5 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil bagi Pemula

Desember 23, 2016
By jandika
5 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil bagi Pemula-otospector

Sebagai pengendara mobil, tentu Anda ingin mobil Anda awet untuk jangka waktu yang lama. Untuk memastikan mobil tetap bernilai tinggi dan nyaman dikendarai, pengguna mobil harus melakukan perawatan secara rutin, baik secara pribadi maupun dengan servis berkala ke bengkel resmi.

Jika Anda kurang memahami seluk beluk mobil dan perawatannya, setidaknya Anda perlu memahami 5 hal ini agar mobil tetap dalam kondisi prima:

#1: Cek Oli

Waktu Ganti Oli - Tutup Oli Mesin

Oli mobil harus diganti setiap 5.000-10.000 km untuk memastikan mesin mobil tetap bekerja dengan optimal. Salah satu cara mengetahui oli mobil sudah harus diganti adalah dengan meneteskan sedikit oli di tangan Anda dan merasakan apakah terdapat serpihan-serpihan halus di dalamnya. Jika Anda dapat merasakan serpihan atau kotoran, maka sudah saatnya Anda mengganti oli mobil.

Baca juga: 5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

#2: Pastikan Kopling Berfungsi Normal

Tips Cara Merawat Kopling

Tips ini berlaku jika mobil Anda bertransmisi manual. Jika kampas kopling Anda sudah mulai aus, maka perpindahan gigi akan semakin berat dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara Anda. Persneling yang sulit dipindah merupakan salah satu indikasi kampas kopling mobil Anda mulai aus.

#3: Isi Air Radiator Secukupnya

Mesin Overheat - Kipas Pendingin

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang bekerja. Pastikan Anda mengisi air di tabung radiator secara berkala agar mesin dapat bekerja dengan baik. Selain itu, jika Anda cukup sering menggunakan air wiper, isi tabung air wiper dengan air bersih jika air sudah mulai habis.

#4: Periksa Kabel dan Lampu

Kebiasaan Buruk Mesin Mobil

Anda perlu memeriksa kondisi kabel dan lampu mobil Anda secara rutin. Sesekali, Anda akan mendapati kabel yang kendur atau bahkan terputus dan lampu mobil yang mulai redup. Agar tidak bermasalah di jalan, pastikan seluruh kabel dan lampu mobil Anda berada dalam kondisi normal.

Baca juga: Begini Langkah-langkah Merawat Kabin Mobil Sendiri

#5: Perawatan Aki Mobil

Perawatan Aki Mobil

Hal paling mudah untuk merawat aki mobil Anda adalah dengan memastikan air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Cara lain untuk mengecek kondisi aki adalah dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Jika Anda tidak yakin mengenai kondisi aki mobil Anda, Anda dapat memeriksakan mobil ke bengkel terdekat.

Selain lima tips merawat mesin tersebut, Anda juga harus memerhatikan faktor lain yang krusial pada mobil Anda, seperti kondisi ban dan karet wiper. Pastikan ban tidak aus dan karet wiper Anda masih elastis agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Bagaimana menurut Anda? Sudahkah Anda melakukan kelima tips perawatan mesin tersebut?

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut

Biaya Perbaikan Pintu Mobil Ini Bisa Buat Catatan Otofriends

Februari 28, 2024
Wajar kalau Otofriends tidak terlalu tahu soal berapa sebenarnya biaya perbaikan pintu mobil. Pintu mobil memang salah satu bagian dari mobil yang jarang rusak. Akan tetapi bukan berarti kita jadi tidak peduli, karena bisa saja informasi semacam ini sewaktu-waktu dibutuhkan. Perbaikan pintu mobil biasanya dilakukan di bengkel-bengkel khusus bodi. Tetapi ada juga bengkel yang khusus
Baca Lebih Lanjut

Mau Beli Mobil Matic? Kenali Dulu Jenis-jenis Transmisinya

Februari 28, 2024
Meski belum mengalahkan mobil bertransmisi manual, penjualan mobil bertransmisi matic (mobil matic) di Indonesia terus meningkat. Data dari PT Toyota Astra Motor di akhir tahun 2019 menyatakan penjualan mobil matic mencapai sekitar 30% dari total penjualan. Ini sekaligus jadi bukti penggunaan mobil bertransmisi otomatis semakin populer di masyakat. Dibanding menggunakan transmisi manual, pengoperasian transmisi matic
Baca Lebih Lanjut