Pahami 5 Fakta Seputar Injector Cleaner

Oktober 15, 2022
By Thomas W
Pahami 5 Fakta Seputar Injector Cleaner-otospector

Meski sudah bertahun-tahun memiliki mobil, namun ternyata masih banyak pemilik mobil yang belum memahami manfaat injector cleaner. Maklum saja, semua itu karena sang pemilik tidak pernah turun langsung dalam merawat kendaraan. Semua diserahkan kepada bengkel.

Tentu saja menyerahkan urusan mesin kepada bengkel tidak salah. Hanya saja sebaiknya pemilik juga mengerti seputar manfaat injector cleaner agar dapat merawat mesin mobilnya lebih baik lagi. Karena pada dasarnya kondisi injector sangat berpengaruh terhadap performa mobil secara keseluruhan.

Nah, apa saja fakta-fakta seputar manfaat injector cleaner yang harus dipahami? Berikut penjelasannya:

#1: Injector Dan Masalahnya  

injector mobil
Injektor mobil

Pada mobil-mobil modern, sistem pengabutan bahan bakar sudah mengandalkan teknologi canggih. Semua harus presisi dan efisien. Dalam sistem injeksi seperti ini, peran injector tentu sangat krusial.

Masalahnya, injector sangat rawan tersumbat kotoran. Asalnya dari bahan bakar itu sendiri di mana saat mesin dimatikan, terdapat sisa-sisa waxy oilfins. Panas kemudian membakar oilfins ini menjadi endapan deposit yang mengeras dan mengendap pada injector.

Masalahnya untuk membongkar injector tidaklah sederhana. Perlu keahlian khusus dan peralatan memadai agar hasilnya baik dan tidak timbul persoalan lain. Karena itu tidak semua bengkel mampu melakukannya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 6 Langkah Penting Perawatan Sistem Injeksi Mobil

#2: Fungsi Dari Injector Cleaner

injector mobil bekerja
Injector saat bekerja

Jika injector bermasalah (kotor), maka akibatnya mesin akan sulit dinyalakan, boros BBM, dan suaranya kasar. Injector yang terganggu akan menyebabkan ECU tidak dapat mengatur frekuensi dan tekanan bahan bakar ke ruang pembakaran.

Fungsi dari injector cleaner adalah membersihkan dan mencegah lubang pin injector tersumbat residu pembakaran. Fungsi lain, menjaga sistem bahan bakar selalu bersih.

Mungkin Otofriends pernah mendengar carbon cleaner? Apa bedanya? Nah, jika injector cleaner berfungsi membersihkan lubang injector, carbon cleaner adalah untuk membersihkan karbon yang menempel di ruang pembakaran mesin.

#3: Cara Pemakaian

mengisi injector cleaner
Mengisi injector cleaner

Cukup dengan menuangkan cairan injector cleaner ke dalam lubang pengisian bahan bakar. Pencampuran dilakukan setiap 5.000-10.000 km, tergantung kualitas BBM dari kendaraan.

Injector cleaner aman untuk bahan bakar, karena terdapat kandungan oktan yang juga terbakar di ruang pembakaran. Hanya saja sebaiknya cairan ini digunakan pada mobil yang cukup aktif dipakai. Jika didiamkan dalam waktu lama, maka pembersihannya tidak akan optimal.

Injector juga bisa dibersihkan dengan cara dibongkar. Hanya saja, alat pembersih injector umumnya cuma dimiliki bengkel-bengkel besar. Soalnya setelah dicopot dan dibersihkan, injector juga akan dihitung kembali kemampuan penyemprotan bahan bakar dan waktu injeksinya.

#4:  Memilih Injector Cleaner

beraneka injector cleaner
Aneka pilihan Injector Cleaner

Tentu saja sebaiknya Otofriends selalu pilih injector cleaner yang berkualitas dan telah direkomendasikan oleh bengkel resmi. Harganya berkisar antara Rp70 ribu sampai Rp150 ribu untuk kualitas yang sudah bagus.

Pemilihan injector perlu diperhatikan mengingat di dalamnya terdapat kandungan zat aceton. Kandungan aceton yang tinggi bisa saja merusak bagian mesin. Karena itulah kita perlu hati-hati dalam memilih, agar tidak terjebak dalam pemakaian injector cleaner yang tidak berkualitas.

#5: Risiko Pemakaian

Mesin mobil
Mesin mobil bisa loyo karena terlalu sering memakai injector cleaner

Meski fungsinya cukup optimal untuk membersihkan injector, namun pemakaian injector cleaner bukan jaminan performa mesin akan langsung prima. Bahkan cairan ini sebenarnya tidak boleh terlalu sering digunakan karena dapat mengakibatkan mesin menjadi loyo dan susah dihidupkan.

Kandungan acetone yang tinggi juga bisa merusak logam dan cat mobil jika tidak sengaja terpapar. Biasanya kandungan ini ada pada injector cleaner yang murahan. Tingginya kadar acetone juga bisa berisiko merusak seal dan sensor yang sensitif seperti sensor MAP.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Pahami Soal Diesel Common Rail, Ini 5 Penjelasannya

Bagaimana cara kita menjaga agar injector mobil tetap bersih tanpa sering memakai injector cleaner?

Otofriends sebenarnya bisa menjaga kebersihan komponen pengabut bahan bakar sistem injeksi tanpa bantuan injector cleaner mobil. Kuncinya hanya pada konsumsi bahan bakar. Gunakan selalu bahan bakar sesuai oktan yang direkomendasikan. Jangan gunakan bensin dengan kadar oktan rendah atau bahkan bensin eceran.

Sedangkan jika Otofriends ingin memastikan performa mesin sebuah mobil bekas yang bisa saja terkendala masalah injector, manfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan dapat mengetahui kondisi sebuah mobil seceara menyeluruh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Mobil Listrik Baru di IIMS 2024

Februari 21, 2024
Kehadiran berbagai mobil listrik baru di IIMS 2024 ternyata sanggup mengundang decak kagum para pengunjung. Bagaimana tidak, jika produk-produk mobil listrik yang sudah atau akan dipasarkan, semakin beragam dan menawarkan berbagai teknologi terbaru. Mobil-mobil listrik ini juga dipastikan bakal menyemarakkan pasar otomotif dalam negeri. Apalagi dengan dukungan pemerintah yang begitu serius dalam upaya mengurangi emisi
Baca Lebih Lanjut

Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

Februari 21, 2024
Overhaul atau biasa orang bilang turun mesin kadang dapat mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui bahwasanya faktor turun mesin banyak otofriends, bisa di sebabkan dalam jangka waktu yang sangat lama atau juga mesin mobil yang sudah ada banyak kendala, tapi dibiarkan begitu saja. Mobil yang akan turun mesin, tentu mempunyai ciri yang bisa
Baca Lebih Lanjut

Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Februari 20, 2024
Adalah sebuah kebiasaan baik kalau Otofriends selalu cek kamera CCTV lalu-lintas sebelum berpergian. Itu artinya, kita selalu mempersiapkan diri dan merencanakan rute yang akan dilalui. Kondisi yang tidak diinginkan, bisa diantisipasi sejak dini. Pantauan kamera CCTV lalu-lintas bisa kita lihat lewat internet untuk sejumlah ruas jalan di kota-kota besar dan jalan tol. Sayangnya pantauan CCTV
Baca Lebih Lanjut