Simak! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid

Maret 22, 2024
By Getan Metodius
Simak! Ini Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hybrid-otospector

Seperti yang kita ketahui bahwasanya Mobil Hybrid saat ini sudah menjadi sorotan di kalangan dunia otomotif karena klaim efisiensinya. Karena mobil Hybrid ini sudah ramah lingkungan dan juga hemat bahan bakar, akan tetapi masih perlu kita soroti kelebihan dan kekurangan dari mobil Hybrid ini Otofriends.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Berikut ini adalah kelebihan dari mobil Hybrid.

#1: Irit atau Hemat.

irit bbm

Sumber: Gridoto

Jika kamu memiliki mobil Hybrid boleh dibilang sih kamu bisa hemat dalam pengeluaran. Karena mobil Hybrid yang punya lebih dari satu sumber tenaga ini bias membuat kamu tidak perlu was-was dan terus ke pom bensin. Dan ternyata pemerintah sudah memberikan insentif pajak yang menguntungkan jika kamu membeli mobil Hybrid plug-in.

#2: Ramah Lingkungan.

mobil hybrid

Sumber: detik

Kelebihan jika kamu membeli mobil Hybrid adalah sudah ramah lingkungan lho. Karena mobil bensin dapat menghasilkan emisi gas rumah kaca yang berdampak pada perubahan iklim. Sedangkan mobil Hybrid sudah menggunakan listrik dan dapat mengurangi emisi. Walaupun efek nya tergantung pada sumber regional. Namun, ini menjadi langkah yang cukup positif untuk tetap menjaga lingkungan.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Inilah Perkiraan Biaya Perbaikan Kaki-kaki Mobil

#3: Minimnya Perawatan.

perawatan mobil

Sumber: toyota

Kelebihan yang ketiga dari mobil Hybrid adalah minim perawatannya. Jadi mobil Hybrid ini perawatannya mudah dan sangat jarang jika kamu bandingkan dengan mobil yang biasa, soalnya untuk mobil yang konvensional itu perlu perawatan yang rutin setiap periode waktu yang sudah ditentukan.

#4: Sunyi.

Yang terakhir ini sunyi. Kenapa sunyi? Karena mesin listrik pada mobil Hybrid ini jauh lebih nyaman dan tenang dibandingkan dengan mesin mobil bensin. Jadi mobil Hybrid membuat pengendara dan penumpang akan lebih nyaman ketika sedang di dalam perjalanan.

Selanjutnya ini adalah kelemahan dari mobil Hybrid. 

#5: Biaya Perawatan Yang Mahal.

Kelemahan yang pertama yaitu biaya perawatan mobil Hybrid yang mahal.  Dan biaya perawatan lainnya yang mahal seperti harus mengganti baterai, tapi biasanya produsen mobil Hybrid ini sudah memberikan garansi baterai selama 10 tahun, serta banyak juga baterai yang sudah dirancang untuk tahan lebih dari 150.000 mil.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

#6: Biaya yang besar.

Seperti yang kita ketahui, jika mobil Hybrid ini memiliki beberapa kelemahan yang perlu kamu pertimbangkan juga, karena salah satunya itu adalah biaya awal yang besar. 

Pada dasarnya mobil Hybrid ini sangat mahal jika untuk disewakan dibandingkan dengan mobil konvensional. Walaupun mobil Hybrid ini hemat bahan bakar bisa untuk membalikan biaya seperti insentif pemerintah yang membantu). 

#7: Kondisi lingkungan yang tidak selalu bagus.

Dan ternyata mobil Hybrid juga tidak selamanya selalu bagus lho, terutama untuk menjaga lingkungan. Karena dampak dari lingkungan pada mobil Hybrid tergantung pada sejauh mana kamu sudah menggunakan listriknya, dan dari mana asal listrik yang sedang kamu gunakan.

Tapi memang pada dasarnya mobil Hybrid ini jauh lebih bersih dibandingkan dengan mobil bensin konvensional, akan tetapi biasanya akan mempunyai emisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil listrik yang murni serta jauh lebih tinggi lagi di bandingkan dengan bersepeda atau pejalan kaki.

Jadi untuk saat ini yang terbaik adalah menyesuaikan mana mobil yang paling tepat. Balik lagi disesuaikan dengan biaya yang bisa kamu keluarkan untuk membeli mobil. 

Jika kamu ingin beli mobil bekas, pilih yang terbaik. Untuk mendapatkan yang terbaik, gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Layanan inspeksi mobil ini bisa membantu kamu untuk mendapatkan mobil terbaik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Selain Overheat Inilah 5 Faktor Penyebab Mobil Terbakar

Januari 17, 2024
Ada berbagai faktor yang jadi penyebab mobil terbakar. Salah satu penyebab yang selama ini sering ada di pikiran orang awam adalah mesin overheat. Inilah kondisi di mana mesin naik suhunya sampai ambang batas maksimal. Sejauh ini menurut para mekanik berpengalaman, mesin overheat kecil kemungkinan jadi penyebab mobil terbakar. Kecuali jika ada pemicu lain, seperti adanya
Baca Lebih Lanjut

Komparasi Brio vs Agya Siapa Hatchback Terbaik Update 2024

Januari 16, 2024
Beli mobil untuk digunakan di perkotaan memang paling cocok untuk jenis hatchback. Untuk saat ini yang paling sering ada di pikiran masyarakat urban adalah Brio dan juga Agya. Lantas mana pilihan terbaik kamu Otofriends? Kalau bang min sih mending lihat komparasi singkat ini dulu ya, tapi tetap ini adalah masukan informasi aja untuk kamu, bukan
Baca Lebih Lanjut

Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan? Update 2024

Januari 16, 2024
Kita sebagai pengemudi mobil pasti pernah melewati tanjakan, termasuk juga tanjakan curam. Sebagai pengendara, apa yang biasanya kita lakukan nih Otofriends untuk mengatasi tanjakan tersebut, adakah dari Otofriends yang mematikan AC mobil sebelum melibas tanjakan? Kalau ada, kita bahas yuk lantas benarkan salah satu cara yaitu mematikan AC membuat tenaga mesin mobil jadi lebih kuat.
Baca Lebih Lanjut