Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2024

Februari 04, 2024
By Thomas W
Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2024-otospector

Seakan sudah menjadi semacam tradisi jika pada saat menjelang Idul Fitri, sebagian besar masyarakat melakukan acara pulang kampung atau istilahnya mudik. Tradisi yang dilakukan massal ini setidaknya berlangsung setahun sekali, di samping ada juga musim liburan besar lain yakni saat akhir tahun.

Selain menggunakan jalur transportasi umum, ritual kembali ke kampung halaman ini juga didominasi kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Tak heran kalau hari-hari menjelang hari raya, volume lalu lintas di jalur mudik terasa padat oleh kendaraan. Kepadatan bahkan terjadi di jalan tol yang semestinya bebas hambatan.

Nah, menjelang Idul Fitri yang akan berlangsung tidak lama lagi, apa saja info paling aktual yang bisa Otofriends ketahui seputar arus mudik dan padatnya volume kendaraaan:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Arus Mudik Diprediksi Meningkat

Tol saat mudik

Pada mudik lebaran pada 2023 diprediksi terjadi peningkatan kepadatan kendaraan dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Faktornya karena tahun lalu masih dalam masa pandemi dan pemberlakuan PPKM, sementara sekarang sudah relatif reda.  

Menurut keterangan pihak PT. Jasa Marga (Persero) Tbk selaku pengelola jalan tol, prediksi volume lalu lintas saat arus mudik melalui 4 Gerbang Tol Utama diperkirakan mencapai sebesar 2,21 juta kendaraan.

Jumlah kendaraan yang melalui gerbang tol gt tersebut naik 2,8 persen bila dibandingkan dengan musim mudik Lebaran pada April 2022  yakni 2,15 juta. Begitu juga naik 8,44 persen terhadap Lebaran 2019 yakni 2,04 juta.

Baca juga: 6 Tips Memastikan Mobil Anda Siap Untuk Mudik

#2: Arus Balik Juga Ada Kenaikan

Gerbang tol

Untuk arus balik, diprediksi terjadi H1 hingga H+10 melalui 4 Gerbang Tol Utama. Besarnya adalah 2,32 juta kendaraan.  Angka itu naik 1,4 persen terhadap Lebaran 2022 sebanyak 2,29 juta kendaraan atau naik 5,4 persen terhadap Lebaran 2019 sebanyak 2,19 juta kendaraan yang menuju arah Jakarta.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Titik-titik Kepadatan Di Jalan Tol

Kepadatan jalan tol
  • Tol Jakarta – Cikampek di KM 47 hingga KM 66, serta KM 70 hingga KM 72.
  • Tol Cikampek – Palimanan (Cipali) di KM 72 – KM 188 dan pada beberapa lokasi Rest Area.
  • Tol Palimanan – Kanci di KM 189 – KM 214.

#4: Keberadaan Rest Area

Rest area jalan tol

Untuk mendukung penyelenggaraan angkutan lebaran 2023, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementrian  PUPR dan Jasa Marga akan mengoperasikan 58 Rest Area pada kedua ruas jalur tol sebagai tempat istirahat dan pelayanan bagi para pemudik. Kondisi ini terjadi di semua wilayah, baik Jawa Barat, Jawa Tengah, mupun Jawa Timur.

Di satu sisi, keberadaan rest area sangat membantu para pemudik dalam memulihkan kondisi setelah perjalanan panjang. Namun di sisi lain, faktanya rest area juga merupakan sumber kepadatan, terutama pada puncak arus mudik.

Mengingat banyaknya potensi kepadatan yang akan terjadi, maka sangat mungkin terjadi rekayasa lalu lintas di sejumlah titik. Karena itulah di lapangan bisa terjadi diskresi kepolisian untuk memperlancar perjalanan para pemudik, seperti yang sering dikemukakan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Baca juga: Pas untuk Mudik, 5 Mobil Ini Layak Anda Jadikan Pilihan

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana memastikan sebuah mobil bekas dapat dipakai untuk perjalanan jauh ke luar kota?

Karena memang sudah sempat dipergunakan oleh pemilik lama, namun maka mobil bekas tentu saja kondisinya tidak sesempurna mobil baru. Namun jangan menjadi masalah asalkan pembeli bisa memastikan komponen mana saja yang harus mendapat perhatian atau bahkan pergantian.

Untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector, sebelum Otofriends memutuskan untuk membeli mobil bekas.

Dari pemeriksaan mendetail, Otofrends akan mendapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Biaya Harga Perbaikan Kaki-Kaki Mobil?

Februari 22, 2024
Seperti yang kita ketahui jika kaki-kaki mobil sudah menjadi peran penting yang berfungsi untuk tetap menopang berat mobil, serta membantu untuk menyerap getaran saat sedang melintas di jalanan. Kaki-kaki ini juga berfungsi untuk mengatur arah mobil atau sebagai penggerak roda mobil. Jadi, kaki – kaki mobil itu ada beberapa komponen contohnya seperti per, ball joint,
Baca Lebih Lanjut

Mobil Listrik Baru di IIMS 2024

Februari 21, 2024
Kehadiran berbagai mobil listrik baru di IIMS 2024 ternyata sanggup mengundang decak kagum para pengunjung. Bagaimana tidak, jika produk-produk mobil listrik yang sudah atau akan dipasarkan, semakin beragam dan menawarkan berbagai teknologi terbaru. Mobil-mobil listrik ini juga dipastikan bakal menyemarakkan pasar otomotif dalam negeri. Apalagi dengan dukungan pemerintah yang begitu serius dalam upaya mengurangi emisi
Baca Lebih Lanjut

Tanda Mobil Kamu Sudah Harus Turun Mesin

Februari 21, 2024
Overhaul atau biasa orang bilang turun mesin kadang dapat mengkhawatirkan bagi pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui bahwasanya faktor turun mesin banyak otofriends, bisa di sebabkan dalam jangka waktu yang sangat lama atau juga mesin mobil yang sudah ada banyak kendala, tapi dibiarkan begitu saja. Mobil yang akan turun mesin, tentu mempunyai ciri yang bisa
Baca Lebih Lanjut