Untung Rugi Membeli Mobil Mewah Bekas

April 26, 2017
By jandika
Untung Rugi Membeli Mobil Mewah Bekas-otospector

Dapat memiliki mobil mewah merupakan impian banyak orang, namun harga mobil di Indonesia yang lebih tinggi dibandingkan dengan negara lain, mengakibatkan sulitnya mewujudkan mimpi ini bagi kebanyakan orang.

Salah satu alternatif menjadikan impian tersebut jadi kenyataan adalah dengan membeli mobil mewah bekas. Harga jual mobil mewah pada umumnya menurun cukup jauh, sehingga Anda bisa memiliki mobil mewah dengan harga yang relatif murah.

Tergiur untuk memilikinya? Sebelum itu, mari pertimbangkan untung dan rugi serta hal apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam membeli mobil mewah bekas.

Keuntungan Membeli Mobil Mewah Bekas

#1: Nilai dan Kualitas

Memiliki mobil mewah dapat memberikan sebuah nilai lebih atau prestise bagi sebagian orang. Selain itu, mobil mewah tentunya memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan segmen di bawahnya.

Tidak hanya penampakan yang cantik, kualitas perakitan dan mesin juga pada umumnya lebih unggul. Pernah berkendara mobil BMW atau sekelasnya? Jika pernah, Anda pasti merasakan bahwa mobil lebih stabil dan tingkat kebisingan di dalam kabin jauh lebih rendah.

#2: Fitur dan Teknologi

Mobil mewah juga dilengkapi dengan fitur yang lebih banyak dan teknologi yang lebih mutakhir. Kelebihan ini mencakup banyak hal, baik pada aspek pengendalian, performa, kenyamanan dan sistem keamanan yang dimiliki.

Sebagai contoh, mobil-mobil mewah pada umumnya sudah dilengkapi audio control pada setir pengemudi, TV pada headrest, memory seat, bluetooth connection untuk gadget Anda dan masih banyak lagi. Fitur-fitur ini tentunya menambah kenyamanan Anda saat berkendara.

Dari aspek keamanan, mobil mewah juga sudah pasti minimal dilengkapi dengan Dual Airbag, sistem rem ABS, dan teknologi lainnya untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada penumpang.

Fitur dan Teknologi Mobil Mewah

#3: Harga Relatif Murah

Mobil mewah baru mengalami penurunan harga yang cukup drastis saat dijual, sehingga Anda dapat memiliki mobil mewah dengan harga yang relatif murah.

Ingin mendapatkan mobil mewah dengan harga yang jauh lebih murah? Anda bisa memilih mobil yang dulunya digunakan sebagai taksi premium. Sebagai contoh, Toyota Vellfire keluaran baru harganya bisa mencapai Rp1 miliar. Namun jika membeli bekas dari operator taksi, harganya bisa turun hingga 1/3-nya.

Namun, Anda harus lebih berhati-hati dan memilih operator taksi yang terpercaya. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan menyeluruh kondisi mobil tersebut sebelum deal untuk membelinya.

Baca juga: 7 Tips Memilih Mobil Bekas Berkualitas

Kerugian Membeli Mobil Mewah Bekas

#1: Pajak Mahal

Anda pasti sudah tahu bukan, semakin mahal mobil semakin mahal pula Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) yang harus Anda bayarkan tiap tahunnya. Nah, walaupun Anda membeli mobil mewah bekas dengan harga yang murah, pajak yang berlaku nilainya tetaplah sama.

Nilai pajak yang perlu dibayarkan setiap tahun sendiri ialah 1,5% (untuk kendaraan pertama) dari harga jual kendaraan. Harga jual kendaraan yang dimaksud ialah, bukan nominal yang Anda bayarkan pada penjual mobil bekas, melainkan yang sudah ditetapkan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) berdasarkan laporan dari Agen Pemegang Merek (APM).

