Bahaya dan Dampak Menggunakan Ban Vulkanisir Untuk Mobil

November 18, 2023
By Getan Metodius
Bahaya dan Dampak Menggunakan Ban Vulkanisir Untuk Mobil-otospector

Beli mobil nggak cukup setelah mobil sampai garasi aja otofriends, kamu perlu ada maintenance yang lainnya. Seperti service berkala, penggantian oli termasuk komponen lain dalam mesin atau mobil lainnya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Tidak terkecuali juga elemen paling luar mobil yang bersentuhan langsung aspal yaitu ban. Tapi tahu kah kamu otofriends, satu ban mobil itu harganya tidak murah loh, makanya kadang banyak orang yang memilih untuk membeli ban mobil diluar bengkel resmi.

pemakaian ban vulkanisir Hal yang perlu kamu ketahui adalah tidak sedikit dari orang yang membeli atau menggunakan ban vulkanisir. Ada kah bahaya menggunakan ban vulkanisir untuk mobil pribadi jika digunakan untuk sehari-hari? Atau malah tidak direkomendasikan, simak berikut ini yuk.

#1: Pengertian ban vulkanisir.

bahaya ban vulkanisir

Sumber: vulkanisirban

Ban ini adalah ban bekas pakai yang sudah dilakukan proses pembaruan atau pemulihan atau juga diperbaiki yang bertujuan untuk digunakan kembali. Intinya ban ini adalah ban bekas pakai lalu dilapisi kembali.

Dimana vulkanisir termasuk pemasangan dari karet baru ke sisi ban mobil yang sudah mulai tipis atau sudah aus. Permukaan ban jadi terlihat baru jika di vulkanisir.

#2: Ciri-ciri ban vulkanisir.

ban mobil

Sumber: tribunnews

Pada dasarnya ketika ban sudah selesai proses perbaikannya, ban vulkanisir ini punya bentuk serta desain yang mirip banget sama ban baru pada umumnya. Tapi yang membedakan ban vulkanisir adalah pada kekuatannya.

Biasanya yang menjadi penanda awal adalah dari sisi harga jual. Ban vulkanisir ini punya harga yang lebih murah daripada ban baru yang ada dipasaran.

Baca juga: 5 Manfaat Dari Spooring Dan Balancing Terbaru 2023

#3: Mobil niaga dan truk yang bisa menggunakannya.

ban vulkanisir

Sumber: kompas.com

Ban ini sering kita temui digunakan pada mobil niaga atau truk dan juga bus. Kalau mobil besar seperti truk memang ban nya itu bisa di vulkanisir, dan ban mereka dicipatakan untuk itu.

Tapi untuk mobil pribadi kendaraan biasa untuk sehari-hari sangat tidak disarankan otofriends, bisa berbahaya untuk keselamatan nantinya. Berbahaya seperti rentan bocor bahkan sobek karena tapak ban yang sudah tidak baik.

Ban yang diukir kembali dengan teknik ini terlihat baru tapi tidak dengan kualitasnya ya otofriends. Ban menjadi terlihat baru dan harga ban jadi lebih murah.

Jika digunakan ban akan semakin tipis dan rentan bocor bahkan sobek. Selain itu, ban yang bisa di vulkanisir memiliki kode tersendiri yaitu regroovable di sisi dinding ban.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Dampak pakai ban vulkanisir.

dampak menggunakan ban vulkanisir

Sumber: kompas.com

Tentu ketika berbicara ban bekas yang di “perbaharui” itu dampak yang paling terasa adalah cepat rusak kembali otofriends. Karena pada dasarnya mereka sudah tidak cukup baik dalam menopang, biasanya sudah retak-retak sisinya, serta akan cepat gundul kembali.

Bahaya jika digunakan dalam jangka waktu panjang adalah bisa membahayakan. Karena mobil akan jadi tidak enak dikendarai. Serta berbahaya benjol dan paling bahaya bisa pecah seketika karena hal-hal buruk yang diperbaharui tadi.

#5: Fokus pada penggunaan ban baru.

ban mobil baru

Sumber: mobil123

Untuk mobil pribadi yang digunakan sehari-hari tidak disarankan menggunakan ban vulkanisir otofriends. Karena percuma saja, waktu penggunaannya akan tidak panjang seperti ban baru pada umumnya.

Jika terlalu mahal membeli di bengkel resmi, kamu bisa membeli ban di bengkel spesialis ban atau tempat penjualan ban yang benar. Karena akan lebih aman serta biasanya ban-ban mereka masih sangat fresh dan berumur baru (baru diproduksi dalam beberapa bulan).

Baca juga: 5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2023

Pastiin beli mobil bekas yang tepat:

Setelah kamu mengetahui ban-ban vulkanisir ini tidak disarankan dipakai, selanjutnya kamu perlu fokus pada penggunaan ban yang baru saja ya. Meskipun kamu membeli mobil bekas, tetapi ban harus tetap baru, karena ban adalah komponen yang bisa habis karena waktu.

Itulah bedanya ban vulkanisir dengan ban baru, untuk mobil pribadi tidak disarankan menggunakan ban vulkanisir. Sangat rentan sekali menyebabkan kecelakaan, bahaya ban vulkanisir juga bisa berdampak pada kesehatan mobil kedepannya.

Untuk kamu yang ingin membeli mobil bekas, pastikan juga menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Agar mobil yang kamu beli nantinya sudah dijamin minim PR dan juga bebas tabrakan besar serta bergaransi.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Waspada! Ini Ciri Bensin Oplosan!

April 08, 2024
Hayo siapa nih di antara kalian yang masih bingung membedakan bensin oplosan dengan bensin yang asli? Kali ini kita akan membahasnya, agar kamu dan mobil kamu terhindar dari kerusakan akibat dari pemakaian bensin oplosan, serta juga terhindar dari kerusakan yang tidak diinginkan pada mesin. Yang perlu diperhatikan bagi pemilik mobil, pada saat pembakaran internal kualitas
Baca Lebih Lanjut

Mesin Bergetar Sampai ke Kabin, Ini 5 Penyebabnya

April 07, 2024
Mesin bergetar sampai ke kabin bisa menjadi pertanda bahwa satu atau beberapa komponen di dalam mesin sedang bermasalah. Tentu saja akibat  getaran, pengemudi maupun penumpang merasa sangat tidak nyaman, bahkan bisa menyebabkan pusing karena juga ada kebisingan. Getaran memang wajar terjadi di saat putaran mesin atau RPM sedang rendah. Namun biasanya getarannya tidak sampai ke
Baca Lebih Lanjut

Jangan Panik Ini Dia Arti Indikator Airbag Mobil Menyala

April 06, 2024
Hai Otofriends, yang namanya kalau lampu indikator udah nyala nggak normal sih, bisa bikin deg-degan yah. Tapi jangan khawatir, kamu perlu pahami bahwa masih ada beberapa hal penting yang perlu kamu tahu kalau lampu indikator di dashboard mobil kamu menyala tidak normal. Contohnya saja lampu indikator airbag nyala, apa sih artinya? Bahaya atau enggak, yuk
Baca Lebih Lanjut