobil LMPV yang berkualitas. Apabila Anda menginginkan sebuah mobil keluaran baru dengan performa yang baik dari merek satu ini, Mobilio adalah salah satu yang pas. Walau kelihatan kecil dari luar, mobil ini dapat mengangkut hingga delapan orang di dalamnya.

Bagian interior yang modern dan futuristik serta nyaman jadi andalan mobil yang satu ini. Setir mobil ini dapat disesuaikan karena dirancang dengan konsep tilt steering. Interior kabin Mobilio pun dilengkapi dengan jok empuk serta dapat dilipat pada baris ketiga.

Honda mengklaim, Mobilio yang berbahan bakar bensin ini paling irit di kelasnya. Kira-kira, per liternya dapat menempuh jarak hingga 27 kilometer. Jadi, Anda tidak perlu khawatir harus mengeluarkan banyak untuk mengisi bahan bakar mobil ini.

#5: Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina

Nissan Grand Livina memiliki bodi yang hampir mirip dengan Suzuki Ertiga. Jenis mobil keluarga LMVP ini pun sama-sama nyaman apabila digunakan sebagai kendaraan pulang kampung. Kabinnya dapat memuat hingga tujuh orang, bagian belakangnya pun masih sedikit bersisa sebagai tempat barang.

Di pasaran, mobil dengan panjang sekitar 4,5 meter dan lebar mencapai 1,69 meter ini harganya berkisar pada Rp200 juta-an. Harga yang sepadan untuk mobil bermesin mutakhir serta eksterior menawan bukan. Kapasitas mesin Grand Livina sendiri ialah 1.5 L dengan silinder 16 valve lengkap dengan teknologi DOHC.

Jangan khawatir akan guncangan, sebab Grand Livina dilengkapi dengan suspense depn double pivot poros yang mampu menyuguhkan kenyamanan orang di dalamnya. Transmisi mobil ini pun semakin mutakhir karena dilengkapi teknolog terbaru yaitu Xtronic CVT.

Cukup banyak bukan mobil-mobil yang bisa Anda pilih untuk mudik nanti? Apabila Anda berniat untuk membeli salah satu mobil di atas untuk pulang kampung, pastikan untuk mengecek kelayakan kondisi serta surat-suratnya sebelum Anda beli. OtoSpector dapat membantu Anda dengan proses pelayanan yang cepat dan simpel, agar Anda bisa kembali ke kampung halaman dengan nyaman.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tips Biar Nggak Stres Saat Macet di Momen Liburan Nataru

Desember 28, 2023
Tahun 2023 ini memang banyak sekali yang ambil cuti di momen akhir tahun, antara saat libur Natal menuju tahun baru 2024. Karena adanya tanggal kejepit itulah buanyak sekali otofriends yang bepergian bersama keluarga ke luar kota, atau ke wilayah Bogor, dan juga Bandung. Ini yang bikin banyak dari ruas jalan utama dan jalan alternatif kena
Baca lebih lanjut

Tarikan Mobil Berat? Coba Cek 5 Penyebabnya

Desember 25, 2023
Rasanya sangat tidak enak mengemudi di saat tarikan mobil berat. Bukan hanya muncul rasa kasihan kepada mesin karena sepertinya bekerja ekstra keras, tapi pengemudi juga jadi capek karena ikut merasa kelelahan. Ada berbagai penyebab tarikan mobil berat. Bisa karena masalah di mesin, maupun pada komponen lain yang sifatnya mekanis. Sebagai pengemudi, tentu Otofriends harus menyadarinya
Baca lebih lanjut

Perlukah Mobil Dipasangi Anti Karat?

Desember 19, 2023
Si karat ini emang bikin keki ya otofriends, nggak di barang-barang rumah, di mobil apalagi. Mobil bisa jadi lebih buruk penampilannya, serta karat bisa membuat komponen tersebut jadi rusak lebih cepat. Kalau hal ini dibiarin, bisa membuat mobil lebih cepat rusak dan juga keropos otofriends. Untuk itu, menggunakan pelapis anti karat bisa jadi jalan keluar
Baca lebih lanjut