Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Februari 20, 2024
By Thomas W
Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas-otospector

Adalah sebuah kebiasaan baik kalau Otofriends selalu cek kamera CCTV lalu-lintas sebelum berpergian. Itu artinya, kita selalu mempersiapkan diri dan merencanakan rute yang akan dilalui. Kondisi yang tidak diinginkan, bisa diantisipasi sejak dini.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Pantauan kamera CCTV lalu-lintas bisa kita lihat lewat internet untuk sejumlah ruas jalan di kota-kota besar dan jalan tol. Sayangnya pantauan CCTV dari instansi pemerintah ini masih kurang optimal, sehingga banyak yang tidak berfungsi dan tidak kunjung ada perbaikan.

Di mana sajakah kita bisa cek kamera CCTV lalu-lintas? Ini dia daftarnya:

#1: ATCS Dishub Kota dan Kabupaten

Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Sumber: Otospector

Dalam rangka menjalankan fungsinya dalam mengatur sarana dan prasana perhubungan, Dinas Perhubungan di beberapa daerah di Indonesia umumnya sudah memiliki Area Traffic Control System (ATCS).

Lewat ATCS, petugas Dishub dapat memantau area-area tertentu termasuk mengaturnya. Misal, mengatur sinyal di persimpangan, memberikan informasi lalu-lintas, dan menyediakan data lalu-lintas.

Sayangnya, fasilitas pemantauan CCTV melalui online di beberapa kota tidak berjalan baik. Kebanyakan kondisinya rusak.

Sejauh pantauan Otospector, saat ini CCTV yang dapat dipantau langsung secara online adalah Kota Bandung, Kota Medan, Kota Yogyakarta, Kota Tasikmalaya, Kota Banjarmasin, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Magelang, Kota Bekasi, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Balikpapan. 

Baca juga: 5 Poin Penting Cara Menyetir Mobil Di Jalan Tol

#2: Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Perhubungan RI

Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Sumber: Otospector

Bagi Otofriends yang akan melintas di jalan tol di seluruh Indonesia, silakan memanfaatkan pantauan langsung CCTV di sejumlah ruas jalan tol.

Pantauan CCTV ini dikelola oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Perhubungan RI yang memang memiliki wewenang sebagai regulator terhadap operasional jalan tol di Indonesia.

Dengan alamat https://bpjt.pu.go.id/cctv/cctv_inframe BPJT memberikan pantauan di 75 ruas tol yang ada di Indonesia. Hanya saja, tidak semua CCTV bekerja dengan baik.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Situs Web Binamarga Kementerian Perhubungan RI

Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Sumber: Otospector

Pantauan arus lalu-lintas di jalan tol juga bisa didapatkan di situs Ditjen Binamarga.

Situs web ini beralamat di https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv_inframe

Situs Binamarga menyediakan pantauan tol di 75 ruas tol, atau sama dengan pantauan BPJT, karena memang menggunakan jalur yang sama.

#4: Situs Web Lewatmana.com

Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Sumber: Otospector

Jika Otofriends ingin memantau situasi lalu-lintas di sejumlah ruas jalan di Jakarta dan sekitarnya, di situs inilah tempatnya.

Situs ini menyediakan tidak kurang dari 18 CCTV di dalam kota, di mana penyebarannya adalah 15 di Jakarta, 1 di wilayah Puncak, dan 2 di wilayah Bandung.

Menariknya, pemantauan CCTV ini bukan dilakukan oleh pemerintah, tetapi oleh perusahaan swasta yang bekerja sama dengan instansi terkait.

Untuk melihat hasil pantauan CCTV, Otofriends tinggal masuk ke situs tersebut (www.lewatmana.com) dan memilih area yang akan dipantau.

Pantauan akan tersaji dalam bentuk gambar dan video secara langsung. Namun untuk video tidak terputar terus menerus atau streaming, melainkan berbentuk tangkapan layar beberapa detik sebelumnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Aplikasi Travoy

Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Sumber: Kompas.com

Pilihan terakhir cek kamera CCTV lalu-lintas adalah melalui aplikasi mobile yang bisa diunduh langsung dari Google Playstore maupun iOS.

Travoy adalah aplikasi khusus untuk pemantauan jalan tol yang tersedia lengkap untuk seluruh Indonesia (Jawa, Sumatra, dan Sulawesi). Layanannya mirip dengan yang pantauan CCTV dari BPJT Kementerian Perhubungan RI.

Selain CCTV, Otofriends juga bisa memanfaatkan informasi lain yang tersedia seperti seperti tarif tol, rest area, perbaikan jalan, cek saldo, daftar SPBU terdekat, derek online, nomor darurat, dll.

Kelemahannya, jika kebetulan banyak orang yang menggunakan aplikasi ini, kecepatan aksesnya jadi melambat.

Baca juga: Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2023

Apakah mobil bekas layak dibawa perjalanan jauh?

Kondisi sebuah mobil bekas tentu saja berbeda dengan mobil baru. Apalagi jika pemilik lama tidak melakukan perawatan dengan baik. Namun bukan berarti mobil bekas tidak layak untuk dibawa perjalanan jauh, ke luar kota.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Ini Dia Mobil Bekas Murah Dibawah 100 Juta Area Jakarta 2024

Februari 10, 2024
Mobil bekas murah dibawah 100 juta masih jadi isu penting bagi para calon pembeli mobil untuk keluarga, di area Jakarta. Faktor harga masih jadi faktor utama, baru kemudian spesifikasi mobil yang bisa memuat lebih banyak orang. Dengan kriteria semacam itu, tentu MPV menjadi pilihan paling masuk akal. Bukan hanya karena segmen ini paling populer, namun
Baca Lebih Lanjut

Jadwal SIM Keliling Depok 2024

Februari 10, 2024
Untuk urusan perpanjangan SIM, ada banyak warga masyarakat yang lebih memilih melakukannya di pelayanan SIM Keliling. Alasannya, karena memang layanan SIM seperti ini umumnya terasa lebih dekat dari rumah dan pelayanannya relatif cepat.   Urusan memperpanjang SIM kita semestinya memang tidak perlu repot. Karena semua itu sebenarnya bisa dilakukan dengan cepat, tidak sampai 15 menit
Baca Lebih Lanjut

Suspensi Mobil Berbunyi, Inilah Penyebabnya

Februari 08, 2024
Suspensi mobil berbunyi memang tidak berbahaya secara langsung, tapi bagi pengemudi kondisi ini akan terasa cukup mengganggu. Biasanya bunyi-bunyian ini berasal dari kondisi buruk pada shock absorber yang aus, bocor, atau rusak. Bunyi-bunyian itu biasanya muncul saat mobil melewati jalan yang tidak rata atau ada rintangan. Di luar dari shock absorber, sebenarnya masih ada lagi
Baca Lebih Lanjut