5 Tips Untuk Mengetahui Keaslian Odometer Mobil

April 12, 2016
By jandika
5 Tips Untuk Mengetahui Keaslian Odometer Mobil-otospector

Salah satu poin penting ketika membeli mobil bekas adalah mengetahui berapa kilometer mobil tersebut. Akan tetapi apakah Anda yakin bahwa kilometer yang tertera asli ? Tidak jarang penjual mobil bekas yang tidak jujur memutar balik odometer demi menaikkan harga jual.

Tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui keaslian odometer, tetapi Otofriends bisa perhatikan 5 hal di bawah ini untuk meminimalisir resiko membeli mobil bekas yang odometer nya sudah diubah.

#1: Histori/Catatan Servis

Catatan Servis Dealer mobil bekas

Membeli mobil bekas dengan service record lengkap di bengkel resmi adalah cara paling efektif untuk meminimalisir kemungkinan manipulasi odometer. Cukup cek catatan servis terakhir pada buku servis, lalu hubungi bengkel untuk mengkonfirmasi record di bengkel tersebut sesuai dengan yang tertera di buku.

Sayangnya, banyak mobil tidak selalu service di bengkel resmi, bahkan tidak jarang juga yang buku/catatan servis sudah tidak ada. Jika buku servis tidak dapat dicek, maka Anda harus memeriksa keaslian kilometer dari kondisi fisik mobil.

#2: Kondisi Fisik Mobil

Mobil Mewah Bekas Header

Jarak tempuh mobil dapat kita ukur dari kondisi fisik nya. Mobil yang sudah menempuh jarak jauh, akan menunjukkan tanda pemakaian yang sulit untuk disembunyikan, terutama pada interior, mesin dan kaki-kaki.

Perhatikan apakah kondisi mobil menunjukkan tanda-tanda mobil sudah menempuh jarak jauh, seperti:

  • Interior: setir kusam atau aus, jok kulit kusam/pecah-pecah, pedal aus
  • Mesin: ruang mesin berkerak, suara mesin kasar
  • Kaki-kaki: komponen kaki seperti bushing, boot, link stabilizer sudah aus/pecah

Jika Anda menemukan salah satu tanda di atas, tetapi kilometer masih rendah, Anda perlu lebih berhati-hati.

Baca Juga: 4 Kelebihan Menggunakan Jasa Inspeksi Mobil Bekas

#3: Tahun Pembuatan Mobil

Surat-surat Kendaraan mobil bekas
BPKB, STNK, dan Lembar Pajak

Perhatikan tahun pembuatan mobil. Apakah kilometer sesuai dengan usia mobil ? Untuk mobil niaga, rata-rata pemakaian mencapai kurang lebih 20.000 Km per tahun. Untuk mobil mewah yang dipakai hanya pada akhir pekan, perkiraan pemakaian sekitar 10.000 Km per tahun.

Jika kilometer mobil jauh lebih rendah dibandingkan dengan usia nya, jangan sungkan untuk bertanya lebih lanjut kepada pemilik kendaraan. Pastikan bagaimana pola pemakaian mobil tersebut, apakah pemilik merupakan pemilik pertama atau bukan.

#4: Ban Mobil

Cek Ban Mobil bekas Setelah Mudik

Pada umumnya ban mobil perlu diganti setelah kilometer mobil mencapai 30 – 35.000 Km. Untuk itu Anda perlu perhatikan apakah semua ban mobil masih orisinil jika kilometer mobil masih di bawah angka tersebut.

Hal ini dapat Anda lakukan dengan mencocokan tahun pembuatan mobil dengan tahun ban. Jika ban mobil sudah tidak orisinil padahal kilometer masi rendah, Anda perlu menyelidiki lebih lanjut sebab ban tersebut diganti.

Garansi mobil bekas

Baca Juga: Tips dan Trik Memilih Mobil Bekas Berkualitas

#5: Bekas Congkelan (odometer analog)

Odometer Analog dari mobil bekas

Tip ini hanya berlaku untuk mobil yang odometer nya masih manual/analog. Untuk memutar odometer analog, orang yang melakukan nya harus membuka/mencongkel dashboard mobil.

Perhatikan apakah ada bekas congkelan pada dashboard, jika iya, ini mungkin indikasi bahwa odometer sudah diputar.

Fokus Pada Kondisi Bukan Kilometer

Tips terakhir dari OtoSpector, adalah untuk lebih memperhatikan kondisi ketimbang kilometer mobil bekas incaran. Mobil yang kilometer nya tinggi tapi terawat akan lebih awet dibandingkan dengan mobil yang kilometer nya rendah tetapi tidak dirawat dengan baik.

Ingin memastikan kondisi mobil second incaran Anda? OtoSpector menyediakan jasa inspeksi independen dengan mekanik yang profesional dan berpengalaman. Inspektor kami siap datang ke lokasi untuk membantu memeriksa mobil pilihan Anda kapan pun dan dimana pun.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Gambaran Mobil Terlaris 2024

Januari 30, 2024
Daftar mobil terlaris 2023 yang dirilis berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) bisa menjadi indikasi kesuksesan penjualan mobil nasional sepanjang tahun. Data ini memberi gambaran, sejauh mana model-model unggulan dari brand-brand otomotif, mampu bersaing. Terutama di situasi yang semakin ketat setelah kebangkitan industri otomotif pasca-Pandemi Covid 19. Daftar mobil terlaris 2023 kali ini
Baca Lebih Lanjut

Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Karimun 2024

Januari 30, 2024
Suzuki Karimun, apa yang langsung muncul di benak Otofriends kalau dengar mobil ini? Mungkin yang akan muncul adalah mobil kecil kencang, mobil irit dengan konsumsi BBM efisien dan lain sebagainya. Ada yang suka banget sama mobil ini, entah karena modelnya yang unik, dan juga ada yang membelinya karena sudah mulai langka, terutama pada generasi awal.
Baca Lebih Lanjut

Ini Ciri Kopling Mobil Mulai Habis

Januari 30, 2024
Salah satu komponen yang juga nggak boleh luput dari perhatian adalah kampas kopling mobil. Namun pemilik mobil juga harus mengetahui apa aja ciri – ciri jika kampas kopling sudah mau habis. Berikut inii ada penjelasan tentang ciri – ciri kampas kopling yang habis dan  fungsi dari kampas kopling. Pengertian kampas kopling beserta fungsinya Pengertian dari
Baca Lebih Lanjut