5 Tanda Mobil Otofriends Perlu Servis Radiator

Januari 12, 2022
By Thomas W
5 Tanda Mobil Otofriends Perlu Servis Radiator-otospector

Meski jarang terjadi, namun pada suatu waktu mobil Otofriends kadang perlu menjalani servis radiator. Terutama pada mobil-mobil yang sudah cukup berumur sehingga komponen di sekitar radiator sudah mengalami keausan.

Sebaiknya masalah pada radiator jangan disepelekan,  karena efeknya akan membuat sistem pendinginan suhu mesin akan terganggu. Akibatnya mobil mogok karena terlalu panas.

Mari kita kenali 5 tanda perlu servis radiator

#1: Sering Overheat

7 Kerusakan Yang Mempengaruhi Biaya Turun Mesin Mobil

Mesin yang mengalami panas berlebihan (overheat) biasanya muncul karena beberapa hal. Yang sering adalah matinya kipas radiator serta air/cairan radiator yang kering.

Fungsi air radiator adalah mengantarkan panas dari mesin ke radiator. Agar fungsinya tetap prima, cairan harus sering dicek dan diganti.

Air radiator yang cepat habis bisa disebabkan adanya kebocoran sistem pendingin, salah satunya radiator. Bocornya radiator bisa disebabkan benturan atau terkena benda keras seperti batu.  

#2: Selang Input Sering Bocor

5 Tanda Mobil Otofriends Perlu Servis Radiator
Ganti Fan Motor Ganti Fan Motor Kipas Radiator

Selang yang biasanya terletak di tangki bagian atas berfungsi mengantarkan air bersuhu tinggi dari mesin ke radiator. Akibat adanya suhu tinggi, potensi kebocoran di dalam selang amat tinggi.

Selama proses pendinginan di radiator tetap lancar, kondisi tadi tidak bakal menimbulkan masalah. Baru bermasalah jika di dalam radiator ada sumbatan.

Aplikasi OTOS

Baca juga: Yuk, Kenali 5 Penyebab Mesin Overheat

#4: Muncul Tetesan Air Di Bagian Bawah Bumper

Isi Coolant

Letak kebocoran bisa diidentifikasi dari tetesan air. Namun bedakan dengan tetesan air dari bawah dashboard akibat air AC. Sementara air karena radiator bocor letaknya di bawah mesin, tepatnya di bawah bumper depan.

Tetesan air di kolong bisa juga terjadi karena bocor water pump akibat korosi di blok mesin. Kebocoran air wiper juga bisa menimbulkan tetesan air. Biasanya terjadi akibat tabung sudah berumur.

#5: Ditemukan Korosi Dan Jejak Kebocoran Di Permukaan Radiator

Inilah Estimasi Biaya Servis Radiator Mobil

Ciri terakhir bisa dilihat di permukaan radiator. Pada mobil keluaran terakhir memang agak sulit karena biasanya ada kondensor AC dan kipas pendingin yang mengalangi. Maka carilah celah di sekitar kipas pendingin untuk mengintipnya.

Dengan bantuan senter, Otofriends bisa memastikan apakah ada korosi di permukaan radiator. Atau mungkin malah rembesan air.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Mesin Cepat Panas Saat AC Mobil Hidup? Ini Penyebab Serta Solusinya!

Bagaimana memastikan radiator dari mobil bekas yang sudah berumur, dalam kondisi yang layak pakai?

Jika baru saja dilakukan servis radiator di bengkel yang andal, maka kondisi radiator bisa dipastikan dalam kondisi prima. Akan tetapi agar lebih yakin, Otofriends bisa mengeceknya sendiri atau dengan bantuan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Dengan prosedur pemeriksaan yang cermat, inspektor akan dapat menemukan masalah pada sistem pendingin khususnya radiator. Pengecekan ini penting untuk memastikan kondisi radiator dalam kondisi prima yang berpengaruh pada performa mesin keseluruhan.

   

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Boleh Radiator Mobil Pakai Air Mineral?

April 17, 2024
Bolehkah Radiator mobil pakai air mineral? Begitu pertanyaan klasik dari para pemilik mobil yang peduli dengan perawatan kendaraan terutama radiator. Maklum, radiator berperan penting dalam proses pendinginan mesin. Jangan sampai mesin jadi overheat cuma gara-gara radiator bermasalah. Tapi masalahnya, masih banyak juga orang yang mencoba mencari alternatif cairan pengisi radiator. Alasannya cuma ingin praktis saja.
Baca Lebih Lanjut

Mobil Apa Saja Yang Tidak Boleh Menggunakan Pertalite?

April 16, 2024
Sudah ada yang tahu belum? Kalau sekarang sedang dirancang aturan pembatasan untuk pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, dan akan segera diberlakukan lho. Jadi, dengan adanya aturan ini akan diberlakukan pelarangan menggunakan bahan bakar jenis pertalite. Sebetulnya wacana ini udah dari lama bang min denger, cuma baru mulai ramai dibahas dan digodog beberapa pekan terakhir
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Perawatan Yang Baik Untuk Mobil Bekas

April 15, 2024
Berikut ini adalah cara perawatan yang baik untuk mobil bekas kamu agar tetap awet.  Oh iya sebelum kamu ingin membeli mobil bekas kamu harus lebih seleksi untuk pembelian nya ya. Satu hal yang wajib kamu pikiran untuk membeli mobil bekas usahakan mobil bekas tersebut sudah di inspeksi agar mobil bekas yang ingin kamu beli sudah
Baca Lebih Lanjut