Kalau Diadu Jazz vs Yaris Siapa Yang Terbaik?

Oktober 13, 2023
By Getan Metodius
Kalau Diadu Jazz vs Yaris Siapa Yang Terbaik?-otospector

Hallo Otofriends, mobil hatchback itu emang bikin ngiler, bahkan tadinya banyak anak muda yang beli, kini banyak orang dewasa yang menyukainya. Bahas yuk salah satu topik terhangat komparasi Honda Jazz vs Toyota Yaris disini.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Lekukan dan juga perubahan makin ke sini jadi lebih sporty membuat segmen ini makin seru. Ada dua mobil yang sangat ramai menjadi rival, yaitu Honda Jazz dan Toyota Yaris.

Karena masing-masing dari mereka punya fans yang sangat fanatik. Sehingga bikin komparasi Toyota Yaris vs Honda Jazz makin seru, kedua mobil ini memiliki mesin yang kurang lebih mirip, sama-sama kencang serta cocok buat berakselerasi.

Kita bahas lebih dalam dari sejarah singkat sampai juga pada mesin dan juga harga mobil bekasnya.

#1: Sejarah Singkat Yaris vs Jazz Masuk ke Indonesia.

komparasi jazz vs yaris

Sumber: honda-indonesia

Pada awal kemunculannya, Toyota Yaris membuat pasar Indonesia jadi punya pusat perhatian terhadapnya. Hadir di Indonesia sejak tahun 2006, serta Yaris memiliki banyak perubahan dari gen awal sampai Yaris baru.

Untuk Honda Jazz pertama kali masuk ke pasar otomotif tanah air lebih dulu daripada Yaris, Jazz diperkenalkan tahun 2002. Sama seperti Toyota Yaris, Honda Jazz juga punya banyak sekali perubahan positif dari generasi awal sampai yang terbarunya.

#2: Komparasi Mesin Honda Jazz vs Toyota Yaris.

yaris

Sumber: Otomotif.Binsis

Soal mesin sih untuk kedua brand ini tidak perlu diragukan, mereka dibekali dengan mesin terbaik. Untuk Toyota Yaris dibekali dengan mesin 1.500 cc dengan tipe 2NR-FE teknologi Dual VVT-i. Bisa memberikan semburan tenaga maksimal 110 hp, dan juga torsi puncak 140 Nm.

Lalu Honda Jazz dengan mesin yang sama 1.500 cc bisa menghasilkan tenaga maksimal 120 hp serta torsi 145 Nm. Kita tarik kesimpulan urusan tenaga, memang Honda Jazz sedikit lebih unggul dari Yaris.

Baca juga: Komparasi Brio vs Agya Siapa Hatchback Terbaik Update 2023

#3: Komparasi Dimensi antara Yaris dan Jazz.

bagasi jazz

Sumber: Carousell

Kita awali dengan dimensi Toyota Yaris punya, mobil ini punya detail dimensi Panjang 4.145 mm, Lebar 1.730 mm, Tinggi 1.500 mm dan jarak sumbu roda 2.550 mm.

Serta Jazz tidak mau kalah dengan Panjang 3.955 mm, Lebar 1.694 mm, Tinggi 1.524 mm dan juga jarak sumbu roda 2.530 mm. Dari komparasi ini bisa dilihat adalah Yaris punya dimensi yang lebih besar daripada Honda Jazz.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Komparasi Fitur Antara Jazz dan Yaris.

dashboard yaris

Sumber: Toyota Bandung

Soal fitur sih sebetulnya kedua mobil asal Jepang ini punya fitur yang banyak dan nggak kaleng-kaleng. Fitur Honda Jazz dan Yaris sudah sama-sama baiknya kok Otofriends.

Seperti sudah memiliki fitur keamanan seperti anti lock braking system pada kedua mobil ini. Baik Honda Jazz atau Yaris, sudah dibekali fitur keselamatan seperti EBD (Electronic Brake Force Distribution) pada sisi ban atau rodanya. Ada juga fitur hill start assist yang sudah dibenamkan pada kedua mobil ini.

Balik lagi sebetulnya pada fitur Jazz dan Yaris ini akan semakin lengkap pada tipe tertingginya masing-masing dan semua itu sesuai selera kamu ya Otofriends.

#5: Masing-masing punya varian sport.

honda jazz

Sumber: muf

Buat yang suka dengan Jazz pasti sudah tahu tipe Jazz apa yang dimaksud, tipe tersebut adalah tipe Jazz RS.

Tipe Jazz RS merupakan tipe atau varian terbaik dari Jazz khusus untuk kamu yang suka dengan aksen sporty. Untuk Yaris ada Toyota Yaris TRD Sportivo buat yang suka dengan mobil beraksen sporty.

Baca juga: 5 Pilihan Mobil Untuk Wanita Harga 100 Jutaan

Harga Jazz dan Yaris bekas:

Soal harga, All New Yaris dari tahun 2014 harganya mulai Rp 140 juta dan sampai tahun 2018 untuk varian TRD harganya berada pada kisaran Rp 210 juta. Serta untuk Honda All New Jazz tahun 2014 harganya Rp 190 juta sampai tahun 2020 varian RS harganya Rp 245 juta.

Pastikan sebelum membeli Jazz atau Yaris bekas menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Biar kamu bisa mendapatkan mobil keren antara Jazz atau Yaris yang sehat dan pastinya awet digunakan.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Komparasi Brio vs Agya Siapa Hatchback Terbaik Update 2024

Januari 16, 2024
Beli mobil untuk digunakan di perkotaan memang paling cocok untuk jenis hatchback. Untuk saat ini yang paling sering ada di pikiran masyarakat urban adalah Brio dan juga Agya. Lantas mana pilihan terbaik kamu Otofriends? Kalau bang min sih mending lihat komparasi singkat ini dulu ya, tapi tetap ini adalah masukan informasi aja untuk kamu, bukan
Baca Lebih Lanjut

Mitos vs Fakta Mengapa AC Dimatikan Saat Tanjakan? Update 2024

Januari 16, 2024
Kita sebagai pengemudi mobil pasti pernah melewati tanjakan, termasuk juga tanjakan curam. Sebagai pengendara, apa yang biasanya kita lakukan nih Otofriends untuk mengatasi tanjakan tersebut, adakah dari Otofriends yang mematikan AC mobil sebelum melibas tanjakan? Kalau ada, kita bahas yuk lantas benarkan salah satu cara yaitu mematikan AC membuat tenaga mesin mobil jadi lebih kuat.
Baca Lebih Lanjut

Simak Ya, Harga Mobil Agya Bekas Per September 2024

Januari 15, 2024
Toyota Agya merupakan salah satu produk low cost green car (LCGC) kerjasama Toyota dan Daihatsu yang sangat diminati di Indonesia. Toyota Agya dapat dikatakan sebagai mobil yang ideal untuk penggunaan pribadi atau keluarga kecil. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2013, Toyota Agya terus mengalami penyempurnaan hingga tahun 2020. Meski begitu mobil ini tetap ada berbagai
Baca Lebih Lanjut