10 Cara Mencegah Ngantuk Saat Mengemudi

Januari 12, 2023
By Thomas W
10 Cara Mencegah Ngantuk Saat Mengemudi-otospector

Kalau Otofriends melintas di jalan tol, mungkin sering melihat imbauan dari pengelola jalan agar beristirahat jika memang mengantuk. Imbauan ini memang benar, karena mengantuk jadi salah satu penyebab terbesar kecelakaan di jalan tol, setelah pecah ban.

Persoalan ngantuk ada di mana-mana di dunia. Perkiraan dari National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) sepanjang 2017 ada 91 ribu kecelakaan akibat mengemudi saat mengantuk di Amerika Serikat. Akibatnya 50 ribu orang terluka dan 800 meninggal.

Rasa kantuk itu alamiah, karena itu pilih waktu berkendara yang sesuai. Lalu bagaimana mengatasi rasa kantuk saat berkendara? Berikut 10 cara menghilangkan ngantuk yang efektif:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

#1: Cukup Tidur

Cukup tidur sebelum mengemudi

Agar tidak ngantuk, maka pengemudi harus cukup tidur. Tidak ada obat ngantuk yang paling efektif kecuali dengan tidur.

Rasa kantuk itu dapat menyebabkan gangguan mental yang mirip dengan mabuk alkohol. Kurang tidur selama 24 jam setara dengan kandungan alkohol dalam darah sebesar 0,1 persen.

Jika tidak sempat istirahat, cukup tidur singkat saja selama 15–30 menit agar tetap merasa segar dan waspada.

#2: Mengonsumsi Kafein

Kopi mengandung kafein yang mencegah ngantuk

Kalau tubuh sudah benar-benar lelah, mungkin ada baiknya mengonsumsi kafein yang membantu pengemudi tetap terjaga.

Salah satu sumber kafein terbesar adalah kopi. Khasiatnya akan segera terasa setidaknya setengah jam setelah minum. Boleh minum kopi lebih dari satu cangkir jika memang sudah terbiasa ngopi.

Kafein juga bisa ditemukan dalam teh maupun minuman energi. Khusus minuman energi memang cukup ampuh untuk membuat mata siaga, tapi tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering.

Baca juga: Keselamatan Di Jalan Raya Ditentukan 5 Langkah Ini

#3: Beristirahat Sejenak

Cukup 15 menit badan sudah segar kembali

Kalau terserang kantuk di jalan tidak ada salahnya menepi sejenak dan beristirahat. Cukup 15 menit sampai 20 menit, maka energi yang diperlukan akan bisa pulih. Jika memang memungkinkan, bisa sambil membuka kaca agar udara segar bisa masuk.

Jika memang sudah mengantuk, jangan memaksakan untuk tetap menyetir. Karena risikonya amat besar, meski cuma sekian detik terlelap. Karena itu segeralah ke rest area terdekat.

#4: Melakukan Peregangan

Lakukan peregangan otot di sela-sela berkendara

Jalanan yang lengang biasanya akan membuat pengemudi cepat ngantuk. Apalagi di tengah cuaca yang panas, seperti siang hari.

Jika kondisinya seperti itu, maka lakukan peregangan otot. Lakukan senam kecil, kemudian berjalan-jalanlah kira-kira selama 10 menit. Dengan aktif bergerak, maka akan membantu untuk menjaga kesadaran.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Hindari Minum Obat Atau Alkohol

Jika harus minum obat sebaiknya jangan menyetir

Mengonsumsi obat-obatan dan alkohol sebelum menyetir akan mempengaruhi kondisi tubuh. Apalagi jika obat tersebut memang ditambahi efek agar mengantuk, seperti obat antimabuk, obat flu, atau obat masuk angin.  

Kalau Otofriends memang harus minum obat-obatan tertentu, maka sebaiknya jangan mengemudi sama sekali.

#6: Beristirahat Setiap Dua Jam

Manfaatkan rest area untuk beristirahat

Wajar jika dalam perjalanan yang panjang, pengemudi merasa ngantuk. Karena itu disarankan pengemudi harus beristirahat setidaknya setiap dua jam.

Meski mungkin mata tidak terlalu ngantuk atau lelah, namun istirahat setiap dua jam ini ternyata amat disarankan. Setidaknya agar tubuh lebih segar dan memperlancar peredaran darah.

