Begini Cara Menambah Air Radiator Mobil Saat Overheat

Agustus 01, 2024
By Thomas W
Begini Cara Menambah Air Radiator Mobil Saat Overheat-otospector

Halo Otofriends, cara menambah air radiator mobil saat mobil sedang normal dengan overheat ternyata berbeda lo! 

Soalnya, overheat sebenarnya adalah situasi yang tidak biasa, karena memang dipicu adanya masalah pada sistem pendinginan yang bikin suhu mesin naik di atas normal. Jadi memang beda sama situasi normal sehari-hari. 

Celakanya, sering kali overheat biasanya menjadi situasi darurat karena terjadi di tempat-tempat tidak terduga. Misalnya, di siang hari di tengah jalan raya yang padat. 

Nah, bagaimana sih, cara menambah air radiator mobil saat overheat? Yuk, kita bahas satu per satu:

#1:  Penyebab Overheat

Penyebab Overheat

Sumber: Lifepal

Ada beberapa penyebab overheat, mulai dari masalah di sistem pendinginan, masalah pada oli mesin, sampai pada kondisi penggunaannya. 

Masalah uyang paling umum terjadi biasanya ada pada sistem pendinginan, terutama kekurangan cairan radiator. 

Overheat karena masalah kurangnya cairan biasanya ditandai uap atau asap yang keluar dari kap mesin, lalu ada semacam aroma manis jika memang memakai coolant, dan mesin akan kehilangan tenaga. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#2: Langkah Awal Penanganan

Langkah awal penanganan

Sumber: Tugu.com

Jika memang overheat dipastikan berasal dari kurangnya cairan, maka perlu dipersiapkan beberapa langkah penanganan yang aman. 

Aman? Ya, Otofriends. Karena dalam kondisi seperti ini, suhu cairan radiator bisa sangat tinggi, melebihi titik didih 100 derajat Celcius. Awas jangan sampai terkena bagian tubuh! 

Sebaiknya kendaraan segera dipinggirkan ke tempat yang aman, lalu matikan mesin. Setelah dipastikan panas mesin agak mereda, boleh buka kap mesin dan diamkan dulu sekitar 15-30 menit. 

Baca juga: Bahayanya Membuka Tutup Radiator Mobil Saat Panas

#3: Membuka Tutup Radiator

Cara membuka tutup radiator

Sumber: Youtube Dr. Valeriy

Setelah suhu kita pastikan sudah turun, Otofriends bisa membuka pelan-pelan tutup radiator. 

Cara buka tutup radiator yaitu dengan kain basah. Kalau memang suhu masih tinggi, saat pertama kali tutup dibuka biasanya masih akan muncul letupan dan cairan. Tenang dan jangan kaget.

Perhatikan, situasi ini sebenarnya cukup berbahaya. Karena itu pastikan suhu sudah turun, kain juga harus menutupi seluruh area tutup radiator, dan pastikan kita serta orang-orang di sekitar dalam jarak yang aman. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Cara Menambah Air Radiator Mobil

Sumber: Auto2000

Setelah radiator dipastikan sudah benar-benar dingin, Otofriends bisa memeriksa ketinggian cairan untuk memperkirakan volume yang bisa ditambahkan. 

Setelah bisa dipastikan kebutuhannya, cairan bisa ditambahkan langsung ke radiator. Isi secukupnya, sampai batas ketinggian maksimum dan tutup lagi penutupnya dengan rapat.  

Dalam situasi darurat, cairan radiator bisa diisi air biasa. Tetapi ingat, kita harus langsung segera ke bengkel untuk mengganti dengan coolant. 

Baca juga: Kenapa Ganti Ban Baru Wajib Ganti Pentil Juga?

Sistem pendinginan mobil bekas, apa perlu dicek Inspektor?

Mobil yang sudah berusia tua atau di atas 10 tahun biasanya punya masalah terhadap sistem pendinginan. Apalagi kalau sistem itu tidak dirawat secara semestinya sehingga beberapa komponen tidak berfungsi optimal.

Kalau sampai masalah sistem pendinginan tidak diperhatikan, suatu waktu bakal bisa timbul kerusakan mendadak, seperti overheat, bahkan sampai turun mesin.

Jika Otofriends butuh inspeksi mobil-mobil bekas, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa inspeksi mobil bekas Otospector.

Inspeksi mobil yang dilakukan secara cermat oleh tenaga profesional akan memberi Otofriends gambaran menyeluruh tentang sebuah mobil bekas. Hasil inspeksi dijamin akurat dan terpercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Yang Perlu di Cek Saat Beli Mobil Matic Bekas

September 17, 2024
Banyak hal yang harus dipertimbangkan ketika hendak ingin membeli mobil bekas. Membeli mobil bekas matic menjadi salah satu pilihan terbaik, tapi sebelum kamu ingin membeli mobil bekas ada beberapa yang harus kamu lakukan ketika kamu ingin membeli mobil bekas matic. Untuk membeli mobil bekas harusnya melakukan beberapa pengecekan karena proses ini harus dilakukan sebelum kamu
Baca Lebih Lanjut

Empat Penyebab Mobil Matic Kehilangan Tenaga

September 16, 2024
Memakai mobil matic sebagai kendaraan sehari-hari memang nyaman. Apalagi kalau dipakai di kawasan perkotaan yang lalu-lintasnya padat. Tanpa harus repot-repot pindah gigi pakai tangan, mobil terus melaju sesuai kondisi jalanan. Ada pendapat, transmisi matic ini tidak setangguh transmisi manual. Ringkih dan gampang rewel. Apalagi kalau tiba-tiba transmisi matic seperti kehilangan tenaga. Gejalanya, ketika mobil akan
Baca Lebih Lanjut

Sejarah Mobil Honda Freed Sampai Disuntik di Indonesia

September 14, 2024
Menarik, sejarah Honda Freed di Indonesia sangat menarik untuk dibahas bukan, mengingat kembali kalau Honda Freed adalah mobil yang merupakan MPV serta harga nya yang sangat terjangkau. Mobil Honda ini merupakan mobil pertama yang sudah resmi dijual di Indonesia.  Kalau menurut sejarahnya, Honda Freed diluncurkan di Tanah Air oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) sejak
Baca Lebih Lanjut