Klik disini untukJual Mobil Anda

5 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil bagi Pemula

Desember 23, 2016
By jandika
5 Tips Sederhana Merawat Mesin Mobil bagi Pemula-otospector

Sebagai pengendara mobil, tentu Anda ingin mobil Anda awet untuk jangka waktu yang lama. Untuk memastikan mobil tetap bernilai tinggi dan nyaman dikendarai, pengguna mobil harus melakukan perawatan secara rutin, baik secara pribadi maupun dengan servis berkala ke bengkel resmi.

Jika Anda kurang memahami seluk beluk mobil dan perawatannya, setidaknya Anda perlu memahami 5 hal ini agar mobil tetap dalam kondisi prima:

#1: Cek Oli

Waktu Ganti Oli - Tutup Oli Mesin

Oli mobil harus diganti setiap 5.000-10.000 km untuk memastikan mesin mobil tetap bekerja dengan optimal. Salah satu cara mengetahui oli mobil sudah harus diganti adalah dengan meneteskan sedikit oli di tangan Anda dan merasakan apakah terdapat serpihan-serpihan halus di dalamnya. Jika Anda dapat merasakan serpihan atau kotoran, maka sudah saatnya Anda mengganti oli mobil.

Baca juga: 5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

#2: Pastikan Kopling Berfungsi Normal

Tips Cara Merawat Kopling

Tips ini berlaku jika mobil Anda bertransmisi manual. Jika kampas kopling Anda sudah mulai aus, maka perpindahan gigi akan semakin berat dan dapat mengganggu kenyamanan berkendara Anda. Persneling yang sulit dipindah merupakan salah satu indikasi kampas kopling mobil Anda mulai aus.

#3: Isi Air Radiator Secukupnya

Mesin Overheat - Kipas Pendingin

Air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin saat sedang bekerja. Pastikan Anda mengisi air di tabung radiator secara berkala agar mesin dapat bekerja dengan baik. Selain itu, jika Anda cukup sering menggunakan air wiper, isi tabung air wiper dengan air bersih jika air sudah mulai habis.

#4: Periksa Kabel dan Lampu

Kebiasaan Buruk Mesin Mobil

Anda perlu memeriksa kondisi kabel dan lampu mobil Anda secara rutin. Sesekali, Anda akan mendapati kabel yang kendur atau bahkan terputus dan lampu mobil yang mulai redup. Agar tidak bermasalah di jalan, pastikan seluruh kabel dan lampu mobil Anda berada dalam kondisi normal.

Baca juga: Begini Langkah-langkah Merawat Kabin Mobil Sendiri

#5: Perawatan Aki Mobil

Perawatan Aki Mobil

Hal paling mudah untuk merawat aki mobil Anda adalah dengan memastikan air aki berada pada level yang seharusnya, yaitu di antara garis batas penanda. Cara lain untuk mengecek kondisi aki adalah dengan mengukur tegangan aki menggunakan voltmeter. Jika Anda tidak yakin mengenai kondisi aki mobil Anda, Anda dapat memeriksakan mobil ke bengkel terdekat.

Selain lima tips merawat mesin tersebut, Anda juga harus memerhatikan faktor lain yang krusial pada mobil Anda, seperti kondisi ban dan karet wiper. Pastikan ban tidak aus dan karet wiper Anda masih elastis agar tidak mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Bagaimana menurut Anda? Sudahkah Anda melakukan kelima tips perawatan mesin tersebut?

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Honda BRV Bekas Makin Layak Dimiliki, Inilah Harganya

Desember 22, 2021
Jika Otofriends sedang berencana membeli sebuah mobil bekas, maka dapat mempertimbangkan keberadaan mobil seperti Honda BRV bekas. Jangan salah! Membeli kendaraan dalam kondisi second ternyata bisa memberikan banyak keuntungan. Terlebih lagi jika keluarannya baru beberapa tahun lalu, maka tidak membutuhkan biaya service cukup besar. Brand Honda asal Jepang ini memang sudah tidak asing di telinga
Baca lebih lanjut

Suzuki Ignis Bekas, Harganya Sudah Semurah Ini

Desember 21, 2021
Ketika Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas, tentu ada banyak hal yang harus diperhatikan, tak terkecuali saat jika berencana memutuskan membeli Suzuki Ignis bekas. Sebab jika konsumen tidak memperhatikan berbagai macam hal secara detail, pasti bisa memperoleh unit rusak atau tak layak pakai lagi. Seperti sudah diketahui, Ignis ini sendiri adalah kendaraan di perkotaan atau
Baca lebih lanjut

Harga Wuling Confero Bekas Makin Terjangkau, Ini Update-nya

Desember 20, 2021
Di pasar otomotif nasional, permintaan terhadap mobil Wuling Confero bekas ataupun baru semakin meningkat. Ini menjadi pertanda bahwa kehadiran brand otomotif asal Tiongkok ini dapat diterima di Indonesia.  Mengusung kendaraan dengan desain elegan, mobil tersebut rupanya banyak menarik minat para konsumen. Hal itu dapat terjadi tentu karena mobil tersebut punya spesifikasi menawan. Lalu, bagaimanakah spesifikasi
Baca lebih lanjut