Download Aplikasi OTOS
Install

Wadoh! Insentif Tarif Mobil Listrik Tidak Diperpanjang Guys

September 29, 2025
By Getan Metodius
Wadoh! Insentif Tarif Mobil Listrik Tidak Diperpanjang Guys-otospector

Hi otofriends, sedikit ada kabar yang kurang sedep nih dimana pemerintah Indonesia, lewat Kemenperin negesin buat berhentiin insentif mobil listrik umpor dalam bentuk utuk atau CBU (Completely Built Up) di akhir tahun 2025 ini.

Dari peraturan ini, seperti yang tertuang dalam Peraturan Menteri Investasi Nomor 6 Tahun 2023 jo. Nomor 1 Tahun 2024, dimana insentif ini ngasih diskon yang cukup besar.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Dimana bea masuk sebesar 0 persen loh dari tarif normal 50 persen dan juga pajak penjualan atas barang mewah juga 0 persen dari 15 persen. 

Dengan begitu, total pajak yang dibebanin pada kendaraan impor berbasis baterai ini cuma 12 persen, jauh lebih rendah sih dari yang seharusnya yaitu 77%.

Seperti dikutip dari Carvaganza, Mahardi Tunggul WIcaksono, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, menegaskan bahwa sejauh ini belum ada pembahasan antarkementerian soal perpanjangan insentif.

“Artinya, bisa kita bilang insentif BEV impor akan berakhir pada akhir 2025, sesuai regulasi yang ada” ucap Tunggul dalam diskusi Forum Wartawan Industri 25/8/2025.

Otofriends harus tahu, program ini udah sukses narik minat investor global, Kemenperin mencatat ada 6 perusahaan telah berpartisipasi dengan rencana penambahan investasi sebesar Rp 15 triliun dengan target kapasitas produksi 305.000 unit.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Mulai PT Geely Motor Indonesia dan PT Era Industri Otomotif yang kerjasama dengan perakitan dengan assembler lokal. PT National Assemblers dan PT Inchape Indomobil Energi yang baru melakukan perluasan kapasitas produksi, lalu ada PT BYD Auto Indonesia dan PT Vinfast Automobile Indonesia yang membuat pembangunan pabrik baru.

Industri EV Melemah:

Program ini udah ngasih bukti kok kalau populasi kendaraan listrik di tanah ini meningkat. Di tahun 2024 aja total kendaraan listrik sampe 207.000 unit, naik 78% dari 116.000 unit di tahun sebelumnya otofriends.

Disaat yang bersamaan sisi lain mobil kendaraan biasa dengan bahan bakar konvensional turun menjadi 82,2% dari 99,64%. Waduh ternyata kondisi nyatanya seperti ini ya otofriends, dimana insentif tadi itu dirasa membuat keseimbangan otomotif jadi berkurang, seperti yang dikritik oleh GAIKINDO.

Ini sih memang keliatannya cukup mengganggu keseimbangan, apalagi buat yang udah lama produksi dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang tinggi.

Sekertaris Umum Gaikindo mengungkapkan bahwa penjualan mobil tanah air ini gak lepas dari pemicu-pemicu yang ada ya otofriends, ya bang min juga setuju kok soal ini. Dimana banyak juga terjadi PHK yang tinggi di beberapa perusahaan komponen kendaraan.

Baca juga: Lengkap Lokasi Charging Station Mobil Listrik Jakarta Sampe Makassar

Kebimbangan dan efek negatif dari insentif EV Impor:

Sejalan nih sama GAIKINDO, peneliti LPEM UI Riyanto, seperti dikutip Carvaganza menilai insentif BEV ini cuma nguntungin sektor perdagangan, yang bisa ngasih efek ganda lebih kecil dibanding dengan produksi lokal itu sendiri.

Gini otofriends, jika insentif ini diperpanjang, bakal ada ketidakadilan dan ketidakkonsistenan kebijakan sih. Kredibilitas turun, akan ganggu iklim investasi, dan tidak sesuai sama tujuan awal buat jadiin Indonesia sebagai basis produksi BEV.

Gimana otofriends, kamu bakalan tetep nunggu keputusan baru soal CBU EV ini atau tetep gas ajalah beli dulu?

Baca juga: Mobil Listrik Murah Harga 200 Juta – 500 Juta Jadi Primadona, Ini Dia Pilihannya

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa itu Rack Steer? Ini Penjelasan Cara Kerja dan Perawatannya

Juli 15, 2025
Apa itu rack steer? Sering orang mendengar istilah rack steer tetapi kurang paham, komponen mana yang dimaksud. Begitu juga dengan fungsinya di mobil dan cara kerjanya. Secara sederhananya, rack steer adalah komponen yang menghubungkan roda kemudi (setir) dengan kaki-kaki mobil. Mekanismenya, kalau kita membelokkan setir ke kiri atau kanan, rack steer yang akan membuat roda
Baca Lebih Lanjut

Begini Triknya Agar Pengajuan Kredit Mobil Bekas Cepat Disetujui

Juli 15, 2025
Kalau diibaratkan, pengajuan kredit mobil bekas, situasi ketegangannya mirip-mirip kayak melamar kerja. Soalnya di sini ada pengajuan, melengkapi syarat-syarat, evaluasi terhadap pemohon, sampai akhirnya disetujui dan dana cair. Wajar kalau si pemohon kredit atau debitur, ada perasaan tegang dan tidak sabar. Sayangnya, banyak Otofriends yang tidak paham kalau pengajuan kredit mobil bekas bisa lebih cepat
Baca Lebih Lanjut

Tips Agar Pengajuan Kredit Mobil Bekas Disetujui, Jangan Sampai Gagal Gara-Gara Hal Sepele!

Juli 14, 2025
Hi Otofriends, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya. Lagi ada yang mau beli mobil bekas? Kalau ada, bang min mau ngasih beberapa tips singkat buat kamu supaya pengajuan kamu nantinya disetujui oleh leasing atau pembiayaan mobil bekas. Beli mobil bekas dengan cara kredit lagi menjadi pilihan saat ini. Kamu juga seharusnya tahu kalau beli mobil
Baca Lebih Lanjut