Selain Sering Kosong, Masih Ada Penyebab Tangki Bensin Berkarat Lainnya

November 23, 2023
By Getan Metodius
Selain Sering Kosong, Masih Ada Penyebab Tangki Bensin Berkarat Lainnya-otospector

Hi Otofriends, seperti yang udah kita tahu nih kalau beli mobil itu perlu kamu siapin biaya perawatannya, misalnya untuk sekedar service, ganti oli atau bahkan perbaikan. Tapi kamu juga perlu tahu Otofriends, kamu juga perlu melakukan treatment yang tepat pada mobil.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Contohnya menggunakan bensin yang berkualitas, tidak perlu berpikir wah bakalan tekor karena mahal, tetapi jika terlalu rendah kualitas BBM, maka akan berdampak sama mesin dan tangki mobil.

Kalau sembarangan atau asal aja dalam ngasih minum mobil dengan bensin nggak bagus, dampaknya bisa karat dan kotor tuh tangki mobil. Nggak mau kan ini terjadi, karena ada beberapa penyebab tangki bensin mobil itu berkarat.

Simak beberapa penyebab tangki mobil berkarat:

#1: Asal pakai bensin.

isi bensin

Sumber: otosia

Penyebab no 1 kualitas bahan bakar yang kamu pakai otofriends. Begini Otofriends, jika kamu punya mobil yang digunakan untuk kegiatan sehari-hari.

Maka kamu itu perlu tahu penggunaan bensin yang baik seperti apa. Karena nggak mau dong mobil pribadi nantinya nggak sehat.

Mobil tidak sehat ditandai dengan salah satu ciri tangkinya berkarat, ini bisa berdampak pada sistem dan proses pembakaran mobil yang buruk. Pakai bensin yang kurang berkualitas membuat mesin jadi cepat panas dan bahayanya overheat atau mogok di tengah jalan.

Menggunakan bahan bakar yang bagus jadi salah satu kunci., karena bensin yang bekualitas itu sudah melalui banyak tahapan saringan, kotoran jadi sangat minim sekali ditemukan.

Tidak semua bensin itu sama, itulah yang membedakan RON dan juga harganya. Pakai bensin yang baik, ya memang tidak murah-murah banget, ciri-cirinya adalah yang non subsidi ya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#2: Tangki mobil sering kosong.

tangki mobil

Sumber: rentcarbravia

Faktor yang menyebabkan tangki bensin bisa karatan dari sering kosongnya tangki. Wah ini gimana nih, bahaya ta? Masa iya tangki sering kosong bisa bikin karat? Tentu Otofriends.

Jadi ketika bensin itu volumenya sedikit, jadi tangki kita diselimuti oleh udara, dan udara inilah yang menguap menjadi air.

Dan uap air itu akan nempel nih di dinding tangki, itu dia sumber masalahnya bakalan menempel dan menjadi atau menyebabkan korosi dan berubah jadi karat. Jadi, jangan membiarkan tangki bensin kosong ya, itu bisa menyebabkan kerusakan.

Baca juga: Ini Dia Promo Mobil Akhir Tahun 2023

#3: Tangki bensin kotor.

tangki bensin

Sumber: kompas

Nah ini dia tahu dari mana bang min kalau tangki mobil kita itu kotor? Kamu bisa dapetin jawabannya ketika kamu rutin 2 atau 3 tahun sekali kuras tangki.

Dampak dari point 1 ini berpengaruh otofriends, semakin rendah kualitas bensin yang masuk, semakin sedikit penyaring bensin yang digunain, alhasil bensin itu kotor.

Ketika bensin yang masuk itu kotor, bisa bikin tumpukan kotoran di dalam tangki, dan bisa menghasilkan sumbatan pada saluran bensin itu sendiri.

Ketika sudah sering tersumbat dan menyumbat saluran, itu akan menghasilkan proses korosi lagi, dan itu yang membuat tangki bensin mudah berkarat. Maka dari itu, untuk menjaga kondisi tangki bensin, cara mengatasinya perlu dilakukannya pembersihkan tangki.

#4: Ada masalah di kelistrikan mobil.

kelistrikan mobil

Sumber: lifepal

Ketika ada masalah pada sistem kelistrikan mobil, itu juga menjadi salah satu pemicu karat pada tangki. Karena adanya masalah seperti konsleting dan muncul arus pendek, lalu suhu jadi meningkat, dan bisa merusak dinding tangki dan menghasilkan karat.

Baca juga: Bahaya dan Dampak Menggunakan Ban Vulkanisir Untuk Mobil

Pastiin merawat tangki mobil dengan rutin mengurasnya:

Nggak mau dong kalau pakai mobil yang penyakitan, makanya kamu harus rutin melakukan kuras tangki dan juga melakukan pencegahan empat poin di atas. Dengan begitu mobil akan tetap sehat dan umur panjang, bahkan akan mendapat nilai tinggi untuk harga jual kembalinya.

Buat kamu yang mau beli mobil bekas, jangan lupa gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas dari Otospector. Biar kamu tahu mana mobil yang perlu kamu pinang dan mana yang tidak.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Gak Ada Getaran Jadi Satu Ciri AC Mobil Bekas Masih Sehat

Juli 11, 2024
Ketika cuaca sedang panas, maka AC mobil adalah penyelamat bagi pengendara dan penumpangnya. Namun, apakah kamu pernah berpikir mengenai kesehatan kompresor AC mobil kamu? Yang harus diketahui kompresor merupakan salah satu komponen yang paling vital di dalam sistem pendingin mobil kamu.  Dengan keberadaan kompresor AC di dalam mobil sangatlah penting untuk AC mobil. Dengan adanya
Baca Lebih Lanjut

Harga Mobil Suzuki Ertiga Bekas Dibawah 100 Juta

Juli 11, 2024
Mobil Low MPV andalan Suzuki yaitu Suzuki Ertiga bekas ternyata harganya sudah ada yang di bawah Rp100 juta. Tentu saja ini kabar gembira, karena selama ini Suzuki Ertiga dikenal sebagai salah satu Low MPV yang mampu bertahan di kelasnya. Beberapa mobil Low MPV seangkatannya malah sudah undur diri dari pasar otomotif nasional.  Pada awal kelahirannya,
Baca Lebih Lanjut

Siapin Segini Buat Beli Mobil Rubicon Bekas

Juli 10, 2024
Mobil Rubicon bekas masih menarik minat para pencinta mobil-mobil SUV, sehingga tidak heran kalau harga bekasnya masih terus menarik untuk dipantau. Maklum saja, dengan segala fitur dan kemampuannya, mobil ini bisa dikategorikan sebagai mobil “sultan”, dan menempati kasta tertinggi di kelasnya. Dengan semakin bervariasinya trim Rubicon yang ada di pasaran Indonesia, harga mobil Rubicon bekas
Baca Lebih Lanjut