Jangan Panik Ini Dia Arti Indikator Airbag Mobil Menyala

April 06, 2024
By Getan Metodius
Jangan Panik Ini Dia Arti Indikator Airbag Mobil Menyala-otospector

Hai otofriends, yang namanya kalau lampu indikator udah nyala nggak normal sih, bisa bikin deg-degan yah. Tapi jangan khawatir, kamu perlu pahami bahwa masih ada beberapa hal penting yang perlu kamu tahu kalau lampu indikator di dashboard mobil kamu menyala tidak normal.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Contohnya saja lampu indikator airbag nyala, apa sih artinya? Bahaya atau enggak, yuk kita bahas nih lebih detailnya. Fitur airbag merupakan salah satu fitur standar yang ada pada mobil keluaran baru ini.

Perlu kamu ketahui fitur ini akan aktif ketika amit-amit terjadi benturan disisi mobil. Tetapi bisa saja lampu indikator airbag itu menyala, penyebabnya itu beragam otofriends. Simak yuk arti indikator airbag menyala.

#1: Apa sih itu airbag?

airbag mobil

Sumber: Nissan Indonesia

Fitur ini ialah salah satu komponen atau fitur keselamatan di mobil, airbag dirancang memang untuk membantu menjadi pelindung pengendara dan juga penumpang pada kecelakaan.

Fungsi utamanya si airbag ini mengurangi resiko cedera yang serius jika terjadi kecelakaan ya otofriends. Sistem atau fitur ini akan aktif jika ada pemicu pada sensor yang untuk mendeteksi tabrakan pada kecepatan tertentu.

Sensor ini sangat cerdas otofriends, bisa mendeteksi benturan dan mengaktifkan airbag secara otomatis. Seperti benturan dari sisi depan mobil, samping atau juga belakang mobil kamu.

Saat sensor mendeteksi tabrakan, sinyal akan mengaktirkan airbag. Airbag ini terbuat dari kantong yang berbahan dasar kain yang kuat dan dirancang bisa mengembang dengan waktu yang cepat bahkan dalam hitungan milidetik setelah tabrakan.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

#2: Penyebab lampu airbag menyala: Mobil jarang dirawat.

Arti Indikator Airbag Mobil Menyala

Sumber: Honda Solo Baru

Penyebab pertama yang paling sering terjadi adalah malasnya sang pemilik mobil untuk merawat mobilnya. Tidak rutin service atau pengecekan rutin pada mobil, alhasil debu dan kotoran bisa numpuk, lalu koneksi elektrik airbag bisa longgar sampai akhirnya menghambat aliran sistem data airbag dan menyalanya lampu indikator ini.

#3: Penyebab lampu airbag menayala: Pada clock spring.

airbag mobil

Sumber: Kompas

Komponen ini ketika bermasalah tentu akan membuat lampu indikator dari airbag aktif. Clock spring ini adalah komponen yang ada di bagian roda kemudi pada sisi belakang. Komponen ini berfungsi sebagai penghubung driver module di roda kemudi dengan sisi unit pengontrol airbag.

Jika ada masalah pada komponen ini, bisa menjadi pemicu lampu indikator airbag jadi nyala. Biasanya ini terjadi ketika pembongkaran kabel clock spring, lalu ada kabel yang goyang serta tidak terpasang dengan benar.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Biaya Perbaikan Central Lock Mobil

#4: Penyebab lampu airbang menyala: Ada masalah pada sistem keamanan mobil.

indikator mobil

Sumber: Astraotoshop

Selanjutnya yang menjadi penyebab lampu airbang nyala adalah adanya permasalahan pada sistem keamanan dari mobil itu sendiri. Bawalah ke bengkel langganan kamu untuk melakukan pengecekan pada sensor dan juga sistem airbag secara menyeluruh.

Serta juga biasanya terjadi ketika baterai mobil bermasalah, hal ini juga bisa menjadi penyebab lampu indikator airbang jadi nyala.

Rutin cek mobil kamu sekarang:

Perawatan mobil nggak cuma hanya pada mesin aja otofriends, fitur keselamatan perlu kamu cek rutin. Seperti pada fitur airbag, perlu dilakukan pengecekan, ingat cek saat kamu bawa mobil ke bengkel supaya semua sensor dan fitur keselamatan bisa bekerja dengan baik.

Perhatian keras untuk kamu yang baru mau beli mobil bekas nih, jangan lupa pakai layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector ya. Biar nggak salah beli, inspeksi mobil Otospector bakal ngecek semua hal sampai fitur sensor airbag.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cari Mobil Bekas Bergaransi 2024 Kini Bisa Via Smartphone

Februari 23, 2024
Saat ini banyak pembeli mobil bekas yang tidak mau asal membeli mobil, namun juga cari mobil bekas bergaransi. Hal ini wajar, karena mereka ingin mobil yang dibeli tidak bermasalah serta tenang saat memakainya. Kabar baiknya, sekarang untuk mencari mobil-mobil berkualitas dan bergaransi tidaklah sulit. Sebab semua sudah tersedia di aplikasi OTOS – Bursa Mobil Bekas
Baca Lebih Lanjut

Penyebab Mobil Bunyi Ngelitik

Februari 23, 2024
Sering terjadi para pemilik merasa bingung apa penyebab mobil bunyi ngelitik. Istilah ngelitik atau engine knocking adalah kondisi di mana suara mesin terasa kasar terus menerus atau rasanya seperti bergetar. Tentu saja tidak enak didengar apalagi dirasakan. Meski gejalanya terdengar serupa, tapi ternyata ada banyak penyebab mesin jadi ngelitik. Kalau sudah ada gejalanya, jangan dibiarkan.
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berjamur Terbaru 2024

Februari 22, 2024
Waduh kalau mobil itu emang perlu dirawat, gak cuma urusan mesin aja Otofriends. Contohnya kaca mobil, karena kaca mobil berjamur itu bisa mengganggu penglihatan kamu saat berkendara. Ditambah lagi kalau pandangan kurang baik atau kurang jelas sangat berbahaya dan bisa membahayakan diri kamu dan pengguna lainnya. Kadang memang cuaca bikin kesel, pagi dan siang panas,
Baca Lebih Lanjut