Catat! Ini Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil

Maret 12, 2024
By Thomas W
Catat! Ini Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil-otospector

Fungsi tombol sirkulasi udara di mobil sering menjadi pertanyaan besar bagi pemilik mobil. Maklum, tombol ini memang terhitung jarang disentuh-sentuh. Bahkan mungkin sejak mobil baru dibeli.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Tombol sirkulasi udara di mobil tentu berfungsi untuk menjaga kualitas udara yang dihirup oleh penumpang di dalam mobil. Namun sebaiknya Otofriends juga harus tahu secara spesifik, bagaimana peran tombol tersebut menjamin kesegaran udara yang bersirkulasi di dalam kabin.

Biar lebih paham, yuk kita ikuti penjelasan berikut ini:

#1: Perbedaan Sirkulasi Udara dan Ventilasi Udara

Fungsi Tombol Sirkulasi Udara

Sumber: Fuelsandlubes.com

Pertama-tama penting untuk memahami dulu perbedaan antara sirkulasi udara dan ventilasi udara di mobil.

Sirkulasi udara tujuannya adalah mengatur perputaran udara di dalam kabin. Berbeda dengan ventilasi udara yang fokus pada pergantian udara dalam kabin dengan udara segar dari luar.

Dengan sirkulasi udara yang baik di dalam kabin, maka Otofriends dapat menikmati perjalanan dengan udara yang bersih dan nyaman.

Sirkulasi yang efisien juga dapat mengurangi risiko kelelahan dalam perjalanan panjang. Berkendara juga jadi lebih aman dan menyenangkan.

Baca juga: Kenapa AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet?

#2: Tombol Sirkulasi Udara

Fungsi Tombol Sirkulasi Udara

Tombol sirkulasi udara saat ini umumnya bisa ditemukan di mobil-mobil modern.

Tombol ini ditandai dengan ikon mobil beserta tanda anak panah berputar, baik berputar di dalam kabin maupun di luar kabin.

Jika Otofriends memilih tombol dengan anak panah ke luar kabin mobil, maka udara dari luar akan masuk ke dalam kabin. Sedangkan kalau tanda anak panah berputar di dalam kabin, artinya sirkulasi hanya terjadi di dalam kabin.

Saat mobil sedang berada di area perkotaan apalagi saat lalu-lintas padat, sebaiknya pilih sirkulasi di dalam kabin untuk mencegah udara kotor masuk ke kabin.

Sementara jika Otofriends bisa memastikan udara di sekitar sudah cukup segar, maka silakan sirkulasi udara dari luar untuk dimasukkan ke dalam kabin.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Fungsi Tombol Sirkulasi Udara di Mobil

Fungsi Tombol Sirkulasi Udara

Sumber: Gridoto

1. Menjaga Kualitas Udara

Tombol akan berfungsi memastikan kualitas udara di dalam kabin tetap optimal. Jika tombol diaktifkan, udara di dalam kabin akan terus berputar dan disaring oleh sistem pendinginan.

Proses ini bertujuan menjaga kualitas udara yang dihirup penumpang dan mengurangi risiko paparan partikel berbahaya.

2. Meminimalkan Masuknya Udara Kotor dari Luar

Saat berada di kawasan dengan kualitas udara buruk, tombol ini akan menghambat partikel debu dan polusi udara, menjaga kebersihan udara, dan memberikan kenyamanan dalam perjalanan.

3. Mengurangi Aroma Tidak Sedap Masuk Ke Mobil  

Tombol ini berperan cukup besar dalam menangkal aroma tak sedap dari luar yang bisa masuk ke kabin. Aroma di jalanan contohnya bau knalpot, comberan, atau sampah.

4. Menambah Efisiensi Sistem Pendingin

Dengan proses penyaringan, udara di kabin bisa dipertahankan. Sistem pendingin dapat bekerja lebih efektif, menghasilkan udara lebih dingin, dan meningkatkan kenyamanan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Kenapa AC Mobil Bau Dan Cara Mengatasinya

Haruskah mengganti filter AC mobil bekas?

Filter AC berfungsi menyaring udara yang bersirkulasi di dalam kabin. Karena itulah wajar jika filter dikotori oleh debu, bakteri, atau partikel kecil. Alasan itulah yang membuat Otofriends sebaiknya harus langsung mengganti filter AC setelah membeli mobil bekas.

Kita juga tidak pernah tahu kapan persisnya filter tersebut terakhir diganti. Kemungkinan filter tersebut memang sudah saatnya diganti, meski mungkin secara fisik terlihat dalam kondisi baik.

Untuk memastikan kondisi mobil bekas yang hendak dibeli, manfaatkanlah jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Laporan hasil pemeriksaan Otospector dijamin dapat menjadi referensi terpercaya dalam membeli mobil bekas berkualitas. Tunggu apa lagi, mari inspeksi mobil sekarang juga.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Belum Mati, Segini Harga Mobilio Bekas Per 2024

Januari 23, 2024
Tidak sedikit orang yang mencari informasi tentang harga Mobilio bekas di berbagai forum jual-beli mobil. Mereka penasaran karena sudah cukup lama tidak ada kabar terbaru soal Mobilio. Sehingga akhirnya tidak sedikit orang yang mengira mobil ini sudah tidak diproduksi lagi alias sudah disuntik mati. Padahal anggapan itu tidak benar. Meski produk barunya sudah sangat jarang
Baca Lebih Lanjut

Jangan Lalai, Cek Poin Ini Biar Wiper Tetap Maksimal

Januari 23, 2024
Wiper adalah salah satu fitur yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil, apa lagi pada saat musim hujan seperti sekrang ini peran fitur wiper sangat membantu pengemudi untuk dapat menyapu kaca mobil secara maksimal.  Maka dari itu pastikan sebelum kamu hendak berangkat pastikan kamu cek wiper mobil kamu dulu ya. Karena peran wiper pada mobil sangatlah
Baca Lebih Lanjut

Ini Dia Promo Mobil Akhir Tahun 2024

Januari 21, 2024
Banyak orang berpendapat, akhir tahun adalah waktu yang tepat buat beli mobil karena ada promo mobil akhir tahun atau year end. Ya jelas saja, soalnya memasuki akhir tahun 2023 biasanya dealer-dealer mobil baru berlomba-lomba untuk mencapai target penjualan tahun itu. Sekaligus menghabiskan stok yang ada. Salah satu cara untuk menarik minat pembeli, biasanya dealer akan
Baca Lebih Lanjut