Klik disini untukJual Mobil Anda

Pahami 5 Fakta Seputar Injector Cleaner

Oktober 15, 2022
By Thomas W
Pahami 5 Fakta Seputar Injector Cleaner-otospector

Meski sudah bertahun-tahun memiliki mobil, namun ternyata masih banyak pemilik mobil yang belum memahami manfaat injector cleaner. Maklum saja, semua itu karena sang pemilik tidak pernah turun langsung dalam merawat kendaraan. Semua diserahkan kepada bengkel.

Tentu saja menyerahkan urusan mesin kepada bengkel tidak salah. Hanya saja sebaiknya pemilik juga mengerti seputar manfaat injector cleaner agar dapat merawat mesin mobilnya lebih baik lagi. Karena pada dasarnya kondisi injector sangat berpengaruh terhadap performa mobil secara keseluruhan.

Nah, apa saja fakta-fakta seputar manfaat injector cleaner yang harus dipahami? Berikut penjelasannya:

#1: Injector Dan Masalahnya  

injector mobil
Injektor mobil

Pada mobil-mobil modern, sistem pengabutan bahan bakar sudah mengandalkan teknologi canggih. Semua harus presisi dan efisien. Dalam sistem injeksi seperti ini, peran injector tentu sangat krusial.

Masalahnya, injector sangat rawan tersumbat kotoran. Asalnya dari bahan bakar itu sendiri di mana saat mesin dimatikan, terdapat sisa-sisa waxy oilfins. Panas kemudian membakar oilfins ini menjadi endapan deposit yang mengeras dan mengendap pada injector.

Masalahnya untuk membongkar injector tidaklah sederhana. Perlu keahlian khusus dan peralatan memadai agar hasilnya baik dan tidak timbul persoalan lain. Karena itu tidak semua bengkel mampu melakukannya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 6 Langkah Penting Perawatan Sistem Injeksi Mobil

#2: Fungsi Dari Injector Cleaner

injector mobil bekerja
Injector saat bekerja

Jika injector bermasalah (kotor), maka akibatnya mesin akan sulit dinyalakan, boros BBM, dan suaranya kasar. Injector yang terganggu akan menyebabkan ECU tidak dapat mengatur frekuensi dan tekanan bahan bakar ke ruang pembakaran.

Fungsi dari injector cleaner adalah membersihkan dan mencegah lubang pin injector tersumbat residu pembakaran. Fungsi lain, menjaga sistem bahan bakar selalu bersih.

Mungkin Otofriends pernah mendengar carbon cleaner? Apa bedanya? Nah, jika injector cleaner berfungsi membersihkan lubang injector, carbon cleaner adalah untuk membersihkan karbon yang menempel di ruang pembakaran mesin.

#3: Cara Pemakaian

mengisi injector cleaner
Mengisi injector cleaner

Cukup dengan menuangkan cairan injector cleaner ke dalam lubang pengisian bahan bakar. Pencampuran dilakukan setiap 5.000-10.000 km, tergantung kualitas BBM dari kendaraan.

Injector cleaner aman untuk bahan bakar, karena terdapat kandungan oktan yang juga terbakar di ruang pembakaran. Hanya saja sebaiknya cairan ini digunakan pada mobil yang cukup aktif dipakai. Jika didiamkan dalam waktu lama, maka pembersihannya tidak akan optimal.

Injector juga bisa dibersihkan dengan cara dibongkar. Hanya saja, alat pembersih injector umumnya cuma dimiliki bengkel-bengkel besar. Soalnya setelah dicopot dan dibersihkan, injector juga akan dihitung kembali kemampuan penyemprotan bahan bakar dan waktu injeksinya.

#4:  Memilih Injector Cleaner

beraneka injector cleaner
Aneka pilihan Injector Cleaner

Tentu saja sebaiknya Otofriends selalu pilih injector cleaner yang berkualitas dan telah direkomendasikan oleh bengkel resmi. Harganya berkisar antara Rp70 ribu sampai Rp150 ribu untuk kualitas yang sudah bagus.

Pemilihan injector perlu diperhatikan mengingat di dalamnya terdapat kandungan zat aceton. Kandungan aceton yang tinggi bisa saja merusak bagian mesin. Karena itulah kita perlu hati-hati dalam memilih, agar tidak terjebak dalam pemakaian injector cleaner yang tidak berkualitas.

#5: Risiko Pemakaian

Mesin mobil
Mesin mobil bisa loyo karena terlalu sering memakai injector cleaner

Meski fungsinya cukup optimal untuk membersihkan injector, namun pemakaian injector cleaner bukan jaminan performa mesin akan langsung prima. Bahkan cairan ini sebenarnya tidak boleh terlalu sering digunakan karena dapat mengakibatkan mesin menjadi loyo dan susah dihidupkan.

Kandungan acetone yang tinggi juga bisa merusak logam dan cat mobil jika tidak sengaja terpapar. Biasanya kandungan ini ada pada injector cleaner yang murahan. Tingginya kadar acetone juga bisa berisiko merusak seal dan sensor yang sensitif seperti sensor MAP.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Pahami Soal Diesel Common Rail, Ini 5 Penjelasannya

Bagaimana cara kita menjaga agar injector mobil tetap bersih tanpa sering memakai injector cleaner?

Otofriends sebenarnya bisa menjaga kebersihan komponen pengabut bahan bakar sistem injeksi tanpa bantuan injector cleaner mobil. Kuncinya hanya pada konsumsi bahan bakar. Gunakan selalu bahan bakar sesuai oktan yang direkomendasikan. Jangan gunakan bensin dengan kadar oktan rendah atau bahkan bensin eceran.

Sedangkan jika Otofriends ingin memastikan performa mesin sebuah mobil bekas yang bisa saja terkendala masalah injector, manfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan dapat mengetahui kondisi sebuah mobil seceara menyeluruh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Toyota Rush Bekas Per Juli 2021, Mulai Rp85 Jutaan

Juni 29, 2021
Sampai dengan 15 tahun sejak kehadirannya pertama kali pada tahun 2006, harga Toyota Rush bekas terbukti masih tetap perkasa. Prestasi ini tak lepas dari pasar di segmen Low SUV yang terus tumbuh dan bersaing ketat. Dari semula hanya berdua bersama saudara kembarnya “Daihatsu Terios”, kini Rush harus berbagi kue dengan 5 merek lain. Meski demikian,
Baca lebih lanjut

5 Tanda Shockbreaker Mobil Bermasalah

Juni 25, 2021
Seringkali orang tidak menyadari, selain menunjang kenyamanan, shockbreaker mobil juga berperan besar dalam keselamatan berkendara. Sebab kondisi shockbreaker pada dasarnya juga berpengaruh pada pengendalian (handling) saat mobil berjalan. Jadi kalau komponen ini bermasalah, risiko kecelakaan juga akan membesar. Istilah shockbreaker sendiri masih terlalu umum. Komponen ini sebenarnya ada dua jenis yakni shock absorber dan strut.
Baca lebih lanjut

Kaca Mobil Buram Saat Hujan? Ini 5 Tips Mengatasinya

Juni 23, 2021
Sering mengalami kaca mobil buram saat hujan? Hati-hati, buramnya kaca depan bukan hanya soal “teknis” yang akan mengganggu pandangan pengemudi, tapi juga mengancam keselamatan berkendara. Sebuah studi di Amerika mengungkap: hujan dan cuaca buruk menaikkan risiko kecelakaan sampai 34 persen. Bahkan saat hujan ringan saja risiko itu bisa mencapai 27 persen. Jadi bayangkan jika dalam
Baca lebih lanjut