Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

Maret 20, 2024
By Getan Metodius
Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan-otospector

Banyak sekali pemilik mobil yang cuek mengenai bahayanya air hujan untuk mobil. Contohnya adalah seperti terlalu sering membiarkan air hujan mengering sendiri pada bagian bodi mobil dan tidak segera membersihkannya atau juga tidak segera mengelap dan tidak pula mencuci mobilnya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Walaupun cuma hanya terkena air hujan, jika dibiarkan begitu saja akan menjadi kebiasaan serta dapat menimbulkan kerugian bagi mobil kamu. Misalnya pada bagian cat dan bodi mobil, serta wiper juga bisa bermasalah, jika sudah terlalu sering kena air hujan. Bisa aja terjadi pada wiper yang karetnya akan cepat kendur yang mengakibatkan kinerjanya tidak maksimal seperti biasanya.

Berikut ini adalah akibat yang akan terjadi jika mobil kamu terlalu sering terkena air hujan.

#1: Munculnya Jamur.

jamur kaca mobil

Sumber: gridoto

Yang pertama adalah akan adanya timbul jamur jika kamu terlalu membiarkan mobil kamu terkena hujan dan tidak segera mencucinya. Karena di dalam air hujan sudah mengandung senyawa asam yang dapat menyebabkan jamur. 

Jika mobil kamu berwarna cerah, jamur ini secara perlahan akan membuat warna cat kamu menjadi agak kekuningan. Jamur tidak hanya ada di bodi mobil saja melainkan akan timbul di bagian kaca mobil jika mobil kamu selalu dibiarkan mengering dan selalu terkena paparan sinar matahari langsung.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Catat! Ini Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil

#2: Warna Cat Mobil Menjadi Memudar.

cat mobil pudar

Sumber: suara.com

Bahaya yang kedua adalah warna cat mobil kamu lama kelamaan akan memudar dan tidak berkilau lagi. Hal ini bisa terjadi karena air hujan yang mengandung senyawa asam, dan membiarkan air hujan yang menempel di bodi mobil mengering. Bisa berdampak buruk, lama kelamaan warna cat mobil kamu akan memudar dan membuat warna mobil kamu menjadi kusam.

#3: Mesin Berkarat.

mesin karatan

Sumber: rustpro

Jika air hujan mengandung senyawa yang asam, maka akan merugikan mobil kamu serta dapat menimbulkan keropos dan karat pada bagian mobil kamu. Karena senyawa yang ada di air hujan itu bersifat korosif. 

Walaupun ada beberapa mobil yang sudah memiliki lapisan pelindung dari karat. Seperti dibagikan engsel pintu mobil, ruang mesin, kolong mobil, atap mobil, dan jalur air. Tapi eh tetapi otofriends, jika mobil kamu terlalu selalu sering terkena air hujan sampai mengering, maka karat akan berpotensi muncul dibagian tersebut.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 10 Cara Mencegah Ngantuk Saat Mengemudi

#4: Rusaknya Di Beberapa Bagian Komponen.

Tidak hanya dapat kerusakan bagian bodi dan warna mobil, air hujan juga dapat merusak bagian kelistrikan pada mobil. Jika air hujan tidak segera dibilas dapat mengenai kabel yang terkelupas sehingga dapat menimbulkan korsleting.

#5: Mika Lampu Jadi Berambun.

mika lampu berembun

Sumber: Gridoto

Bahaya yang terakhir jika mobil kamu terkena air hujan dan tidak mencucinya adalah akan timbul embun di bagian mika lampu. Hal ini terjadi karena timbulnya retakan halus di bagian mika lampu tadi. Segeralah kamu cek bagian seal mika lampu mobil, jika sudah terjadi getas maka alangkah baiknya kamu segera menggantinya dengan yang baru. 

Kesimpulan:

Cat adalah hal yang paling berasa jika mobil udah sering kena air hujan dan udah kena dampaknya. Harga jual kembali nanti akan jadi turun jauh karena ini.

Penting nih buat yang mau beli mobil bekas biar nggak salah pilih, gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Biar dengan inspeksi mobil ini membantu kamu menentukan mana mobil bekas yang patut kamu bawa pulang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Biaya Perbaikan Pintu Mobil Ini Bisa Buat Catatan Otofriends

Februari 28, 2024
Wajar kalau Otofriends tidak terlalu tahu soal berapa sebenarnya biaya perbaikan pintu mobil. Pintu mobil memang salah satu bagian dari mobil yang jarang rusak. Akan tetapi bukan berarti kita jadi tidak peduli, karena bisa saja informasi semacam ini sewaktu-waktu dibutuhkan. Perbaikan pintu mobil biasanya dilakukan di bengkel-bengkel khusus bodi. Tetapi ada juga bengkel yang khusus
Baca Lebih Lanjut

Mau Beli Mobil Matic? Kenali Dulu Jenis-jenis Transmisinya

Februari 28, 2024
Meski belum mengalahkan mobil bertransmisi manual, penjualan mobil bertransmisi matic (mobil matic) di Indonesia terus meningkat. Data dari PT Toyota Astra Motor di akhir tahun 2019 menyatakan penjualan mobil matic mencapai sekitar 30% dari total penjualan. Ini sekaligus jadi bukti penggunaan mobil bertransmisi otomatis semakin populer di masyakat. Dibanding menggunakan transmisi manual, pengoperasian transmisi matic
Baca Lebih Lanjut

Berapa Biaya Mengganti Kaca Mobil Yang Pecah?

Februari 27, 2024
Kaca mobil merupakan salah satu elemen yang cukup penting. Pasalnya jika tidak ada kaca mobil, mata kita sebagai pengemudi akan terkena angin kencang dan kotoran, kotoran itu bisa masuk ke dalam kabin mobil juga. Meski kaca mobil itu punya material yang bagus dan kuat, tapi kaca mobil bisa saja rusak atau pecah, karena waktu dari
Baca Lebih Lanjut