Sebagai contoh, jika Anda membeli mobil mewah bekas taksi Mercedes-Benz senilai Rp240 juta yang harga aslinya mencapai Rp650 juta, pajak yang dibayarkan bukanlah Rp3,6 juta melainkan Rp9,75 juta.

#2: Perbaikan dan Spare Part Mahal

Mobil bekas tentunya lebih rentan mengalami kerusakan, apalagi jika Anda memilih yang umurnya relatif tidak muda. Sayangnya, suku cadang dari merk mobil yang dibilang mewah terkadang cukup sulit ditemukan di Indonesia. Jika ada pun, harganya terbilang cukup mahal.

Hal ini akan dialami mobil-mobil keluaran Amerika atau pun Eropa. Jika terjadi sesuatu, biasanya Anda diminta untuk bersabar karena spare part tersebut harus dipesan langsung dari pabrik di negara asal mobil itu dibuat.

Masalah harga dan ketersediaan spare part di atas, mengakibatkan proses perbaikan yang lama dan biaya yang tidak murah bila dibandingkan mobil yang lebih umum.

Sparet Part Mobil Mewah

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli

#1: Periksa Odometer

Berkaitan dengan biaya perbaikan yang mahal, hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli mobil mewah ialah kilometer mobil tersebut. Semakin tinggi jarak tempuh yang tercatat pada odometer, semakin besar pula potensi rusaknya mesin. Dari sana, Anda bisa menilai secara kilat apakah mobil tersebut layak dibeli atau tidak.

Baca juga: 5 Cara Mengetahui Keaslian Odometer Mobil Incaran Anda

#2: Lakukan Test Drive

Melakukan test drive akan membantu Anda lebih yakin sebelum membeli mobil mewah idaman. Hal ini sangat penting dilakukan ketika akan membeli mobil bekas, khususnya tipe premium. Sebab, saat melakukan hal tersebut, Anda bisa langsung menilai kenyamanan dan kecocokan Anda dengan mobil tersebut.

#3: Gunakan Jasa Pengecekan Independen

Agar keyakinan Anda dalam memilih mobil mewah bekas kian mantap, jangan ragu untuk melibatkan jasa pengecekan kendaraan independen seperti OtoSpector. Pengecekan yang menyeluruh dapat membantu Anda memastikan tidak hanya kondisi mobil, tetapi juga fungsi dari semua fitur yang ada pada mobil mewah incaran Anda.

Semoga ulasan OtoSpector di atas dapat memberikan insight bagi Anda yang ingin membeli mobil mewah bekas dalam waktu dekat.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

Februari 21, 2024
Overhaul atau biasa orang bilang turun mesin kadang dapat mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui bahwasanya faktor turun mesin banyak otofriends, bisa di sebabkan dalam jangka waktu yang sangat lama atau juga mesin mobil yang sudah ada banyak kendala, tapi dibiarkan begitu saja. Mobil yang akan turun mesin, tentu mempunyai ciri yang bisa
Baca Lebih Lanjut

Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Februari 20, 2024
Adalah sebuah kebiasaan baik kalau Otofriends selalu cek kamera CCTV lalu-lintas sebelum berpergian. Itu artinya, kita selalu mempersiapkan diri dan merencanakan rute yang akan dilalui. Kondisi yang tidak diinginkan, bisa diantisipasi sejak dini. Pantauan kamera CCTV lalu-lintas bisa kita lihat lewat internet untuk sejumlah ruas jalan di kota-kota besar dan jalan tol. Sayangnya pantauan CCTV
Baca Lebih Lanjut

Selain Civic Siapa Aja Mobil Sedan Terbaik 2024?

Februari 20, 2024
Kalau ada disini yang suka dengan mobil sedan, bang min pengen tanya kenapa kamu suka mobil sedan sih? Apa karna mobil sedan keren suka ada di film-film Amerika? Semua alasan kamu itu bang min setuju. Kalo bang min paling suka sama mobil sedan itu dari Eropa, yaitu Mercedes-Benz. Tapi kali ini kita bakalan bahas lebih
Baca Lebih Lanjut