Ini Dia Persiapan Mudik 2024 Pakai Mobil Pribadi

Maret 13, 2024
By Getan Metodius
Ini Dia Persiapan Mudik 2024 Pakai Mobil Pribadi-otospector

Alhamdulillah Otofriends udah masuk bulan puasa lagi, kita dikasih waktu untuk kembali menjadi manusia yang bersih. Menuju hari kemenangan, hajat orang Indonesia akan kita rasakan, mudik setiap tahun menjadi momen yang seru untuk kita yang mau pulkam alias pulang kampung.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Tahu kah kamu otofriends, menurut hasil survei Kemenhub, untuk tahun 2024 ini pemudik menggunakan mobil pribadi mencapai 35,42 juta orang. Kebayang dong gimana numpuknya jalanan di jalur mudik nanti otofriends.

Yuk kita simak beberapa fakta dan juga persiapan sebelum mudik pakai mobil pribadi di tahun 2024 ini.

#1: 193,6 juta orang akan mudik.

mudik 2024

Sumber: Kompasiana

Menurut sumber data survei Kementerian Perhubungan (Kemenhub), diprediksi aka nada sekitar 193,6 juta orang yang bakal mudik pada lebaran di tahun 2024 ini. Karena jumlah masyarakat yang mau pulkam pada masa lebaran mencapau 71,7% dari total penduduk Indonesia.

Angka ini meningkat sih otofriends dari tahun 2023 lalu yang hanya 123,8 juta orang. Diprediksi puncak dari arus keberangkatan mudik tahun ini di tanggal 8 April 2024, yang dimana akan bertepatan dengan mulai cuti bersama, aka nada potensi pergerakan sampai 26,6 juta orang.

Serta prediksi arus baliknya di tanggal 14 April 2024, yang diprediksi aka nada potensi pergerakan pemudik sampai 41 juta orang. Angkutan mudik lebaran paling banyak dipilih masyarakat adalah kereta, dengan potensi penumpang sampai 39,32 juta orang.

Disusul dengan bus mencapai 37,51 juta, mobil pribadi 35,42 juta, dan terakhir sepeda motor 31,12 juta orang. Kemenhub udah mempersiapkan sejumlah kebijakan nih saat mudik nanti, seperti diskon tarif transportasi massal, mudik gratis, rekayasa lalu lintas, sampai diskon untuk tarif jalan tol.

beli mobil bekas di tokopedia

Baca juga: Kenapa AC Mobil Tidak Dingin Saat Macet?

#2: Tips mudik, isi bensin full dan siapkan cash.

isi bensin mobil

Sumber: Tribun

Tips atau persiapan mudik dengan mobil pribadi yang pertama adalah dengan mengisi full bahan bakar mobil kamu otofriends. Karena perjalanan mudik ini jauh, kamu disarankan untuk melakukan pengisian bahan bakar dengan penuh. Sehingga kamu dan keluarga nggak khawatir suatu saat mobil mogok karena bensin nggak sampai setengah, ditambah lagi kemacetan yang nggak bisa diprediksi.

Uang tunai tetap dibutuhkan ya otofriends, meskipun kini udah banyak banget penggunaan uang elektronik. Duit cash ini perlu karena untuk jaga-jaga jika kamu mau beli makanan ringan dipenjual yang berjualan dipinggir jalan.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: 3 Cara Mencari Lokasi Rest Area Terdekat Dari Kita? Update 2024

#3: Tips mudik, tidur yang cukup dan siapkan hiburan.

mudik naik mobil

Sumber: VIVA

Ketika kamu udah memutuskan menggunakan mobil untuk mudik, kamu harus benar-benar tahu bahwa tubuh butuh tenaga yang maksimal. Untuk mendapatkan tenaga maksimal saat nyetir, kamu butuh istirahat yang cukup. Kalau bisa H-1, contoh pada malam sebelum kamu otw mudik, bisa tidur minimal 7 jam.

Selain itu bisa aja kamu atau anak bosan selama perjalanan panjang mudik ini. Maka dari itu kamu perlu siap membawa mainan, ataupun mempersiapkan musik atau juga film yang bisa menjadi hiburan saat perjalanan panjang mudik nanti.

Persiapkan juga kondisi mobil:

Selain beberapa point tadi, yang utamanya adalah kamu perlu melakukan perawatan atau service mobil sebelum berangkat mudik nanti. Bawa ke bengkel langganan kamu, minta dilakukan pengecekan menyeluruh, apakah air radiator perlu ditambah atau tidak, sampai lakukan pergantian oli beserta filternya, kalau filter udara udah kotor, boleh juga sekalian kamu menggantinya ya otofriends.

Buat yang pengen beli mobil bekas dan bisa dibawa mudik, kamu perlu hati-hati, jangan jalan sendirian untuk memilih. Gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector yang bakal bantu kamu melakukan pengecekan sampai lebih dari 150 komponen.

Inspeksi mobil Otospector bisa membantu kamu membuat keputusan, mobil yang mana yang patut kamu beli untuk berangkat ke kampung nanti.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Pengen Tau Cara Cek Mobil Kena Tilang ETLE?

April 26, 2024
Sudah ada yang tahu belum kalau sekarang, kita nih masyarakat Indonesia sudah bisa melakukan pengecekan status kendaraan yang terkena tilang elektronik secara online. Udah gampang banget kan, sekarang sudah ada cara yang simpel untuk mengeceknya, yaitu melalui online yang sudah disediakan oleh Polri.  Karena sekarang sudah ada beberapa daerah yang sudah dipasang kamera Electronic Traffic
Baca Lebih Lanjut

Pentingnya Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Mudik

April 25, 2024
Masa mudik lebaran 2024 ini sudah selesai, tapi masih ada waktu untuk bang min minta maaf, mohon maaf lahir batin ya Otofriends. Untuk kamu yang tahun ini mudik dengan menggunakan mobil, maka kamu harus melakukan pengecekan terhadap mobil yang udah menemani kamu dan keluarga untuk mudik. Karena pada saat mudik, pasti ada beberapa kendaraan yang
Baca Lebih Lanjut

Tips Menghilangkan Bau Apek di Mobil

April 23, 2024
Menghilangkan bau apek di mobil atau bau-bau lainnya, memang harus segera dilakukan pemilik mobil. Tentu Otofriends tidak mau berada di mobil yang di dalamnya tercium berbagai aroma tidak sedap. Apalagi kalau mobil jadi kendaraan sehari-hari dan banyak waktu yang dihabiskan di dalamnya. Sayangnya, tidak semua orang peduli atau telaten mengatasi bau apek di mobil. Selain
Baca Lebih Lanjut