Penyebab Radiator Mobil Karatan

Februari 02, 2024
By Thomas W
Penyebab Radiator Mobil Karatan-otospector

Banyak pemilik mobil yang tidak paham bahwa banyak kondisi yang bisa menjadi penyebab radiator mobil karatan. Pada umumnya mereka mengira, penyebab satu-satunya adalah karena kualitas cairan pendingin yang dipakai tidak bagus. Jadi selama pakai cairan yang bagus, mereka sudah merasa aman.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Seiring berjalannya waktu, radiator memang bisa terkena karat atau korosi, baik karena faktor eksternal atau internal. Karat terjadi karena unsur logam radiator bereaksi dengan oksigen dan elemen-elemen lain di dalam cairan radiator.

Nah, biar Otofriends paham, mari kita bedah apa saja kira-kira penyebab radiator mobil karatan, agar bisa dicegah sejak awal:

#1: Menggunakan Coolant yang Tidak Sesuai

Penyebab Radiator Mobil Karatan

Sumber: Coolant.id

Pemakaian cairan radiator atau coolant yang tidak sesuai rekomendasi pabrik adalah salah satu penyebab radiator mobil karatan. Terutama pada kendaraan yang sudah berumur alias di atas 10 tahun.

Coolant yang tidak sesuai rekomendasi bakal merusak lapisan pelindung radiator, sehingga kemungkinan terjadi karat semakin meningkat.

Untuk memilih coolant yang sesuai, Otofriends bisa membacanya di buku petunjuk kendaraan atau menanyakan pada bengkel resmi.

Baca juga: 5 Tanda Mobil Otofriends Perlu Servis Radiator

#2: Terpapar Cuaca Ekstrem

Penyebab Radiator Mobil Karatan

Sumber: Ngulasmerek.com

Lapisan pelindung radiator juga bisa rusak karena paparan cuaca ekstrem. Apalagi pada mobil yang sudah berumur. Paparan yang terjadi selama bertahun-tahun akhirnya menjadi penyebab radiator mobil karatan.

Hujan dan panas matahari dapat menyebabkan lapisan pelindung menipis dan elemen-elemen karat bisa menembus ke logam.

Untuk melindungi radiator dan memperpanjan masa pakainya, mobil sebaiknya dibiasakan parkir di tempat yang teduh dan terlindungi dari cuaca.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Kondisi Air yang Tidak Bersih

Penyebab Radiator Mobil Karatan

Sumber: Metrohm.com

Jika karburator diisi dengan air biasa, maka kualitas air juga harus diperhatikan. Kalau air yang dipakai banyak mengandung mineral atau zat-zat korosif, maka lama kelamaan radiator bisa karatan.

Fakta lainnya, air mineral yang dipanaskan di kisaran suhu 80-90 derajat Celcius akan berkerak dan mengendap. Setelah beberapa waktu, kotoran ini akan menyumbat radiator.

Menurut berbagai sumber, air yang bagus untuk radiator adalah air yang dihasilkan dari proses kondensasi atau pengembunan. Contoh air semacam ini adalah air tetesan AC di rumah.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Radiator Kurang Dirawat Rutin

Penyebab Radiator Mobil Karatan

Seiring pemakaian sehari-hari, radiator akan rentan terhadap beberapa masalah seperti endapan, kotoran, debu, atau kerak. Jika tidak dibersihkan, maka radiator akan tersumbat dan timbul karat.

Perawatan dan pemeliharaan rutin tentu bisa dilakukan di bengkel, saat mobil diservis. Selain dicek kondisinya, setiap 40.000 km – 70.000 km, coolant juga harus diganti.

Otofriends juga bisa ikut merawat radiator dengan memastikannya bebas dari debu dan kotoran dengan cara dibersihkan memakai kuas atau lap.

#5: Usia Pakai Radiator

Penyebab Radiator Mobil Karatan

Sumber: Medcom.id

Seperti halnya komponen lain di dalam mobil, radiator juga punya usia pakai. Karena seiring waktu, material radiator dapat turun kualitasnya sehingga timbul karat.

Usia pakai radiator sangat bervariasi tergantung dari perawatan dan kondisi radiator itu sediri. Namun untuk mobil berusia di atas 10 tahun, sudah harus waspada.

Meski kondisi radiator masih baik, pada mobil tua, biasanya selang-selang pada sistem pendinginannya sudah harus diganti. Akibat usia selang-selang itu biasanya akan getas dan bisa timbul kebocoran.

Baca juga: Ini Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik 2024

Radiator dari mobil berumur lebih dari 10 tahun apakah masih layak pakai?

Jika baru saja dilakukan servis radiator di bengkel yang andal, maka kondisi radiator bisa dipastikan prima. Akan tetapi agar lebih yakin, Otofriends bisa mengeceknya sendiri atau dengan bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur pemeriksaan yang cermat, inspektor akan dapat menemukan masalah pada sistem pendingin khususnya radiator. Pengecekan ini penting untuk memastikan kondisi radiator dalam kondisi prima yang berpengaruh pada performa mesin keseluruhan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Berapa Sih Biaya Perbaikan Power Steering Mobil?

Februari 29, 2024
Hi otofriends, nggak kebayang deh kalau belom ada teknologi si power steering ini. Gimana enggak, kalau power steering belum ada nih, otot-otot tangan pasti bakalan pegel Cuma buat belokin mobil doang. Seperti yang udah kita tau nih, power steering memiliki fungsi yang sangat besar, supaya setir mobil jadi ringan ketika kita memutarnya, entah itu untuk
Baca Lebih Lanjut

5 Mobil Sedan Murah Dibawah 100 Juta Per 2024

Februari 28, 2024
Mobil sedan murah sekilas terdengar aneh, karena biasanya jenis mobil ini identik dengan kemewahan. Padahal kalau Otofriends cek ke bursa mobil bekas, masih banyak sedan yang layak pakai namun harganya sudah jauh di bawah harga psikologis Rp100 jutaan. Satu hal yang cukup menarik tentang mobil sedan murah, tidak sedikit yang kondisinya ternyata masih sangat layak.
Baca Lebih Lanjut

Biaya Perbaikan Pintu Mobil Ini Bisa Buat Catatan Otofriends

Februari 28, 2024
Wajar kalau Otofriends tidak terlalu tahu soal berapa sebenarnya biaya perbaikan pintu mobil. Pintu mobil memang salah satu bagian dari mobil yang jarang rusak. Akan tetapi bukan berarti kita jadi tidak peduli, karena bisa saja informasi semacam ini sewaktu-waktu dibutuhkan. Perbaikan pintu mobil biasanya dilakukan di bengkel-bengkel khusus bodi. Tetapi ada juga bengkel yang khusus
Baca Lebih Lanjut