;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Begini Langkah-langkah Merawat Kabin Mobil Sendiri

Maret 13, 2020
By Thomas W
Begini Langkah-langkah Merawat Kabin Mobil Sendiri-otospector

Sering kali terjadi, pemilik kendaraan begitu apik merawat bodi mobil kesayangannya, namun abai merawat bagian interior. Padahal, kondisi interior yang terawat dan bersih dapat membuat kenyamanan saat mengemudi. Mereka yang ikut di dalam mobil juga menjadi senang dan menghargai upaya pemilik mobil dalam merawat.

Ada sebagian orang yang menganggap, perawatan interior mobil adalah pekerjaan merepotkan. Padahal, semua itu bisa dikerjakan di rumah. Terutama pada perawatan yang sifatnya ringan. Berat-ringannya perawatan ini tergantung dari kedisiplinan kita dalam merawat interior mobil sehari-hari.

#01: Sediakan selalu pengharum mobil

Aroma kabin yang wangi tentu akan menyenangkan semua orang. Karena itu sediakanlah pengharum kabin untuk ditempatkan di berbagai sudut kabin. Aroma ini bahkan konon bisa membuat mood seseorang menjadi baik. Hal ini tentunya baik bagi para pengguna kendaraan di jalan.

Pilih aroma wewangian yang cukup bisa diterima semua orang, agar tidak menimbulkan rasa pusing atau eneg bagi yang tidak cocok. Jika mobil lebih banyak digunakan keluarga, tanyakan kira-kira mana jenis wewangian yang cocok. Sementara kalau ada juga orang lain yang ikut di dalam kendaraan, sebaiknya pilih yang netral dan tidak terlalu mencolok.

Dalam memilih wewangian, kita harus berhati-hati terhadap jenis wewangian yang berbentuk cair. Sebab wewangian jenis ini bisa saja ada kemungkinan tumpah. Padahal jika sudah tumpah, maka bisa saja berbekas di dashboard dan bekasnya akan sangat sulit hilang.

#02: Bersihkan jok

 

Harus diakui, perawatan tempat duduk atau jok memang tidak sederhana. Namun itu bukan berarti kita tidak bisa melakukannya sendiri. Sempatkan waktu untuk selalu memastikan kondisi jok ada dalam keadaan bersih. Karena jok salah satu indikasi perawatan kendaraan.

Paling mudah adalah membersihkan jok dengan lap kering, sikat gigi, penyedot debu khusus serta cairan pembersih jok mobil. Bersihkan jok secara berkala, agar bersih dan terawat selalu. Lebih baik lagi jika tersedia penyedot debu. Terutama untuk jok-jok yang berbahan kain atau mempunyai celah pada permukaannya.

Jok juga menjadi tempat berkumpulnya kuman yang berasal dari para pengguna kendaraan. Bahkan tidak mungkin jok kendaraan menjadi sarang bagi binatang kecil seperti kutu atau tungau.

Baca juga : Sehat Tidaknya Mobil Tercermin Dari Interiornya. Bagian-bagian Ini Harus Dicek

#03: Membersihkan dashboard

Dashboard adalah bagian di dalam kabin mobil yang paling terlihat dari luar. Sangat penting untuk membuatnya tetap bersih dan rapi, karena seakan-akan menjadi cerminan bagi kepribadian pemilik kendaraan.

Ancaman kebersihan yang paling utama adalah debu. Gunakan saja bulu ayam atau kuas untuk membersihkannya. Hanya saja, memang kita harus benar-benar telaten saat melakukannya. Bagian dan lekuk-lekuknya harus dipastikan bersih dan tidak ada debu yang tertinggal. Termasuk lubang tempat saluran keluarnya udara AC.

Setelah selesai dibersihkan, maka kita boleh mengoleskan cairan pembersih yang dibuat khusus untuk dashboard. Tujuan pelapisan ini agar dashboard aman dari terpaan sinar matahari. Materialnya tidak mudah mengering atau mengelupas.

Penting untuk diperhatikan, jagalah dashboard dari benda-benda yang tidak penting. Segala aksesoris maupun benda-benda pajangan dan mainan lainnya, dapat merusak permukaan dashboard.

#04: Bersihkan langit-langit

Mobil Keluarga 1

Bagian langit-langit dari kabin cenderung menyimpan debu. Terutama bila dalam pemakaian sehari-hari, jendela kendaraan sering dibuka. Untuk langit-langit sebaiknya gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air sabun cuci khusus. Tapi ingat, lap jangan terlalu basah, agar langit-langit tidak menjadi lembab dan juga menimbulkan bau tidak sedap. Baru kemudian menyelesaikan pekerjaan dengan lap kering untuk meresap sisa-sisa air dan kotoran.

