Mau Beli Mobil Eropa Bekas? Cek Dulu Fakta-fakta Ini

Januari 13, 2020
By Thomas W
Mau Beli Mobil Eropa Bekas? Cek Dulu Fakta-fakta Ini-otospector

Selera orang memang bisa berbeda-beda, termasuk dalam hal mobil. Karena itu, konsumen mobil bekas di Indonesia tidak melulu mengincar mobil bekas asal Jepang yang mendominasi pasaran. Mobil-mobil eropa yang bekas, juga punya penggemarnya sendiri.

Harus diakui, peminat mobil eropa bekas cukup terbatas. Mereka umumnya adalah konsumen yang sudah mengenal baik produk yang diminati. Namun bagi para pemula, ada baiknya menyadari beberapa hal, sebelum meminang mobil yang berkualitas ini.

Berikut fakta-faktanya:

#1: Desain tidak usang

BMW

Para peminat mobil Eropa pada umumnya beralasan, alasan memilih mobil adalah karena desainnya seperti abadi. Tak lekang dimakan zaman. Meski sudah berumur puluhan tahun, tetap memiliki gengsi tersendiri ketika diajak nongkrong di mal. Bahkan, semakin lawas, katanya makin memiliki kharisma tersendiri.

#2: Kapasitas mesin lebih besar

mesin mobil bekas

Berbeda dengan mobil Jepang, mobil Eropa umumnya memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Pada umumnya di atas 1.500 cc. Besaran kubikasi ini tentu saja memiliki konsekuensi, seperti konsumsi bahan bakar sampai dengan pajak per tahunnya. Namun, jangan lupa, dengan besaran demikian, maka performa mobil juga lebih bertenaga.

Baca juga: Deretan Mobil Eropa Bekas Murah. Semuanya di Bawah Rp100 Juta!

#3: Suku cadang sulit didapat

Penggantian Minyak Rem

Karena pasarnya memang tidak besar, maka pada umumnya suku cadang mobil Eropa cukup langka. Bahkan, kadang harus didatangkan dari luar negeri. Tentu saja konsekuensinya, harga juga tinggi baik untuk ongkos kirim dan pemasangan. Namun di balik pengadaannya yang sulit, suku cadang mobil macam ini juga dikenal punya ketahanan yang tinggi.

#4: Keamanan dan keselamatan relatif baik

Sasis Monokok

Mobil Eropa dikenal punya peranti keselamatan yang cukup baik. Fitur-fitur ini memang jadi barang wajib di negara asalnya, sehingga terbawa saat diekspor. Dari sisi keamanan juga sangat unggul. Soal rangka dan bodi mobil misalnya, lebih tebal, sehingga relatif aman dari benturan.

#5:  Lebih nyaman

Beli Mobil Bekas Akhir Tahun - Keluarga

Bukan rahasia lagi, mobil Eropa begitu diminati karena memberikan kenyamanan yang lebih. Kenyamanan ini dapat dirasakan pada saat perjalanan jauh. Istimewanya lagi, meski mobil sudah cukup berumur, kenyamanan ini tetap dapat dirasakan.

Baca juga: Untung Rugi Membeli Mobil Mewah Bekas

Dibandingkan dengan mobil dari benua lain, mobil bekas asal Eropa memang memiliki nilai tersendiri. Tentu saja bagi para pecinta otomotif, kenyataan ini menjadi bahan pertimbangan. Apalagi kalau mereka sudah mengenal dengan baik produk-produk yang diincarnya.

Karena mobil-mobil Eropa dikenal sangat canggih, maka butuh kejelian dalam menilai kondisinya. Libatkan mekanik yang berpengalaman atau inspektor khusus mobil bekas, agar Anda mendapatkan gambaran yang jelas dan dapat dipercaya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Boleh Radiator Mobil Pakai Air Mineral?

April 17, 2024
Bolehkah Radiator mobil pakai air mineral? Begitu pertanyaan klasik dari para pemilik mobil yang peduli dengan perawatan kendaraan terutama radiator. Maklum, radiator berperan penting dalam proses pendinginan mesin. Jangan sampai mesin jadi overheat cuma gara-gara radiator bermasalah. Tapi masalahnya, masih banyak juga orang yang mencoba mencari alternatif cairan pengisi radiator. Alasannya cuma ingin praktis saja.
Baca Lebih Lanjut

Mobil Apa Saja Yang Tidak Boleh Menggunakan Pertalite?

April 16, 2024
Sudah ada yang tahu belum? Kalau sekarang sedang dirancang aturan pembatasan untuk pengguna Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi, dan akan segera diberlakukan lho. Jadi, dengan adanya aturan ini akan diberlakukan pelarangan menggunakan bahan bakar jenis pertalite. Sebetulnya wacana ini udah dari lama bang min denger, cuma baru mulai ramai dibahas dan digodog beberapa pekan terakhir
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Perawatan Yang Baik Untuk Mobil Bekas

April 15, 2024
Berikut ini adalah cara perawatan yang baik untuk mobil bekas kamu agar tetap awet.  Oh iya sebelum kamu ingin membeli mobil bekas kamu harus lebih seleksi untuk pembelian nya ya. Satu hal yang wajib kamu pikiran untuk membeli mobil bekas usahakan mobil bekas tersebut sudah di inspeksi agar mobil bekas yang ingin kamu beli sudah
Baca Lebih Lanjut