#7: Menyetel Musik Atau Hiburan

Mendengar musik bahkan bernyanyi termasuk cara efektif cegah kantuk

Ternyata menyetel musik bukan hanya memberi hiburan, tapi juga bisa untuk menghilangkan kantuk. Karena dengan musik, apalagi jika Otofriends ikut bernyanyi, maka otak akan terangsang aktif.

Sebuah studi dalam jurnal Experimental Psychology (2013) menyebutkan musik bisa meningkatkan kewaspadaan mental dan membantu tetap fokus di jalan.

#8: Mengajak Teman Mengobrol

Minta saudara atau teman untuk mengajak pengemudi mengobrol

Sebaiknya jangan mengemudi sendirian saat kurang tidur atau sedang kelelahan. Coba ajak salah seorang penumpang duduk di samping pengemudi dan untuk mengajak ngobrol.

Memiliki teman di perjalanan ini bukan hanya akan membuat Otofriends selalu siaga. Tapi juga bisa membantu mengingatkan kalau pengemudi sudah mulai kurang kewaspadaannya.

#9: Meneteskan Obat Tetes Mata

Mata yang kering dapat membuat kantuk datang

Mata yang kering dan juga lelah juga mengakibatkan rasa kantuk. Solusinya bisa menggunakan obat tetes mata atau air mata buatan.

Tanda-tanda mata mulai kering adalah jika mata mulai sering berkedip. Namun sebelum menggunakan obat-obat tetes semacam ini, sebaiknya pastikan cara penggunaannya atau sesuai dengan resep dokter.

#10: Mengunyah Permen Karet

Makan permen karet bisa merangsang pergerakan otot wajah

Efek permen karet yang dikunyah terus menerus akan membuat pergerakan otot lebih terangsang pada bagian wajah. Aliran darah pun akan mengalir ke seluruh tubuh dengan lebih lancar.

Selain itu permen karet juga dipercaya mampu menurunkan kadar hormon stress sehingga Anda jauh lebih tenang ketika mengemudi.

Baca juga: 5 Kesalahan Berkendara Yang Sering Dilakukan Banyak Orang

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana memastikan sebuah mobil bekas cukup sehat untuk dibawa pergi jauh ke luar kota?

Sebuah mobil bekas, apalagi yang sudah berusia lebih dari 5 tahun, tentu memiliki berbagai kondisi yang patut diwaspadai sebelum dibawa pergi jauh ke luar kota. Masalahnya, bukan cuma soal kenyamanan, tapi juga keselamatan saat berkendara di jalan.

Agar Otofriends yakin dengan kondisi sebuah mobil bekas, maka jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan menggunakan jasa inspeksi, maka Otofriends akan mendapat gambaran tentang kondisi sebuah mobil secara keseluruhan. Hasil penilaian ini akan bermanfaat saat hendak memutuskan dan menentukan harga yang pantas dari sebuah mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Fungsi Utama Gardan Dan Juga Cara Merawatnya

Januari 15, 2024
Emang sih mobil keluaran baru itu kebanyakan sudah menggunakan teknologi penggerak roda depan. Tapi gak sedikit dari pecinta otomotif yang masih pengen beli mobil dengan penggerak roda belakang dengan dukungan gardan sebagai pemicunya. Semua itu tidak salah dan balik lagi pada pilihan masing-masih kamu otofriends. Biar kamu makin ngerti kita bahas secara dalam tentang fungsi
Baca Lebih Lanjut

Terupdate Harga Mobil Calya Bekas 2024

Januari 14, 2024
Harga mobil Calya bekas semakin hari menarik untuk disimak. Salah satu alasannya karena mobil ini merupakan saudara kembar dari Daihatsu Sigra yang populasinya sangat banyak. Tentu pilihannya jadi semakin beragam, harga juga kompetitif. Faktor menarik lainnya, keduanya juga masuk dalam program mobil LCGC (Low Cost Green Car). Karena itu mobil ini dapat menjadi salah satu
Baca Lebih Lanjut

Selain Ban Kempes, Ini Penyebab Setir Mobil Berat

Januari 13, 2024
Penyebab setir mobil berat sebenarnya bisa bermacam-macam. Namun salah satu yang paling umum dan mudah dideteksi adalah kondisi ban mobil yang kempes. Saat melewati jalanan yang agak rusak, setir yang berat bisa langsung terasa. Tidak ada pilihan lain, untuk mencegah kondisi ini, Otofriends harus selalu mengecek tekanan angin pada ban secara rutin. Seiring waktu dan
Baca Lebih Lanjut