Kenapa AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet?

Oktober 07, 2023
By Getan Metodius
Kenapa AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet?-otospector

Hi Otofriends pasti gak enak banget kan ya kalau lagi dalam perjalanan dengan kondisi cuaca yang sangat panas eh AC mobil malah gak dingin. Ada yang pernah ngalamin hal ini gak otofriends? Biasanya nih berdasarkan komentar temen-temen dan juga pengalaman, AC mobil gak dingin ini ketika berhenti atau terhambat pada yang namanya kemacetan, eh pas sudah berjalan dengan lancar, AC nya kembali dingin.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Rasanya emang gak enak banget ya, kayak dikerjain, padahal kita pengen istirahat sejenak saat macet dan mengistirahatkan kaki dengan menyejukkan badan, AC malah gak dingin saat macet itu. Bahkan nih gak sedikit komentar temen-temen yang menyatakan bahwa malah AC gak dingin Cuma keluar angin saja, jadinya bikin suhu dalam kabin itu pengap. Lalu apa sih penyebab dari AC mobil tidak dingin saat macet?

#1: Kompresor Mulai Rusak

kompresor ac mobil

Jadi gini Otofriends kalau yang namanya AC itu tetap perlu di jaga, maksudnya jika kita punya mobil, kondisi kompresor juga perlu di cek dalam periode waktu tertentu. Contoh mudahnya saja ketika kondensor mobil bersih namun AC tetap gak dingin, biasanya kompresor sudah mulai mau nyerah. Biasanya karena kompresor sudah aus dengan ditandainya sight glass berubah jadi warna hitam.

Baca juga: Biaya Rotasi Ban Mobil dan Manfaatnya

#2: Kurangnya Freon AC Mobil

mengisi freon ac mobil

Poin kedua yang jadi penyebab tidak dinginnya AC mobil ketika saat macet adalah habis atau berkurangnya freon. Seperti yang kita ketahui ya kalau AC itu perlu adanya freon, jadi jika hanya keluar angin saja tanpa adanya suhu dingin bisa jadi ada kebocoran freon yang menyebabkan AC mobil jadi tidak dingin.

#3: Ekstra Fan Sudah Lemah

extra fan mobil

Sumber: inews.co.id

Point selanjutnya yang menjadi penyebab adalah ekstra fan mati, dan jika komponen yang berada di depan kondensor mati, maka akan berpengaruh nih sama proses kondensasi. Jadi perlu adanya proses penurunan suhu di dalam kondensor, jika ekstra fan mati, jadi penurunan suhu tidak akan bekerja, jadi kabin terasa tidak nyaman dan terasa pengap atau panas.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Rusaknya Thermostat

thermorsats mobil rusak

Komponen ini punya tugas untuk memberikan tanda pada kompresor untuk berhenti bekerja ketika suhu kabin sudah sesuai pada temperatur di pengaturan AC mobil. Tetapi jika komponen ini rusak, jadi proses pengiriman tanda sinyal tadi menjadi berhenti, jadinya kompresor terus bekerja sampai pada satu titik yang memuncak yaitu evaporator jadi beku. Jika ini terjadi, yang keluar pada kabin hanyalah angin saja bukan suhu dingin.

#5: Lakukan Flushing

flushing ac mobil

Sumber: autotecnorthwest.co.uk

Ketika sudah terjadi kondisi AC tidak dingin, disarankan melakukan flushing pada AC mobil kamu. Flushing AC ini merupakan proses penyedotan isi di dalam kompresor seperti misalnya ada oli dan kotoran agar lebih bersih. Proses ini juga akan mengambil freon dan mengisi ulang dengan freon yang baru.

#6: Menghindari Penggunaan AC Yang Buruk

merokok dalam mobil

Hindari kebiasaan yang membuat AC mobil jadi cepat rusak dan menjadi tidak dingin, di antaranya sengaja merokok di dalam kabin, lalu tidak melakukan perawatan AC mobil dengan rutin, pakai spare part AC yang tidak asli.

Baca juga: Inilah Sanksi dan Hukuman Pakai Plat Palsu dan Rotator

beli mobil bekas di tokopedia

AC Mobil Awet Bikin Mobil Sehat:

Penggunaan AC yang baik dengan tidak melakukan pergantian spare part palsu ataupun sengaja merokok di dalam kabin bisa menjadi faktor kerusakan AC. Dan bisa berdampak pada tidak dinginnya AC mobil. Bagi kita yang ingin membeli mobil bekas, bisa juga melakukan pengecekan pada AC mobil, agar tidak mendapatkan PR yang besar seputar AC saat mobil sudah dibeli.

Pasalnya perbaikan AC mobil juga tidak murah, apalagi sudah cukup parah. Jadi pastikan juga ketika ingin beli mobil bekas itu disarankan menggunakan jasa inspeksi mobil bekas, supaya mobil yang kita beli nantinya punya raport baik dan siap digunakan secepatnya dan minim pekerjaan rumah atau PR ke depannya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cari Mobil Bekas Bergaransi 2024 Kini Bisa Via Smartphone

Februari 23, 2024
Saat ini banyak pembeli mobil bekas yang tidak mau asal membeli mobil, namun juga cari mobil bekas bergaransi. Hal ini wajar, karena mereka ingin mobil yang dibeli tidak bermasalah serta tenang saat memakainya. Kabar baiknya, sekarang untuk mencari mobil-mobil berkualitas dan bergaransi tidaklah sulit. Sebab semua sudah tersedia di aplikasi OTOS – Bursa Mobil Bekas
Baca Lebih Lanjut

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Februari 23, 2024
Sering terjadi para pemilik merasa bingung apa penyebab mobil bunyi ngelitik. Istilah ngelitik atau engine knocking adalah kondisi di mana suara mesin terasa kasar terus menerus atau rasanya seperti bergetar. Tentu saja tidak enak didengar apalagi dirasakan. Meski gejalanya terdengar serupa, tapi ternyata ada banyak penyebab mesin jadi ngelitik. Kalau sudah ada gejalanya, jangan dibiarkan.
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berjamur Terbaru 2024

Februari 22, 2024
Waduh kalau mobil itu emang perlu dirawat, gak cuma urusan mesin aja Otofriends. Contohnya kaca mobil, karena kaca mobil berjamur itu bisa mengganggu penglihatan kamu saat berkendara. Ditambah lagi kalau pandangan kurang baik atau kurang jelas sangat berbahaya dan bisa membahayakan diri kamu dan pengguna lainnya. Kadang memang cuaca bikin kesel, pagi dan siang panas,
Baca Lebih Lanjut