3 Cara Mencari Lokasi Rest Area Terdekat Dari Kita? Update 2024

Februari 12, 2024
By Getan Metodius
3 Cara Mencari Lokasi Rest Area Terdekat Dari Kita? