Jangan Kaget! Ini Dia 4 Penyebab Radiator Mobil Mampet

Juni 13, 2024
By Getan Metodius
Jangan Kaget! Ini Dia 4 Penyebab Radiator Mobil Mampet-otospector

Air radiator sangatlah penting bagi mobil ya otofriends. Jika mobil kamu sudah menunjukkan ciri-ciri radiator mampet maka kamu harus segera memperbaikinya, agar tidak mengakibatkan kerusakan mendalam. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Peran yang sangat besar ada pada kipas radiator yang berupa viscous fan, yang boleh dibilang dengan sebutan fan radiator. Panas yang dihasilkan dari mesin akan terbuang dan nanti mesin mobil akan didinginkan. Sehingga radiator akan bekerja untuk saling menjaga mesin mobil agar tidak overheat. 

Jika mobil kamu mengalami overheat atau mesin yang sudah terlalu panas, maka mesin mobil kamu akan mengalami dan menyebabkan mobil mogok atau bahkan bisa menyebabkan mati total.

Berikut ini adalah ciri – ciri yang wajib kamu ketahui, kalau radiator mobil kamu mampet.

#1: Bumper Bagian Depan Mengeluarkan Tetesan Air.

air netes dibawah mobil

Sumber: Kompas

Ciri yang pertama ada di bumper bagian depan, jika kamu menemukan tetesan air di bumper bagian depan ini bisa menjadi ciri kalau radiator mobil kamu bocor atau mampet. Tapi kamu harus pastikan kalau tetesan air itu dari bumper depan bukan tetesan air AC.

Jika benar tetesan air tersebut berasal dari bumper bagian depan, kamu harus segera isi air radiator mobil, kemudian kamu harus segera bawa mobil kamu ke bengkel, supaya permasalahan yang terjadi bisa segera diperbaiki.

#2: Sering Habisnya Air Pendingin.

air radiator cepat habis

Sumber: Otomotifxtra

Jika kamu mengalami air pendingin sudah diisi namun cepat habis? Ini hal yang sangat bahaya. Karena air pendingin itu berfungsi sebagai komponen media yang bisa menghantarkan panas dari mesin sampai menuju ke radiator. 

Jika hal ini terjadi bisa jadi sudah terjadi kebocoran pada radiator mobil, kamu harus segera ke bengkel agar bisa langsung diperbaiki supaya air radiator mobil kamu tidak habis total. 

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Ada Karat Pada Bagian Radiator.

penyebab radiator mobil mampet

Sumber: quora

Karat atau korosi pada bagian permukaan radiator juga bisa menyebabkan radiator mobil menjadi mampet loh. Dengan adanya karat di permukaan radiator bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan di radiator mobil kamu.

Jika kamu melihat permukaan radiator menjadi warna coklat yang berupa karat atau korosi, berarti mesin mobil kamu mengalami kerusakan. Tapi jika kamu menemukan karat namun mesin mobil kamu masih bisa bekerja dengan normal, maka artinya mesin mobil kamu masih bisa menyala saat distarter dan masih bisa berjalan.

Baca juga: Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

#4: Mobil Sering Mengalami Overheat.

suhu mobil terlalu panas

Sumber: Tribun

Jika mobil kamu sering mengalami panas yang berlebihan, atau mobil kamu sering berada dibawah sinar matahari langsung. Maka mobil kamu akan mengalami overheat serta bisa menyebabkan radiator mobil menjadi mampet.

Sehingga dengan adanya air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin ketika sedang panas yang berlebihan. Maka jika mobil kamu tiba-tiba panas dan tak kunjung dingin, maka bisa jadi ini merupakan ciri dari radiator yang rusak atau bermasalah.

Namun, jika mesin mobil kamu tiba-tiba panas serta mengeluarkan asap, maka kemungkinan ada masalah pada radiator mobil kamu. Bisa jadi radiator mobil mampet atau juga air radiator mobil kamu sudah habis dan butuh segera diisi. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Cara Cek Kebocoran Air Radiator Mobil

Jangan sampai radiator mobil rusak.

Kita semua tahu kalau merawat mobil tidak cuma mengganti oli saja, tapi juga menjaga radiatornya. Agar mobil tidak terlalu panas, kita butuh radiator sebagai penyeimbangnya.

Jika radiator sehat, maka mobil jadi lebih awet dan jika kamu ingin upgrade mobil dan ingin menjual mobil yang saat ini, maka nilai jual kembalinya tetap stabil otofriends.

Teruntuk kamu nih yang punya keinginan beli mobil bekas jangan sampai abai dengan pengecekan yang detail. Daripada ribet kamu ngecek sendiri mending gunakan aja layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector nih.

Inspeksi mobil Otospector bakalan membantu kamu memutuskan mana mobil bekas yang patut kamu pinang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Apa Boleh Langsung Pakai Mobil Matic Tanpa Harus Dipanasin Dulu?

Mei 24, 2024
Seperti yang kita ketahui jika mobil ingin dipakai harus dipanaskan terlebih dahulu, hal ini dilakukan agar tetap menjaga kondisi mesin mobil selalu bekerja secara optimal. Dan untuk mobil matic ada cara khusus untuk memanaskannya yang berbeda dengan mobil manual. Setiap jenis mobil jika ingin digunakan harus melakukan pemanasan yang cukup lama. Karena dengan memanaskan mesin
Baca Lebih Lanjut

Jangan Diabaikan Ciri-ciri Rem Mobil Bermasalah

Mei 24, 2024
Jika Otofriends termasuk pengemudi yang aktif dan peduli pada perawatan mobil, maka sebaiknya harus peka pada ciri-ciri rem mobil bermasalah. Pasalnya, fungsi rem mobil sangatlah vital untuk menunjang keselamatan berkendara. Terutama, jika Otofriends sering berpergian jarak jauh dengan kecepatan tinggi. Mengingat pentingnya fungsi rem, tak heran jika sistem ini termasuk piranti yang wajib dicek kondisinya
Baca Lebih Lanjut

Cuma 300rban Inspeksi Mobil Bekas Otospector

Mei 23, 2024
Transaksi mobil bekas kini semakin banyak otofriends, dimana kamu bisa mendapatkan mobil bagus dengan harga sangat terjangkau. Apalagi kalau kita tahu nih beli mobil baru itu bisa kena depresiasi yang cukup besar loh. Makanya nggak heran kan banyak banget orang yang mau beli mobil bekas, dan ini sejalan dengan makin maraknya dealer mobil bekas. Boleh
Baca Lebih Lanjut