Nih, Info Lengkap Pemutihan Pajak di Tangerang Tahun 2024

Agustus 02, 2024
By Thomas W
Nih, Info Lengkap Pemutihan Pajak di Tangerang Tahun 2024-otospector

Buat Otofriends yang tinggal di wilayah Tangerang, Banten, apakah sudah tahu ada program Pemutihan Pajak Tangerang 2024?

Tentu saja ini kesempatan bagus buat Otofriends dan para pemilik kendaraan untuk menyelesaikan kewajiban pajak kendaraannya agar lebih ringan. Apalagi, kalau sebelumnya ada tunggakan pajak yang disertai denda. 

Program pemutihan pajak akan menghapus denda atas tunggakan pajak kendaraan. Jadi, selain bayar nanti akan lebih ringan dari semestinya, kewajiban perpajakannya juga lunas. Berkendara di jalan raya juga jadi lebih nyaman. 

Apa saja ketentuan menyangkut program pemutihan pajak Tangerang 2024? 

#1: Penyelenggaraan Program Pemutihan Pajak

Penyelenggaraan program pemutihan pajak

Sumber: Astra Daihatsu

Penyelenggaraan pemutihan pajak kendaraan di wilayah Jawa Barat dan Banten akan berlangsung mulai tanggal 1 April 2024 hingga 23 Desember 2024.

Dengan adanya pemutihan yang berlangsung sembilan bulan, maka Otofriends punya waktu cukup panjang untuk memanfaatkan program ini. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Keuntungan Mengikuti Pemutihan

Keuntungan mengikuti pemutihan

Sumber: Grid.id

Program ini memberi kesempatan bagi Otofriends menyelesaikan kewajiban pajak tanpa denda keterlambatan, serta mendapat potongan harga menarik.

Promo pemotongan yang ditawarkan adalah hingga 10 persen untuk pembayaran PKB tahunan dan lima tahunan khusus bagi kendaraan yang terdaftar di kawasan Polda Banten.

Baca juga: Begini Cara Menambah Air Radiator Mobil Saat Overheat

#3: Prosedur Pemutihan Pajak Kendaraan Tangerang

Prosedur pemutihan pajak

Sumber: Kompas.com

  • Mempersiapkan dokumen 

Dokumen yang diperlukan STNK, BPKB, dan KTP; masing-masing dibawa asli dan fotokopinya

  • Mengunjungi kantor Samsat

Datang ke kantor Samsat terdekat di Tangerang. Pastikan jadwalnya sesuai jam operasional.

  • Melakukan cek fisik 

Pada pembayaran pajak 5 tahunan, diperlukan pengecekan fisik kendaraan. 

  • Mengisi formulir dan penyerahan berkas 

Otofriends perlu mengisi formulir pemutihan pajak, perpanjangan STNK dan menyerahkan berkas ke petugas. 

  • Membayar pajak dan menerima bukti pembayaran 

Setelah diinformasikan jumlah yang harus dibayar, lakukan pembayaran sesuai ketentuan. Setelah itu akan diserahkan bukti pembayaran.

  • Menerima STNK 

Tunggu hingga STNK sudah disahkan dan diserahkan petugas. Cek kembali seandainya ada kesalahan penulisan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4:  Tujuan dan Keuntungan Program Pemutihan Pajak

Sumber: Wartakota

Program pemutihan pajak ini tentu membantu masyarakat dalam melunasi kewajiban pajak kendaraannya tanpa dibebani denda keterlambatan. 

Kesadaran masyarakat untuk memenuhi kewajiban perpajakannya di masa mendatang juga semakin tinggi. Begitu pula dengan kesadaran legalitas kendaraannya.  

Dari sisi pemerintah, pemutihan ini akan meningkatkan penerimaan daerah. Meski ada pemutihan yang artinya tidak ada pengenaan denda, pembayaran pajak tetap dilakukan yang hasilnya untuk pembangunan dan layanan publik. 

Baca juga: Ada di Mall Ciputra Ini Jadwal Samsat Keliling Jakarta Barat Lainnya

Surat-surat mobil bekas apa bisa dicek keabsahannya oleh inspektor?

Saat membeli mobil bekas, sebaiknya jangan menyepelekan urusan legalitas atau surat-surat kendaraannya. Jadi bukan cuma urusan teknis permesinan dan bodi saja ya!

Pengecekan kesesuaian surat-surat mobil bekas bisa dilakukan oleh jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Petugas inspeksi mobil . Pemeriksaan ini sifatnya mengecek kelengkapan surat-surat dan memastikan kesesuaiannya dengan kendaraan yang diinspeksi.

Jika Otofriends ingin mengetahui keabsahan surat-surat, maka silakan saja langsung ke Kantor Samsat. Pengecekan keabsahan surat-surat masuk dalam ranah Samsat atau Kepolisian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Fungsi Carbon Cleaner Untuk Perawatan Mobil

Mei 10, 2024
Fungsi carbon cleaner untuk perawatan mobil jelas sangat penting. Tentu saja alasannya karena ruang bakar mesin akan selalu kotor akibat pemakaian sehari-hari. Meski proses ini alamiah, namun akibatnya ternyata cukup serius, yaitu performa kendaraan akan terus menurun. Di sinilah carbon cleaner diperlukan. Agar pemakaian carbon cleaner efektif dalam membersihkan ruang bakar, kita harus paham jenisnya,
Baca Lebih Lanjut

Grand Livina Bekas Harganya Kian Turun, Ini 5 Penyebabnya

Mei 10, 2024
Saat ini di pasaran memang hanya tersedia Nissan Grand Livina bekas. Tanpa produk baru yang meluncur, keberadaannya seolah terlupakan. Namun jika kita mengingat pada periode pertengahan dekade 2000-an, siapa yang tidak kenal dengan low MPV andalan Nissan ini. Dengan tongkrongan yang manis, ditambah keunggulan dalam hal pengendalian, kapasitas kabin, serta efisiensi konsumsi BBM, menjadikan Grand
Baca Lebih Lanjut

Catat, 4 Rekomendasi Mobil Sunroof 100 Jutaan

Mei 10, 2024
Membeli mobil pasti bikin kita senang, pertama dari sisi mobilitas lebih efektif bisa membawa banyak barang dan juga penumpang, lalu bisa menambah gengsi, apalagi mobil-mobil yang kita punya merupakan mobil keren. Otofriends tahu kalau mobil dengan sunroof merupakan mobil impian untuk sebagian orang, karena elegan dan trendi, mobil ini punya peminat yang juga tidak kalah
Baca Lebih Lanjut