Selain Sering Kosong, Masih Ada Penyebab Tangki Bensin Berkarat Lainnya

November 23, 2023
By Getan Metodius
Selain Sering Kosong, Masih Ada Penyebab Tangki Bensin Berkarat Lainnya-otospector

Hi Otofriends, seperti yang udah kita tahu nih kalau beli mobil itu perlu kamu siapin biaya perawatannya, misalnya untuk sekedar service, ganti oli atau bahkan perbaikan. Tapi kamu juga perlu tahu Otofriends, kamu juga perlu melakukan treatment yang tepat pada mobil.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Contohnya menggunakan bensin yang berkualitas, tidak perlu berpikir wah bakalan tekor karena mahal, tetapi jika terlalu rendah kualitas BBM, maka akan berdampak sama mesin dan tangki mobil.

Kalau sembarangan atau asal aja dalam ngasih minum mobil dengan bensin nggak bagus, dampaknya bisa karat dan kotor tuh tangki mobil. Nggak mau kan ini terjadi, karena ada beberapa penyebab tangki bensin mobil itu berkarat.

Simak beberapa penyebab tangki mobil berkarat:

#1: Asal pakai bensin.

isi bensin

Sumber: otosia

Penyebab no 1 kualitas bahan bakar yang kamu pakai otofriends. Begini Otofriends, jika kamu punya mobil yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Maka kamu itu perlu tahu penggunaan bensin yang baik seperti apa. Karena nggak mau dong mobil pribadi nantinya nggak sehat.

Mobil tidak sehat ditandai dengan salah satu ciri tangkinya berkarat, ini bisa berdampak pada sistem dan proses pembakaran mobil yang buruk. Pakai bensin yang kurang berkualitas membuat mesin jadi cepat panas dan bahayanya overheat atau mogok di tengah jalan.

Menggunakan bahan bakar yang bagus jadi salah satu kunci., karena bensin yang bekualitas itu sudah melalui banyak tahapan saringan, kotoran jadi sangat minim sekali ditemukan.

Tidak semua bensin itu sama, itulah yang membedakan RON dan juga harganya. Pakai bensin yang baik, ya memang tidak murah-murah banget, ciri-cirinya adalah yang non subsidi ya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#2: Tangki mobil sering kosong.

tangki mobil

Sumber: rentcarbravia

Faktor yang menyebabkan tangki bensin bisa karatan dari sering kosongnya tangki. Wah ini gimana nih, bahaya ta? Masa iya tangki sering kosong bisa bikin karat? Tentu Otofriends.

Jadi ketika bensin itu volumenya sedikit, jadi tangki kita diselimuti oleh udara, dan udara inilah yang menguap menjadi air.

Dan uap air itu akan nempel nih di dinding tangki, itu dia sumber masalahnya bakalan menempel dan menjadi atau menyebabkan korosi dan berubah jadi karat. Jadi, jangan membiarkan tangki bensin kosong ya, itu bisa menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Ini Dia Promo Mobil Akhir Tahun 2023

#3: Tangki bensin kotor.

tangki bensin

Sumber: kompas

Nah ini dia tahu dari mana bang min kalau tangki mobil kita itu kotor? Kamu bisa dapetin jawabannya ketika kamu rutin 2 atau 3 tahun sekali kuras tangki.

Dampak dari point 1 ini berpengaruh otofriends, semakin rendah kualitas bensin yang masuk, semakin sedikit penyaring bensin yang digunain, alhasil bensin itu kotor.

Ketika bensin yang masuk itu kotor, bisa bikin tumpukan kotoran di dalam tangki, dan bisa menghasilkan sumbatan pada saluran bensin itu sendiri.

Ketika sudah sering tersumbat dan menyumbat saluran, itu akan menghasilkan proses korosi lagi, dan itu yang membuat tangki bensin mudah berkarat. Maka dari itu, untuk menjaga kondisi tangki bensin, cara mengatasinya perlu dilakukannya pembersihkan tangki.

#4: Ada masalah di kelistrikan mobil.

kelistrikan mobil

Sumber: lifepal

Ketika ada masalah pada sistem kelistrikan mobil, itu juga menjadi salah satu pemicu karat pada tangki. Karena adanya masalah seperti konsleting dan muncul arus pendek, lalu suhu jadi meningkat, dan bisa merusak dinding tangki dan menghasilkan karat.

Baca juga: Bahaya dan Dampak Menggunakan Ban Vulkanisir Untuk Mobil

Pastiin merawat tangki mobil dengan rutin mengurasnya:

Nggak mau dong kalau pakai mobil yang penyakitan, makanya kamu harus rutin melakukan kuras tangki dan juga melakukan pencegahan empat poin di atas. Dengan begitu mobil akan tetap sehat dan umur panjang, bahkan akan mendapat nilai tinggi untuk harga jual kembalinya.

Buat kamu yang mau beli mobil bekas, jangan lupa gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas dari Otospector. Biar kamu tahu mana mobil yang perlu kamu pinang dan mana yang tidak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah 5 Harga Mobil Suzuki Bekas 2023 Pada Kisaran Rp 50 Juta

Oktober 15, 2023
Buat yang mau beli mobil Suzuki, di bursa mobil bekas, harga mobil Suzuki sangat ditentukan oleh popularitas dan kualitas produk tersebut saat dipasarkan. Beberapa jenis mobil harganya cukup stabil. Namun ada pula yang terdepresiasi cukup banyak, meski kualitasnya bersaing bahkan lebih baik dibanding kompetitor. Cari yuk Suzuki lama, harga mulai 50 juta. Sejak kehadirannya di
Baca lebih lanjut

Harga Mobil Fortuner Bekas Dan Baru, Masih Bersaing!

Oktober 15, 2023
Sejak kehadirannya pertama kali pada 2005, harga mobil Fortuner boleh dibilang cukup stabil. Bisa jadi karena sejak kehadirannya pada 2005 lalu, Fortuner masih menjadi salah satu SUV terbaik dan paling gagah. Dengan tampilan yang begitu elegan dan eksklusif, mobil yang satu ini banyak dijadikan opsi mobil tangguh bagi masyarakat Indonesia. Alasan lainnya, Toyota Fortuner menghadirkan
Baca lebih lanjut

5 Mobil Bekas Murah Di Bawah 50 Juta Jenis City Car

Oktober 15, 2023
Pada bidang otomotif, salah satu kata kunci pencarian yang populer di internet adalah tentang harga mobil bekas murah di bawah 50 juta. Fakta ini sekaligus jadi bukti, di segmen tertentu, di samping kebutuhan calon pembeli, faktor harga masih sangat diperhitungkan. Di bursa mobil bekas, segmen yang sesuai dengan kriteria pencarian itu adalah city car. Dengan
Baca lebih lanjut