Perbandingan Accord Vs Camry Mana Lebih Unggul?

Oktober 18, 2023
By Thomas W
Perbandingan Accord Vs Camry Mana Lebih Unggul?-otospector

Bicara tentang sedan premium di Indonesia, Otofriends tidak akan pernah bisa lepas dari keberadaan mobil sedan andalan dua brand terkemuka yakni Toyota Camry dan Honda Accord. Maklum, keduanya memang seolah selalu berusaha membuat citra sebagai yang paling terdepan di pasar Indonesia. Tidak sedikit yang membandingkan Honda Accord vs Toyota Camry.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Tentu saja setiap produk tetap punya keunggulan dan kekurangannya. Nah, jika Otofriends bermaksud memilih salah satunya, sebaiknya ketahui dulu perbandingan antara keduanya Honda Accord dan Toyota Camry.

Pada artikel ini kita akan membandingkan dua varian tertinggi dari masing-masing model, yaitu Toyota Camry 2.5 V dengan Honda Accord 1.5 Turbo Prestige. Mari kita simak komparasi Camry vs Accord:

#1: Dimensi

Honda Accord Vs Toyota Camry

Dari dimensinya, Toyota Camry lebih panjang, lebih lebar, dan lebih tinggi dibanding Honda Accord. Tak heran kalau kabinnya terasa lebih luas.

Lebih tepatnya, dimensi Camry adalah panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.445 mm. Sedangkan Honda Accord memiliki panjang 4.870 mm, lebar 1.860 mm, dan tinggi 1.460 mm.

Hanya saja jarak sumbu roda Camry lebih pendek (2.825 mm) dibandingkan Accord (2.830 mm). Pengaruhnya bisa dirasakan pada kenyamanan penumpang di kursi belakang (rear seat) di mana Accord akan lebih terasa lega.

Baca juga: Ini 5 Mobil Sedan Mewah Nan Murah, Harga LCGC

#2: Mesin

Honda Accord Vs Toyota Camry

Toyota Camry bermesin 4 silinder berkapasitas 2.494 cc yang menghasilkan tenaga maksimal 187 hp dan torsi maksimal 260 Nm. Ada pula varian hybrid dengan mesin bensin 2.5 liter dan motor listrik di mana dihasilkan tenaga habungan 215 hp.  

Semetara Honda Accord punya mesin bensin 4 silinder berkapasitas 1.498 cc dengan turbocharger. Konfigurasi ini menghasilkan tenaga maksimal 190 hp dan torsi maksimal 260 Nm. Hanya saja di Indonesia, Accord tidak punya varian hybrid.

Dengan mesin yang berkapasitas lebih besar, ternyata Camry lebih irit BBM dibanding Accord. Apalagi untuk varian hybrid-nya. Konsumsi BBM Camry varian bensin rata-rata 15,8 km/liter dan untuk varian hybrid rata-rata 23,9 km/liter. Sedangkan Accord rata-rata 14,8 km/liter.

#3: Performa

Honda Accord Vs Toyota Camry

Secara umum dari sisi performa, kedua mobil ini punya akselerasi dan kecepatan yang relatif sama. Mesinnya Accord memang kecil, tapi sudah dilengkapi turbocharger yang mendongkrak tenaga berlipat-lipat.

Dalam hal akselerasi, Camry mampu mencapai 0-100 km/jam dalam 9 detik dan kecepatan maksimal 210 km/jam. Sementara Accord akseleras 0-100 km/jam dalam waktu 8,9 detik dan kecepatan maksimal 200 km/jam.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Fitur-fitur

Honda Accord Vs Toyota Camry

Toyota Camry dilengkapi fitur-fitur seperti head up display (HUD), wireless charger, panoramic view monitor (PVM), blind spot monitor (BSM), rear cross traffic alert (RCTA), pre-collision system (PCS), lane departure alert (LDA),  dan lain-lain.

Sementara Accord memiliki fitur seperti head up display (HUD), wireless charger, multi-angle rearview camera (MARC), lane watch camera (LWC), Honda sensing (HS), collision mitigation braking system (CMBS), lane keeping assist system (LKAS) dan lain-lain.

Khusus untuk fitur sistem audio, Toyota Camry memiliki sistem audio JBL dengan 9 speaker. Beda dengan Accord yang memiliki  sistem audio premium dengan 10 speaker. Semua itu bisa diatur dari head unit layar sentuh 8 inci.

#5: Harga

Honda Accord Vs Toyota Camry

Harus diakui, untuk harga Camry lebih mahal daripada Honda Accord. Apalagi pada varian hybrid-nya. Camry saat ini harganya Rp 799,3 juta (bensin) dan Rp 937,4 juta (hybrid). Sementara Accord harganya Rp 787,3 juta.

Baca juga: 5 Mobil Keluarga Murah Kelas Premium Harga 200 Jutaan

Jadi, bagaimana kesimpulannya?

Honda Accord terlihat punya keunggulan dalam fitur keselamatan, performa, dan harga. Sementara Camry keunggulannya ada pada ruang kabin, konsumsi bahan bakar, dan adanya varian hybrid. Manakah yang menjadi pilihan Otofriends? Semua dikembalikan kepada kebutuhan dan preferensi masing-masing tentunya.

Jika kebetulan Otofriends memilih untuk memilih unit bekas, maka sebagai pegangan dalam memilih, sebaiknya lakukan inspeksi dengan memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan melakukan inspeksi secara cermat dan dilakukan oleh tenaga profesional, maka Otofriends akan dapat mengetahui kondisi mobil bekas pilihan secara menyeluruh. Kita tidak akan bingung lagi saat memutuskan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Jangan Panik Ini Dia Arti Indikator Airbag Mobil Menyala

April 06, 2024
Hai Otofriends, yang namanya kalau lampu indikator udah nyala nggak normal sih, bisa bikin deg-degan yah. Tapi jangan khawatir, kamu perlu pahami bahwa masih ada beberapa hal penting yang perlu kamu tahu kalau lampu indikator di dashboard mobil kamu menyala tidak normal. Contohnya saja lampu indikator airbag nyala, apa sih artinya? Bahaya atau enggak, yuk
Baca Lebih Lanjut

Tips Mudik Pakai Mobil Listrik

April 04, 2024
Mudik pakai pakai mobil listrik memang belum jadi kelaziman. Pasalnya, mobil listrik saat ini masih terhitung eksklusif karena harganya memang masih mahal. Selain itu, masih jarang orang berani berpergian jauh pakai mobil listrik, apalagi untuk mudik. Padahal mudik pakai mobil listrik sebenarnya sama saja dengan mobil konvensional. Asalkan, Otofriends bisa mempersiapkan dan merencanakan segala sesuatunya
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Harga BMW 320i Bekas Di Jakarta

April 03, 2024
Mobil bekas BMW selalu punya tempat tersendiri, bener nggak otofriends? Harga BMW 320i bekas sangat menarik di kalangan para penggemarnya, karena itu akan selalu dipantau up date-nya. Maklum, mobil ini memang dikenal sebagai salah satu varian BMW paling favorit, terutama di kalangan kaum muda. Bahkan mobil ini termasuk dalam golongan entry level bagi para peminat
Baca Lebih Lanjut