Kenapa AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet?

Oktober 07, 2023
By Getan Metodius
Kenapa AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet?-otospector

Hi Otofriends pasti gak enak banget kan ya kalau lagi dalam perjalanan dengan kondisi cuaca yang sangat panas eh AC mobil malah gak dingin. Ada yang pernah ngalamin hal ini gak otofriends? Biasanya nih berdasarkan komentar temen-temen dan juga pengalaman, AC mobil gak dingin ini ketika berhenti atau terhambat pada yang namanya kemacetan, eh pas sudah berjalan dengan lancar, AC nya kembali dingin.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Rasanya emang gak enak banget ya, kayak dikerjain, padahal kita pengen istirahat sejenak saat macet dan mengistirahatkan kaki dengan menyejukkan badan, AC malah gak dingin saat macet itu. Bahkan nih gak sedikit komentar temen-temen yang menyatakan bahwa malah AC gak dingin Cuma keluar angin saja, jadinya bikin suhu dalam kabin itu pengap. Lalu apa sih penyebab dari AC mobil tidak dingin saat macet?

#1: Kompresor Mulai Rusak

kompresor ac mobil

Jadi gini Otofriends kalau yang namanya AC itu tetap perlu di jaga, maksudnya jika kita punya mobil, kondisi kompresor juga perlu di cek dalam periode waktu tertentu. Contoh mudahnya saja ketika kondensor mobil bersih namun AC tetap gak dingin, biasanya kompresor sudah mulai mau nyerah. Biasanya karena kompresor sudah aus dengan ditandainya sight glass berubah jadi warna hitam.

Baca juga: Biaya Rotasi Ban Mobil dan Manfaatnya

#2: Kurangnya Freon AC Mobil

mengisi freon ac mobil

Poin kedua yang jadi penyebab tidak dinginnya AC mobil ketika saat macet adalah habis atau berkurangnya freon. Seperti yang kita ketahui ya kalau AC itu perlu adanya freon, jadi jika hanya keluar angin saja tanpa adanya suhu dingin bisa jadi ada kebocoran freon yang menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin.

#3: Ekstra Fan Sudah Lemah

extra fan mobil

Sumber: inews.co.id

Point selanjutnya yang menjadi penyebab adalah ekstra fan mati, dan jika komponen yang berada di depan kondensor mati, maka akan berpengaruh nih sama proses kondensasi. Jadi perlu adanya proses penurunan suhu di dalam kondensor, jika ekstra fan mati, jadi penurunan suhu tidak akan bekerja, jadi kabin terasa tidak nyaman dan terasa pengap atau panas.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Rusaknya Thermostat

thermorsats mobil rusak

Komponen ini punya tugas untuk memberikan tanda pada kompresor untuk berhenti bekerja ketika suhu kabin sudah sesuai pada temperatur di pengaturan AC mobil. Tetapi jika komponen ini rusak, jadi proses pengiriman tanda sinyal tadi menjadi berhenti, jadinya kompresor terus bekerja sampai pada satu titik yang memuncak yaitu evaporator jadi beku. Jika ini terjadi, yang keluar pada kabin hanyalah angin saja bukan suhu dingin.

#5: Lakukan Flushing

flushing ac mobil

Sumber: autotecnorthwest.co.uk

Ketika sudah terjadi kondisi AC tidak dingin, disarankan melakukan flushing pada AC mobil kamu. Flushing AC ini merupakan proses penyedotan isi di dalam kompresor seperti misalnya ada oli dan kotoran agar lebih bersih. Proses ini juga akan mengambil freon dan mengisi ulang dengan freon yang baru.

#6: Menghindari Penggunaan AC Yang Buruk

merokok dalam mobil

Hindari kebiasaan yang membuat AC mobil jadi cepat rusak dan menjadi tidak dingin, di antaranya sengaja merokok di dalam kabin, lalu tidak melakukan perawatan AC mobil dengan rutin, pakai spare part AC yang tidak asli.

Baca juga: Inilah Sanksi dan Hukuman Pakai Plat Palsu dan Rotator

beli mobil bekas di tokopedia

AC Mobil Awet Bikin Mobil Sehat:

Penggunaan AC yang baik dengan tidak melakukan pergantian spare part palsu ataupun sengaja merokok di dalam kabin bisa menjadi faktor kerusakan AC. Dan bisa berdampak pada tidak dinginnya AC mobil. Bagi kita yang ingin membeli mobil bekas, bisa juga melakukan pengecekan pada AC mobil, agar tidak mendapatkan PR yang besar seputar AC saat mobil sudah dibeli.

Pasalnya perbaikan AC mobil juga tidak murah, apalagi sudah cukup parah. Jadi pastikan juga ketika ingin beli mobil bekas itu disarankan menggunakan jasa inspeksi mobil bekas, supaya mobil yang kita beli nantinya punya raport baik dan siap digunakan secepatnya dan minim pekerjaan rumah atau PR ke depannya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Gak Cuma Wrangler, Ini Koleksi Mobil Tua Andre Taulany

Februari 04, 2024
Bagi para penonton televisi di Indonesia, tentu tidak asing dengan nama Andre Taulany. Namanya dikenal sebagai komedian, penyanyi, dan presenter yang sangat sering tampil di televisi. Ternyata di balik popularitasnya, ia juga dikenal memiliki hobi mengoleksi mobil klasik yang bernilai tinggi. Dalam hal hobi otomotif, Andre tidak sendiri. Beberapa selebriti lain seperti Raffi Ahmad, Baim
Baca Lebih Lanjut

Penyebab Radiator Mobil Karatan

Februari 02, 2024
Banyak pemilik mobil yang tidak paham bahwa banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab radiator mobil karatan. Pada umumnya mereka mengira, penyebab satu-satunya adalah karena kualitas cairan pendingin yang dipakai tidak bagus. Jadi selama pakai cairan yang bagus, mereka sudah merasa aman. Seiring berjalannya waktu, radiator memang bisa terkena karat atau korosi, baik karena faktor eksternal
Baca Lebih Lanjut

Inilah Arti Gigi L di Mobil Matic

Februari 02, 2024
Banyak pengemudi yang sudah mahir menjalankan mobil bertransmisi otomatis atau matic, tapi ternyata masih belum paham arti gigi L di mobil matic. Masalahnya, posisi L ini memang agak jarang dipakai. Apalagi bagi mereka yang sehari-hari lebih banyak berkendara di perkotaan. Gigi L merupakan salah satu posisi transmisi matic yang berperan dalam mengatur putaran dan kecepatan
Baca Lebih Lanjut