Ini Toh Fungsi Grill Buat Mobil

September 05, 2024
By Getan Metodius
Ini Toh Fungsi Grill Buat Mobil-otospector

Memang tidak banyak pengendara mobil yang masih belum tahu mengenai fungsi dari komponen pada bagian depan mobil. Serta keberadaan komponen grill mobil sering terlupakan bagi pemilik kendaraan, dikarenakan dengan ukuran grill mobil yang tidak terlalu besar membuat pemilik mobil tidak begitu memperhatikannya.

Bagian grill mobil biasanya mempunyai logo perusahaan. Namun secara umumnya grill mobil mempunyai peran yang sangat penting untuk mobil, dan sangat penting pemilik mobil untuk paham fungsi grill tersebut.

Ukuran grill mobil ada yang besar dan ada juga yang ukurannya kecil, dan dengan keberadaan grill mobil sangatlah penting untuk sebuah mobil. Sehingga grill mobil juga membutuhkan perawatan karena posisi grill mobil yang kecil yang berada di bagian depan mobil.

Dan pastikan kamu tetap menjaga kebersihan grill mobil kamu, jangan biarkan grill mobil begitu saja. Jika grill mobil sudah banyak debu atau sudah benua kotoran yang menumpuk segeralah bersihkan. 

Berikut ini ada beberapa fungsi yang harus kamu ketahui dan kamu pahami.

#1: Untuk Performa dan Aerodinamis.

grill bmw

Sumber: BMW

Fungsi pertama dari grill mobil adalah untuk menambah aerodinamis pada mobil kamu. Sehingga dengan adanya grill mobil dapat membantu menunjang kinerja pada mobil secara menyeluruh. 

Untuk saat ini desain grill mobil kebanyakan minim lubang, karena untuk mengalirkan udara ke bagian mesin mobil. Sehingga hal ini bertujuan untuk udara yang hendak menabrak area depan mobil akan dialihkan ke bagian atas mobil atau ke samping mobil.

Dengan adanya lubang pada grill mobil memungkinkan masuknya banyak udara sehingga bisa terjadi hambatan udara menjadi lebih besar. Tapi, jika grill mobil tertutup mala mobil kamu akan bisa menjadi lebih aerodinamis.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Baca juga: Kenapa Mobil Diesel itu Bisa Lebih Mahal

#2: Saluran Udara.

grill mobil wuling

Sumber: Wuling

Fungsi grill mobil yang kedua adalah untuk membantu memberikan sirkulasi udara pada bagian ruang mesin, sehingga udara akan masuk melalui lubang, dan membuat temperatur mobil dalam ruang mesin tetap terjaga dengan sangat baik.

Dan grill mobil juga bisa membantu proses pendinginan mesin pada mobil saat memakai radiator. 

Dan jika udara tidak bisa masuk dengan baik kedalam lubang grill mobil, maka temperatur yang terdapat di mesin mobil akan meninggal drastis sehingga membuat mesin mobil akan mengalami overheat.

Dan jika mesin mobil kamu sudah mengalami overheat, maka mobil tersebut bisa mogok dan segera harus dibawa ke bengkel. 

Baca juga:  Tips Menggunakan Rem Tangan Mobil Saat Menanjak

#3: Estetika.

grill mobil

Sumber: Hyundai

Dengan perkembangan teknologi grill mobil memang bentuknya menjadi semakin variatif dan bisa menyesuaikan dengan tampilan masing-masing di setiap mobil. Dan mampu membuat mobil menjadi lebih estetika, untuk bentuk grill mobil biasanya dipertahankan dengan model yang serupa, maka hal tersebut menjadi ikonik dari brand itu sendiri.

Kalau dulu bentuk grill mobil ke banyak berbentuk persegi panjang, dengan garis vertikal atau garis memanjang. Untuk di zaman sekarang grill mobil berbentuk model honeycomb, yang biasanya digunakan pada mobil Amerika, Jepang atau Eropa. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Dapatkan mobil bekas berkualitas.

Untuk semua otofriends yang ingin beli mobil bekas, pahami semua sisinya. Gak cuma mesin aja, tapi exterior juga harus dicek, termasuk pada grill mobil. Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector supaya kamu nggak seperti beli kucing dalam karung.

Apalagi jika mobil yang kamu incar lulus inspeksi dari Otospector berpeluang mendapatkan layanan garansi sampai 1 tahun loh. Jadi kapan nih mau menghubungi Otospector sebagai pihak independen yang akan membantu kamu dalam beli mobil bekas.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Selain Hindari Banjir, Ini Tips Lainnya Dalam Merawat Kampas Kopling Mobil

Juli 04, 2024
Untuk menjaga kenyamanan dan performa saat berkendara, ada banyak komponen yang harus diperhatikan, salah satunya yaitu kampas kopling mobil. Sama seperti komponen lainnya, kampas kopling juga mempunyai usia pakai serta membutuhkan perawatan yang rutin agar kampas kopling dapat bekerja dengan baik dan pengemudi pun bisa berkendara dengan aman.  Maka dari itu, kamu harus mengetahui bagaimana
Baca Lebih Lanjut

Jadwal Samsat Keliling Kota Tangerang Update 2024

Juli 04, 2024
Bagi warga Kota Tangerang, salah satu informasi yang penting diketahui adalah tentang jadwal Samsat Keliling Tangerang. Pasalnya, untuk urusan perpanjangan STNK tahunan, ada sebagian warga yang menginginkan punya banyak alternatif tempat. Karena itulah mereka ingin melakukannya di Samsat Keliling karena faktor jarak dan pelayanan yang relatif cepat.  Untuk urusan memperpanjang STNK tahunan, memang semestinya kita
Baca Lebih Lanjut

Ini Rekomendasi Kaca Film Mobil Terbaik 2024

Juli 03, 2024
Dalam hal kaca film, harus diakui masyarakat Indonesia masih punya kesalahan persepsi tentang kegunaannya. Ada yang menganggap kaca film adalah semata-mata sebagai penolak panas matahari. Jadi semakin gelap kaca filmnya, suhu udara di dalam kabin juga jadi semakin sejuk. Atau ada juga anggapan, kualitas kaca film ditentukan dari harga, dan seterusnya. Kaca film berfungsi menghalangi
Baca Lebih Lanjut