Freon AC Mobil Juga Bisa Habis. Kenali Tanda-Tandanya!

Oktober 21, 2017
By jandika
Freon AC Mobil Juga Bisa Habis. Kenali Tanda-Tandanya!-otospector

Air conditioner (AC) yang terpasang di mobil mampu mengeluarkan hawa dingin berkat kehadiran freon. Seiring berjalannya waktu, seringkali freon AC mobil habis dikarenakan kerusakan pada sistem AC mobil. Akibatnya, angin yang dikeluarkan dari AC pun tak lagi dingin, malah bisa saja membuat mobil terasa panas.

Berkendara di tengah hawa panas tanpa AC dengan hembusan dingin? Mana tahan! Itu mengapa, ketika Anda menemukan serta mengalami tanda-tanda di bawah ini, segara lakukan penggantian freon. Apa saja tandanya? Ayo, ketahui dengan lengkap pada ulasan di bawah ini.

#1: Udara Terasa Seperti Hembusan Kipas Angin

Kisi AC Mobil

Fungsi kipas angin dan juga AC adalah sama-sama untuk menyejukkan udara. Perbedaannya, hembusan udara yang dihasilkan memiliki tingkat kedinginan yang berbeda. Tentu, udara yang dikeluarkan oleh AC lebih dingin dan juga menyejukkan.

Saat Anda mulai merasakan angin yang dikeluarkan AC tak lagi seperti biasanya, ini menandakan freon mobil yang semakin menipis. Bila Anda membiarkan freon habis, hembusan angin pun lama-kelamaan akan terasa seperti kipas angin, dingin namun tidak mampu menyejukkan bagian dalam mobil.

#2: Kompresor AC Tak Berputar

Kompresor AC Mobil

Saat udara yang berhembus di dalam kabin mobil tak lagi sejuk, segera lakukan pengecekan kompresor AC. Apabila bagian ini tak berputar alias mati, sudah pasti isi dari freon habis. Segera lakukan penggantian freon dengan yang baru!

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil

#3: Kipas AC Tak Bergerak

Sistem AC Mobil

Selain memeriksa bagian kompresor, indikator lain yang menunjukkan freon mobil habis adalah tidak bergeraknya kipas AC. Saat Anda menyalakan tombol AC mobil, amatilah apakah kipas di bagian dalamnya mengalami perputaran atau tidak. Bila kipasnya diam, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Pemeriksaan ini bisa membuat Anda lebih yakin, apakah kipas tak berputar karena freon habis atau terjadi kerusakan. Nah, apabila hanya karena habisnya freon, Anda cukup melakukan penggantian saja. Apabila terjadi kerusakan, ini yang gawat! Anda harus langsung melakukan perbaikan ke bengkel terdekat.

#4: Ada Gelembung Udara pada Sight Glass AC

AC Mobil

Saat akan memeriksa freon mobil, nyalakan mesin. Bila Anda menemukan gelembung udara berwarna merah muda pada sight glass, itu berarti freon telah habis. Lakukan pengisian freon AC mobil Anda dengan yang baru sesegera mungkin.

Fungsi Freon pada Sistem AC Mobil

Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, apakah hubungan freon dengan suhu dingin yang dikeluarkan AC mobil. Sebenarnya, AC yang terdapat pada tiap mobil masa kini, dilengkapi dengan pressure switch. Pengaman yang terletak pada pipa high pressure atau di receiver drier ini bekerja berdasarkan tekanan yang diterimanya.

Freon sendiri berfungsi sebagai pemberi tekanan pada sistem pressure switch. Itu mengapa ketika isinya habis, maka tekanan yang diterima menjadi lemah. Fungsi pressure switch pun tidak bekerja maksimal akibat menerima tekanan yang berkurang.

Kurangnya tekanan membuat saklar tidak dapat tersambung sehingga relay magnetic clucth tidak berfungsi. Hal ini kemudian mengakibatkan kompresor AC tidak berputar. Angin yang dihasilkan pun jadi tidak dingin dan menyejukkan.

Mengganti Freon Mobil

Isi Freon AC Mobil

Mengganti freon yang habis bisa Anda lakukan langsung ke bengkel langganan. Namun begitu, bila Anda paham mengenai mekanisme mobil sendiri, tidak ada salahnya melakukan penggantian tersebut sendiri bukan?

Semoga penjelasan yang OtoSpector di atas, dapat membantu Anda lebih mengenali kondisi AC mobil Anda. Nah, saat Anda membeli mobil bekas, mengecek kondisi AC adalah salah satu hal yang perlu dilakukan. Daripada tidak paham cara memeriksanya, serahkan saja pada ahlinya, OtoSpector!

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Daftar Harga Mobil Keluarga Bermesin Diesel 2024 Rp 100 Jutaan

Maret 03, 2024
Sebagian dari peminat mobil bekas, diketahui selalu memantau perkembangan harga mobil keluarga di pasaran. Maklum, sejauh ini mobil keluarga atau mobil berkapasitas 7 penumpang atau lebih, masih dianggap sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Terutama bagi keluarga dengan anggota cukup banyak. Mobil keluarga juga dianggap punya nilai plus, jika nyaman, bermesin tangguh, dan biaya operasionalnya murah.
Baca Lebih Lanjut

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut