Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan

Maret 20, 2024
By Getan Metodius
Waspada! Ini Akibatnya Jika Mobil Sering Terkena Air Hujan-otospector

Banyak sekali pemilik mobil yang cuek mengenai bahayanya air hujan untuk mobil. Contohnya adalah seperti terlalu sering membiarkan air hujan mengering sendiri pada bagian bodi mobil dan tidak segera membersihkannya atau juga tidak segera mengelap dan tidak pula mencuci mobilnya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Walaupun cuma hanya terkena air hujan, jika dibiarkan begitu saja akan menjadi kebiasaan serta dapat menimbulkan kerugian bagi mobil kamu. Misalnya pada bagian cat dan bodi mobil, serta wiper juga bisa bermasalah, jika sudah terlalu sering kena air hujan. Bisa aja terjadi pada wiper yang karetnya akan cepat kendur yang mengakibatkan kinerjanya tidak maksimal seperti biasanya.

Berikut ini adalah akibat yang akan terjadi jika mobil kamu terlalu sering terkena air hujan.

#1: Munculnya Jamur.

jamur kaca mobil

Sumber: gridoto

Yang pertama adalah akan adanya timbul jamur jika kamu terlalu membiarkan mobil kamu terkena hujan dan tidak segera mencucinya. Karena di dalam air hujan sudah mengandung senyawa asam yang dapat menyebabkan jamur. 

Jika mobil kamu berwarna cerah, jamur ini secara perlahan akan membuat warna cat kamu menjadi agak kekuningan. Jamur tidak hanya ada di bodi mobil saja melainkan akan timbul di bagian kaca mobil jika mobil kamu selalu dibiarkan mengering dan selalu terkena paparan sinar matahari langsung.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Catat! Ini Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil

#2: Warna Cat Mobil Menjadi Memudar.

cat mobil pudar

Sumber: suara.com

Bahaya yang kedua adalah warna cat mobil kamu lama kelamaan akan memudar dan tidak berkilau lagi. Hal ini bisa terjadi karena air hujan yang mengandung senyawa asam, dan membiarkan air hujan yang menempel di bodi mobil mengering. Bisa berdampak buruk, lama kelamaan warna cat mobil kamu akan memudar dan membuat warna mobil kamu menjadi kusam.

#3: Mesin Berkarat.

mesin karatan

Sumber: rustpro

Jika air hujan mengandung senyawa yang asam, maka akan merugikan mobil kamu serta dapat menimbulkan keropos dan karat pada bagian mobil kamu. Karena senyawa yang ada di air hujan itu bersifat korosif. 

Walaupun ada beberapa mobil yang sudah memiliki lapisan pelindung dari karat. Seperti dibagikan engsel pintu mobil, ruang mesin, kolong mobil, atap mobil, dan jalur air. Tapi eh tetapi otofriends, jika mobil kamu terlalu selalu sering terkena air hujan sampai mengering, maka karat akan berpotensi muncul dibagian tersebut.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 10 Cara Mencegah Ngantuk Saat Mengemudi

#4: Rusaknya Di Beberapa Bagian Komponen.

Tidak hanya dapat kerusakan bagian bodi dan warna mobil, air hujan juga dapat merusak bagian kelistrikan pada mobil. Jika air hujan tidak segera dibilas dapat mengenai kabel yang terkelupas sehingga dapat menimbulkan korsleting.

#5: Mika Lampu Jadi Berambun.

mika lampu berembun

Sumber: Gridoto

Bahaya yang terakhir jika mobil kamu terkena air hujan dan tidak mencucinya adalah akan timbul embun di bagian mika lampu. Hal ini terjadi karena timbulnya retakan halus di bagian mika lampu tadi. Segeralah kamu cek bagian seal mika lampu mobil, jika sudah terjadi getas maka alangkah baiknya kamu segera menggantinya dengan yang baru. 

Kesimpulan:

Cat adalah hal yang paling berasa jika mobil udah sering kena air hujan dan udah kena dampaknya. Harga jual kembali nanti akan jadi turun jauh karena ini.

Penting nih buat yang mau beli mobil bekas biar nggak salah pilih, gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Biar dengan inspeksi mobil ini membantu kamu menentukan mana mobil bekas yang patut kamu bawa pulang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Waduh Ini Dia Dampak Filter Udara Mobil Kotor

Maret 09, 2024
Suka bingung nggak sih otofriends kalau lagi nyetir kok tiba-tiba mobil nggak ada tenaga. Lalu juga kadang kita ngerasa mobil kok jadi lebih boros daripada biasanya, nah hal ini bisa terjadi ketika filter udara yang kotor. Lah kok bisa filter udara kotor bisa bikin performa loyo? Tentu bisa, karena filter udara yang sudah kotor itu
Baca Lebih Lanjut

Jenis Obat Ini Berbahaya, Bikin Ngantuk Saat Mengemudi

Maret 09, 2024
Seseorang yang mengantuk, sesungguhnya adalah kondisi di mana ia merasa ingin tidur atau susah untuk tetap terjaga. Ada banyak faktor penyebabnya, seperti kurang tidur, kelelahan, stres, gangguan tidur, atau kondisi medis tertentu. Akan tetapi mengantuk juga bisa dipicu oleh obat-obatan tertentu yang memiliki efek samping menenangkan sistem saraf pusat. Simak obat yang tidak boleh diminum
Baca Lebih Lanjut

Apa Aja Penyakit-Penyakit Mobil Tua?

Maret 08, 2024
Mana nih yang mau otw mudik lebaran tahun 2024? Spesial buat kamu yang bawa mobil udah berumur atau tua. Jangan lupa cek beberapa komponen yang bisa menyebabkan penyakit untuk mobil-mobil tua. Buat yang pada mau otw mudik, terutama saat dua minggu mau lebaran, biasanya jalanan cukup macet. Nah saat mudik emang nggak bisa diprediksi bakalan
Baca Lebih Lanjut