Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Februari 20, 2024
By Thomas W
Cara Cek Kamera CCTV Lalu-lintas-otospector

Adalah sebuah kebiasaan baik kalau Otofriends selalu cek kamera CCTV lalu-lintas sebelum berpergian. Itu artinya, kita selalu mempersiapkan diri dan merencanakan rute yang akan dilalui. Kondisi yang tidak diinginkan, bisa diantisipasi sejak dini.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Pantauan kamera CCTV lalu-lintas bisa kita lihat lewat internet untuk sejumlah ruas jalan di kota-kota besar dan jalan tol. Sayangnya pantauan CCTV dari instansi pemerintah ini masih kurang optimal, sehingga banyak yang tidak berfungsi dan tidak kunjung ada perbaikan.

Di mana sajakah kita bisa cek kamera CCTV lalu-lintas? Ini dia daftarnya:

#1: ATCS Dishub Kota dan Kabupaten

Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Sumber: Otospector

Dalam rangka menjalankan fungsinya dalam mengatur sarana dan prasana perhubungan, Dinas Perhubungan di beberapa daerah di Indonesia umumnya sudah memiliki Area Traffic Control System (ATCS).

Lewat ATCS, petugas Dishub dapat memantau area-area tertentu termasuk mengaturnya. Misal, mengatur sinyal di persimpangan, memberikan informasi lalu-lintas, dan menyediakan data lalu-lintas.

Sayangnya, fasilitas pemantauan CCTV melalui online di beberapa kota tidak berjalan baik. Kebanyakan kondisinya rusak.

Sejauh pantauan Otospector, saat ini CCTV yang dapat dipantau langsung secara online adalah Kota Bandung, Kota Medan, Kota Yogyakarta, Kota Tasikmalaya, Kota Banjarmasin, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Magelang, Kota Bekasi, Kabupaten Sukoharjo, dan Kota Balikpapan. 

Baca juga: 5 Poin Penting Cara Menyetir Mobil Di Jalan Tol

#2: Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian Perhubungan RI

Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Sumber: Otospector

Bagi Otofriends yang akan melintas di jalan tol di seluruh Indonesia, silakan memanfaatkan pantauan langsung CCTV di sejumlah ruas jalan tol.

Pantauan CCTV ini dikelola oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Perhubungan RI yang memang memiliki wewenang sebagai regulator terhadap operasional jalan tol di Indonesia.

Dengan alamat https://bpjt.pu.go.id/cctv/cctv_inframe BPJT memberikan pantauan di 75 ruas tol yang ada di Indonesia. Hanya saja, tidak semua CCTV bekerja dengan baik.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Situs Web Binamarga Kementerian Perhubungan RI

Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Sumber: Otospector

Pantauan arus lalu-lintas di jalan tol juga bisa didapatkan di situs Ditjen Binamarga.

Situs web ini beralamat di https://binamarga.pu.go.id/index.php/contents/cctv_inframe

Situs Binamarga menyediakan pantauan tol di 75 ruas tol, atau sama dengan pantauan BPJT, karena memang menggunakan jalur yang sama.

#4: Situs Web Lewatmana.com

Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Sumber: Otospector

Jika Otofriends ingin memantau situasi lalu-lintas di sejumlah ruas jalan di Jakarta dan sekitarnya, di situs inilah tempatnya.

Situs ini menyediakan tidak kurang dari 18 CCTV di dalam kota, di mana penyebarannya adalah 15 di Jakarta, 1 di wilayah Puncak, dan 2 di wilayah Bandung.

Menariknya, pemantauan CCTV ini bukan dilakukan oleh pemerintah, tetapi oleh perusahaan swasta yang bekerja sama dengan instansi terkait.

Untuk melihat hasil pantauan CCTV, Otofriends tinggal masuk ke situs tersebut (www.lewatmana.com) dan memilih area yang akan dipantau.

Pantauan akan tersaji dalam bentuk gambar dan video secara langsung. Namun untuk video tidak terputar terus menerus atau streaming, melainkan berbentuk tangkapan layar beberapa detik sebelumnya.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#5: Aplikasi Travoy

Cek Kamera CCTV Lalu-lintas

Sumber: Kompas.com

Pilihan terakhir cek kamera CCTV lalu-lintas adalah melalui aplikasi mobile yang bisa diunduh langsung dari Google Playstore maupun iOS.

Travoy adalah aplikasi khusus untuk pemantauan jalan tol yang tersedia lengkap untuk seluruh Indonesia (Jawa, Sumatra, dan Sulawesi). Layanannya mirip dengan yang pantauan CCTV dari BPJT Kementerian Perhubungan RI.

Selain CCTV, Otofriends juga bisa memanfaatkan informasi lain yang tersedia seperti seperti tarif tol, rest area, perbaikan jalan, cek saldo, daftar SPBU terdekat, derek online, nomor darurat, dll.

Kelemahannya, jika kebetulan banyak orang yang menggunakan aplikasi ini, kecepatan aksesnya jadi melambat.

Baca juga: Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2023

Apakah mobil bekas layak dibawa perjalanan jauh?

Kondisi sebuah mobil bekas tentu saja berbeda dengan mobil baru. Apalagi jika pemilik lama tidak melakukan perawatan dengan baik. Namun bukan berarti mobil bekas tidak layak untuk dibawa perjalanan jauh, ke luar kota.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Agya Bekas Di Bawah 100 Juta? Simak 5 Keunggulannya Update 2024

Januari 24, 2024
Akibat persaingan ketat mobil-mobil pada kelas entry level, harga mobil bekas Toyota Agya terus mengalami penurunan. Bayangkan, Agya produksi tahun 2016 alias usia masih 5 tahunan, harganya di bawah Rp100 jutaan. Mobil tahun muda dengan harga relatif terjangkau, tentu jadi sebuah penawaran yang menarik. Semua Toyota Agya dalam rekomendasi kali ini memang berasal dari generasi
Baca Lebih Lanjut

Belum Mati, Segini Harga Mobilio Bekas Per 2024

Januari 23, 2024
Tidak sedikit orang yang mencari informasi tentang harga Mobilio bekas di berbagai forum jual-beli mobil. Mereka penasaran karena sudah cukup lama tidak ada kabar terbaru soal Mobilio. Sehingga akhirnya tidak sedikit orang yang mengira mobil ini sudah tidak diproduksi lagi alias sudah disuntik mati. Padahal anggapan itu tidak benar. Meski produk barunya sudah sangat jarang
Baca Lebih Lanjut

Jangan Lalai, Cek Poin Ini Biar Wiper Tetap Maksimal

Januari 23, 2024
Wiper adalah salah satu fitur yang harus diperhatikan oleh pemilik mobil, apa lagi pada saat musim hujan seperti sekrang ini peran fitur wiper sangat membantu pengemudi untuk dapat menyapu kaca mobil secara maksimal.  Maka dari itu pastikan sebelum kamu hendak berangkat pastikan kamu cek wiper mobil kamu dulu ya. Karena peran wiper pada mobil sangatlah
Baca Lebih Lanjut