Pahami 5 Fakta Seputar Injector Cleaner

Oktober 15, 2022
By Thomas W
Pahami 5 Fakta Seputar Injector Cleaner-otospector

Meski sudah bertahun-tahun memiliki mobil, namun ternyata masih banyak pemilik mobil yang belum memahami manfaat injector cleaner. Maklum saja, semua itu karena sang pemilik tidak pernah turun langsung dalam merawat kendaraan. Semua diserahkan kepada bengkel.

Tentu saja menyerahkan urusan mesin kepada bengkel tidak salah. Hanya saja sebaiknya pemilik juga mengerti seputar manfaat injector cleaner agar dapat merawat mesin mobilnya lebih baik lagi. Karena pada dasarnya kondisi injector sangat berpengaruh terhadap performa mobil secara keseluruhan.

Nah, apa saja fakta-fakta seputar manfaat injector cleaner yang harus dipahami? Berikut penjelasannya:

#1: Injector Dan Masalahnya  

injector mobil
Injektor mobil

Pada mobil-mobil modern, sistem pengabutan bahan bakar sudah mengandalkan teknologi canggih. Semua harus presisi dan efisien. Dalam sistem injeksi seperti ini, peran injector tentu sangat krusial.

Masalahnya, injector sangat rawan tersumbat kotoran. Asalnya dari bahan bakar itu sendiri di mana saat mesin dimatikan, terdapat sisa-sisa waxy oilfins. Panas kemudian membakar oilfins ini menjadi endapan deposit yang mengeras dan mengendap pada injector.

Masalahnya untuk membongkar injector tidaklah sederhana. Perlu keahlian khusus dan peralatan memadai agar hasilnya baik dan tidak timbul persoalan lain. Karena itu tidak semua bengkel mampu melakukannya.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 6 Langkah Penting Perawatan Sistem Injeksi Mobil

#2: Fungsi Dari Injector Cleaner

injector mobil bekerja
Injector saat bekerja

Jika injector bermasalah (kotor), maka akibatnya mesin akan sulit dinyalakan, boros BBM, dan suaranya kasar. Injector yang terganggu akan menyebabkan ECU tidak dapat mengatur frekuensi dan tekanan bahan bakar ke ruang pembakaran.

Fungsi dari injector cleaner adalah membersihkan dan mencegah lubang pin injector tersumbat residu pembakaran. Fungsi lain, menjaga sistem bahan bakar selalu bersih.

Mungkin Otofriends pernah mendengar carbon cleaner? Apa bedanya? Nah, jika injector cleaner berfungsi membersihkan lubang injector, carbon cleaner adalah untuk membersihkan karbon yang menempel di ruang pembakaran mesin.

#3: Cara Pemakaian

mengisi injector cleaner
Mengisi injector cleaner

Cukup dengan menuangkan cairan injector cleaner ke dalam lubang pengisian bahan bakar. Pencampuran dilakukan setiap 5.000-10.000 km, tergantung kualitas BBM dari kendaraan.

Injector cleaner aman untuk bahan bakar, karena terdapat kandungan oktan yang juga terbakar di ruang pembakaran. Hanya saja sebaiknya cairan ini digunakan pada mobil yang cukup aktif dipakai. Jika didiamkan dalam waktu lama, maka pembersihannya tidak akan optimal.

Injector juga bisa dibersihkan dengan cara dibongkar. Hanya saja, alat pembersih injector umumnya cuma dimiliki bengkel-bengkel besar. Soalnya setelah dicopot dan dibersihkan, injector juga akan dihitung kembali kemampuan penyemprotan bahan bakar dan waktu injeksinya.

#4:  Memilih Injector Cleaner

beraneka injector cleaner
Aneka pilihan Injector Cleaner

Tentu saja sebaiknya Otofriends selalu pilih injector cleaner yang berkualitas dan telah direkomendasikan oleh bengkel resmi. Harganya berkisar antara Rp70 ribu sampai Rp150 ribu untuk kualitas yang sudah bagus.

Pemilihan injector perlu diperhatikan mengingat di dalamnya terdapat kandungan zat aceton. Kandungan aceton yang tinggi bisa saja merusak bagian mesin. Karena itulah kita perlu hati-hati dalam memilih, agar tidak terjebak dalam pemakaian injector cleaner yang tidak berkualitas.

#5: Risiko Pemakaian

Mesin mobil
Mesin mobil bisa loyo karena terlalu sering memakai injector cleaner

Meski fungsinya cukup optimal untuk membersihkan injector, namun pemakaian injector cleaner bukan jaminan performa mesin akan langsung prima. Bahkan cairan ini sebenarnya tidak boleh terlalu sering digunakan karena dapat mengakibatkan mesin menjadi loyo dan susah dihidupkan.

Kandungan acetone yang tinggi juga bisa merusak logam dan cat mobil jika tidak sengaja terpapar. Biasanya kandungan ini ada pada injector cleaner yang murahan. Tingginya kadar acetone juga bisa berisiko merusak seal dan sensor yang sensitif seperti sensor MAP.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Pahami Soal Diesel Common Rail, Ini 5 Penjelasannya

Bagaimana cara kita menjaga agar injector mobil tetap bersih tanpa sering memakai injector cleaner?

Otofriends sebenarnya bisa menjaga kebersihan komponen pengabut bahan bakar sistem injeksi tanpa bantuan injector cleaner mobil. Kuncinya hanya pada konsumsi bahan bakar. Gunakan selalu bahan bakar sesuai oktan yang direkomendasikan. Jangan gunakan bensin dengan kadar oktan rendah atau bahkan bensin eceran.

Sedangkan jika Otofriends ingin memastikan performa mesin sebuah mobil bekas yang bisa saja terkendala masalah injector, manfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang cermat di lebih dari 150 titik, Otofriends akan dapat mengetahui kondisi sebuah mobil seceara menyeluruh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Perbedaan Rem ABS dan Non ABS

Maret 05, 2024
Seringkali orang merasa perlu cari tahu soal perbedaan rem ABS dengan Non ABS. Biasanya ini dilakukan oleh calon pembeli yang sedang mencari-cari mobil dengan membandingkan fitur-fiturnya. Soalnya fitur rem ABS maupun non ABS bisa sama-sama didapati di mobil dengan merek dan model yang sama. Perbedaan rem ABS dan non ABS memang bukan cuma soal kelengkapan
Baca Lebih Lanjut

Catat, Ini Beda Biaya Cat Mobil Di Bengkel Umum Dan Resmi

Maret 05, 2024
Niat pemilik mobil untuk memperbarui tampilan warna mobil, sering terkendala soal ketidaktahuan biaya cat mobil. Berapa biaya pengecatan per panel? Berapa biaya pengecatan full body? Cat apa yang bagus? Dan pertanyaan-pertanyaan semacam itu. Memang biaya cat mobil sangat dipengaruhi banyak faktor. Bisa dari jenis cat, banyaknya bagian yang dicat, full bodi atau hanya per panel,
Baca Lebih Lanjut

5 Merek Ban Mobil Terbaik Di Indonesia 2024

Maret 05, 2024
Dari sejumlah merek ban mobil yang beredar di Indonesia, ada beberapa merek ban yang layak diberi penghargaan sebagai ban mobil terbaik. Kita bahas merk ban mobil terbaik, atau yang penasaran tentang rekomendasi merk ban mobil terbaik di Indonesia. Bukan hanya soal teknologi yang dipakai dalam pengembangan produknya, namun bagaimana ban tersebut juga mampu menjawab kebutuhan
Baca Lebih Lanjut