Jangan Kaget! Ini Dia 4 Penyebab Radiator Mobil Mampet

Juni 13, 2024
By Getan Metodius
Jangan Kaget! Ini Dia 4 Penyebab Radiator Mobil Mampet-otospector

Air radiator sangatlah penting bagi mobil ya otofriends. Jika mobil kamu sudah menunjukkan ciri-ciri radiator mampet maka kamu harus segera memperbaikinya, agar tidak mengakibatkan kerusakan mendalam. 

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Peran yang sangat besar ada pada kipas radiator yang berupa viscous fan, yang boleh dibilang dengan sebutan fan radiator. Panas yang dihasilkan dari mesin akan terbuang dan nanti mesin mobil akan didinginkan. Sehingga radiator akan bekerja untuk saling menjaga mesin mobil agar tidak overheat. 

Jika mobil kamu mengalami overheat atau mesin yang sudah terlalu panas, maka mesin mobil kamu akan mengalami dan menyebabkan mobil mogok atau bahkan bisa menyebabkan mati total.

Berikut ini adalah ciri – ciri yang wajib kamu ketahui, kalau radiator mobil kamu mampet.

#1: Bumper Bagian Depan Mengeluarkan Tetesan Air.

air netes dibawah mobil

Sumber: Kompas

Ciri yang pertama ada di bumper bagian depan, jika kamu menemukan tetesan air di bumper bagian depan ini bisa menjadi ciri kalau radiator mobil kamu bocor atau mampet. Tapi kamu harus pastikan kalau tetesan air itu dari bumper depan bukan tetesan air AC.

Jika benar tetesan air tersebut berasal dari bumper bagian depan, kamu harus segera isi air radiator mobil, kemudian kamu harus segera bawa mobil kamu ke bengkel, supaya permasalahan yang terjadi bisa segera diperbaiki.

#2: Sering Habisnya Air Pendingin.

air radiator cepat habis

Sumber: Otomotifxtra

Jika kamu mengalami air pendingin sudah diisi namun cepat habis? Ini hal yang sangat bahaya. Karena air pendingin itu berfungsi sebagai komponen media yang bisa menghantarkan panas dari mesin sampai menuju ke radiator. 

Jika hal ini terjadi bisa jadi sudah terjadi kebocoran pada radiator mobil, kamu harus segera ke bengkel agar bisa langsung diperbaiki supaya air radiator mobil kamu tidak habis total. 

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Ada Karat Pada Bagian Radiator.

penyebab radiator mobil mampet

Sumber: quora

Karat atau korosi pada bagian permukaan radiator juga bisa menyebabkan radiator mobil menjadi mampet loh. Dengan adanya karat di permukaan radiator bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan di radiator mobil kamu.

Jika kamu melihat permukaan radiator menjadi warna coklat yang berupa karat atau korosi, berarti mesin mobil kamu mengalami kerusakan. Tapi jika kamu menemukan karat namun mesin mobil kamu masih bisa bekerja dengan normal, maka artinya mesin mobil kamu masih bisa menyala saat distarter dan masih bisa berjalan.

Baca juga: Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

#4: Mobil Sering Mengalami Overheat.

suhu mobil terlalu panas

Sumber: Tribun

Jika mobil kamu sering mengalami panas yang berlebihan, atau mobil kamu sering berada dibawah sinar matahari langsung. Maka mobil kamu akan mengalami overheat serta bisa menyebabkan radiator mobil menjadi mampet.

Sehingga dengan adanya air radiator berfungsi untuk mendinginkan mesin ketika sedang panas yang berlebihan. Maka jika mobil kamu tiba-tiba panas dan tak kunjung dingin, maka bisa jadi ini merupakan ciri dari radiator yang rusak atau bermasalah.

Namun, jika mesin mobil kamu tiba-tiba panas serta mengeluarkan asap, maka kemungkinan ada masalah pada radiator mobil kamu. Bisa jadi radiator mobil mampet atau juga air radiator mobil kamu sudah habis dan butuh segera diisi. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Cara Cek Kebocoran Air Radiator Mobil

Jangan sampai radiator mobil rusak.

Kita semua tahu kalau merawat mobil tidak cuma mengganti oli saja, tapi juga menjaga radiatornya. Agar mobil tidak terlalu panas, kita butuh radiator sebagai penyeimbangnya.

Jika radiator sehat, maka mobil jadi lebih awet dan jika kamu ingin upgrade mobil dan ingin menjual mobil yang saat ini, maka nilai jual kembalinya tetap stabil otofriends.

Teruntuk kamu nih yang punya keinginan beli mobil bekas jangan sampai abai dengan pengecekan yang detail. Daripada ribet kamu ngecek sendiri mending gunakan aja layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector nih.

Inspeksi mobil Otospector bakalan membantu kamu memutuskan mana mobil bekas yang patut kamu pinang.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

5 Cara Cepat Cek Nomor Rangka Mobil

Juni 11, 2024
Ketika kamu sudah memiliki kendaraan, kamu juga harus mengetahui nomor rangka kendaraan. Dengan kamu mengetahui nomor rangka kendaraan tersebut kamu bisa memastikan jika kendaraan tersebut sudah terdaftar resmi. Untuk nomor rangka mobil merupakan 17 deretan dar kombinasi huruf dan angka yang bisa membantu membuktikan keaslian kendaraan tersebut. Nomor rangka kendaraan juga bisa kamu cek di
Baca Lebih Lanjut

Tak Terbantahkan Soal Kelebihan dan Kekurangan RWD

Juni 10, 2024
Kelebihan dan kekurangan RWD belakangan sering dibicarakan orang, terutama karena sekarang ini, mobil-mobil keluaran terbaru banyak menggunakan sistem FWD. Sebut saja mobil-mobil MPV populer produksi dari Toyota, Mitsubishi, atau Suzuki, umumnya sudah memilih memakai FWD. Di masa lalu memang banyak mobil-mobil legendaris menggunakan RWD, tapi karena berbagai pertimbangan, sistem ini mulai ditinggalkan oleh produsen. Akibatnya,
Baca Lebih Lanjut

6 Mobil Harga 20 Jutaan Yang Masih Layak Dilirik 2024

Juni 10, 2024
Sekilas mungkin sebagian orang akan bingung ketika mendengar kata-kata: “mobil harga 20 jutaan”. Tapi jangan heran kalau kemudian akhirnya mereka malah jadi penasaran: mobil harga segitu kira-kira bentuknya kayak apa? Mobil bekas 20 jutaan ada disini. Dengan anggaran yang minim tersebut tentu kita tidak bisa berharap terlalu banyak. Namun bukan berarti sama sekali tidak ada
Baca Lebih Lanjut