Mobil Hatchback Bekas Di Bawah 100 Juta? Ini Rekomendasinya

September 29, 2019
By Thomas W
Mobil Hatchback Bekas Di Bawah 100 Juta? Ini Rekomendasinya-otospector

Mobil hatchback selama ini dikenal sebagai mobil yang kompak, gesit, namun soal gaya dan performa tidak kalah dengan mobil-mobil pada segmen lainnya. Boleh dibilang, inilah mobil yang cocok dipergunakan untuk kawasan perkotaan.

Dengan karakteristiknya, hatchback umumnya dipergunakan oleh mereka yang sehari-harinya aktif dan tetap trendy. Contohnya, mahasiswa, eksekutif muda, bahkan ibu-ibu yang sehari-hari sibuk mengurus rumah tangga. Hatchback begitu andal dalam mendukung aktivitas harian yang membutuhkan mobilitas tinggi.

Nah, berikut ada 5 rekomendasi hatchback:

#1: Toyota Yaris

Toyota Yaris Bekas

Yaris bekas yang saat ini dijual di bawah Rp100 juta adalah produksi di bawah tahun 2010. Meski usianya sudah sekitar 10 tahunan, namun masih mampu diandalkan karena mobil ini diproduksi oleh Toyota yang dikenal memiliki durabilitas tinggi.

Seperti layaknya produk-produk Toyota lain, spare part Yaris sangat berlimpah di pasaran. Handling mobil ini juga patut diapresiasi. Mungkin jika ada kekurangan, adalah performa mesin pada putaran bawah yang kurang memuaskan.

#2: Suzuki Splash

Suzuki Splash Bekas

Jika Anda memilih Suzuki Splash, maka akan ada peluang untuk mendapat tahun produksi yang lebih muda, yakni di bawah tahun 2014. City car ini dikenal punya kabin dan bagasi yang lapang. Ground clereance-nya juga salah satu yang tertinggi.

Mengendarai Splash di tengah kepadatan lalu lintas perkotaan terasa menyenangkan karena handlingnya cukup baik, tarikan mesinnya juga responsif. Kekurangan mungkin ada pada fiturnya yang masih sederhana, seperti ketiadaan wiper belakang dan pengaturan spion masih manual.

Baca juga: Warna Mobil Bekas Ternyata Berpengaruh Pada Harga Jualnya. Ini Faktanya!

#3: Nissan March

Nissan March Bekas

Sama seperti Splash, dengan budget cepek tiao kita juga bisa mendapatkan mobil di bawah tahun 2014 alias masih berusia 5-6 tahunan. Namun dibandingkan Suzuki maupun Toyota, merek Nissan memang belakangan mulai agak meredup.

Selain desainnya yang cantik, March dikenal memiliki fitur yang lebih komplet. Misalnya tilt steering dan sistem audio yang cukup mumpuni. March atau produk Nissan umumnya juga dikenal memiliki suspensi yang empuk, namun kelebihan ini sekaligus membuatnya limbung saat melahap tikungan.

#4: Daihatsu Sirion

Daihatsu Sirion Bekas

Dengan budget yang sama dengan harga LCGC, kita bisa mendapat mobil berkualitas baik seperti Sirion dengan usia 6 tahunan. Dikatakan baik, terutama karena mobil ini dikenal irit bahan bakar berkat teknologi Electronic Fuel Injection. Meski irit, soal tarikan mesinnya, jangan dipandang sebelah mata.

Kekurangan Sirion, mirip-mirip dengan produk Daihatsu lainnya yang sangat minim fitur. Selain itu perlu diwaspadai kompresor AC yang mudah jebol. Bantingan mobil ini juga dikenal cukup keras.

#5: Kia Picanto

Kia Picanto Bekas

Nasib Picanto di pasaran agak lebih baik dibanding March dan Splash, karena dia dihargai sedikit lebih mahal. Dengan budget yang sudah kita siapkan, kita hanya bisa meminang tahun 2012-2013. Tapi jika nasib baik, bisa lebih muda lagi.

Dibanding kompetitornya, Picanto memang punya banyak keunggulan, terutama soal desain dan fitur-fitur yang disematkan. Soal fitur ini malah kategorinya cukup istimewa. Jikalau ada kekurangan, pastilah soal jaringan servis dan spare part yang relatif terbatas.

Baca juga: Biaya Tambahan Yang Harus Dipersiapkan Saat Membeli Mobil Bekas

Karena berbagai keunggulannya, hatchback dikenal sebagai mobil operasional sehari-hari dari pemiliknya. Artinya dia cukup sibuk sehari-harinya. Karena itu kita harus benar-benar cermat dalam memilih. Agar nantinya kita mendapat yang sesuai dengan harapan.

Sebelum memutuskan untuk “mengangkat” hatchback bekas, adalah keharusan jika kita mengetahui secara persis kondisinya secara teknis. Karena itu sebaiknya kita memakai jasa inspeksi mobil bekas untuk memastikannya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rem Mobil Terlalu Panas? Ini Cara Mengatasinya

Februari 07, 2024
Dalam kondisi tertentu, kadang pengemudi harus menghadapi situasi di mana rem mobil terlalu terpanas. Inilah situasi di mana rem bekerja terlalu keras sehingga menjadi sangat panas. Fungsi rem juga sudah tidak optimal lagi. Kondisi ini jelas berbahaya, karena akibatnya rem bisa sama sekali tidak berfungsi alias rem blong. Mobil akan meluncur tidak terkendali hingga bisa
Baca Lebih Lanjut

Cara Memblokir STNK 2024 Setelah Menjual Mobil

Februari 07, 2024
Jika mobil sudah dijual, Otofriends harus memblokir Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) agar tidak terjadi penyalahgunaan oleh pembeli. Caranya cukup mudah, yang penting kamu tahu setiap wilayah memiliki caranya serta peraturan tersendiri. Selain itu, Otofriends juga dapat terhindar dari pajak progresif yang dikenakan pada pemilik kendaraan bermotor yang memiliki lebih dari satu kendaraan. Ada dua
Baca Lebih Lanjut

Inilah Review Dan Harga Rubicon Terbaru 2024

Februari 06, 2024
Masyarakat mengenal Jeep rubicon sebagai mobil offroad dengan tampilan garang, gagah, dan mewah. Mobil ini memang punya sejumlah keistimewaan, karena bukan hanya terlihat keren di perkotaan, tapi kemampuannya menempuh jalur off road juga patut diacungi jempol. Karena harga yang tidak murah, Jeep Wrangler Rubicon umumnya juga dimiliki oleh kalangan menengah ke atas. Namun kabarnya harga
Baca Lebih Lanjut