#05: Gunakan karpet

Sebagai alas dari kabin mobil, gunakan selalu alas berupa karpet. Memang dari pabrik, kita diberi alas berupa bahan kain atau material plastik. Namun jika ingin bersih, maka bisa ditambahkan pembungkus karpet dasar yang tahan air dan mudah dibersihkan.

Sebagai alas kaki, kita bisa gunakan karpet tambahan lagi yang berbahan karet sintetis. Tujuan pemakaiannya agar kotoran-kotoran yangt erbawa masuk ke dalam kabin mobil seperti pasir, tanah, atau noda-noda tertentu, dengan mudah tertangkap dan gampang dibersihkan.

Sebaiknya pilih bahan alas kaki yang kualitasnya cukup baik, karena pemakaiannya harus sesuai dengan kondisi interior di kabin mobil. Selain itu, bahan yang baik akan cenderung awet. Aromanya juga tidak menyengat dan mengganggu.

Karpet alas kaki bisa dibersihkan menggunakan sabun cuci mobil lalu dijemur. Pada saat mencuci mobil di tempat pencucian, biasanya karpet alas kaki ini juga termasuk bagian yang dicuci.

Baca juga: 5 Perawatan Mobil Penting yang Kerap Diabaikan

Mobil yang tampak bersih dan rapih, tentunya membuat pemilik kendaraan merasa bangga. Apalagi jika banyak orang yang memberikan pujian dan kagum pada kondisi tersebut.

Lebih jauh lagi, kondisi mobil yang menyenangkan tentu akan membuat kita semakin merasa perlu untuk semakin sayang dan merawat mobil itu lebih telaten lagi.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia 5 Rekomendasi Mobil Bekas Jenis SUV, Harga Maksimal Rp150 Juta

Oktober 07, 2019
Saat ini,  mobil jenis SUV masih menjadi salah satu segmen di industri otomotif yang terus mendapat respon baik dari masyarakat. Kondisi jalan serta alam Indonesia, rupanya membuat SUV menjadi kebutuhan dari masyarakat. Hanya saja, perlu diingat bahwa mobil bekas SUV biasanya dijadikan kendaraan “operasional” sehari-hari. Dia bekerja keras dan biasanya seluruh kemampuannya benar-benar dimaksimalkan. Karena
Baca Lebih Lanjut

Beli Mobil Bekas Sebaiknya Orisinil? Cek Dulu 5 Faktanya!

Oktober 05, 2019
Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan dalam memilih mobil bekas adalah orisinalitas. Itulah sebabnya, mobil yang masih dalam kondisi orisinil sedari baru, akan bernilai lebih dibanding mobil yang sudah dimodifikasi. Bahkan, jaminan orisinalitas ini kadang ditampilkan dalam iklannya. Biasanya, semakin tua usia mobil, peluang untuk dilakukan modifikasi juga akan semakin besar. Entah, hanya berupa aksesoris,
Baca Lebih Lanjut

Butuh Mobil Hatchback Bekas Di Bawah Rp100 Juta? Berikut Rekomendasinya

September 29, 2019
Mobil hatchback selama ini dikenal sebagai mobil yang kompak, gesit, namun soal gaya dan performa tidak kalah dengan mobil-mobil pada segmen lainnya. Boleh dibilang, inilah mobil yang cocok dipergunakan untuk kawasan perkotaan. Dengan karakteristiknya, hatchback umumnya dipergunakan oleh mereka yang sehari-harinya aktif dan tetap trendy. Contohnya, mahasiswa, eksekutif muda, bahkan ibu-ibu yang sehari-hari sibuk mengurus
Baca Lebih Lanjut

Inilah 5 Rekomendasi Mobil Bekas Untuk Wanita

September 27, 2019
Konon kabarnya, memilih mobil untuk wanita, agak-agak sedikit ribet. Sebab pertimbangan utamanya katanya bukanlah soal teknis belaka. Melainkan juga soal rasa aman, praktis, dan tentu saja modelnya yang harus “cantik”. Menariknya, pengetahuan tentang mobil untuk wanita ini bukan hanya harus diketahui wanita saja. Namun termasuk juga pasangan atau orang tua, yang mungkin akan membelikan mobil
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya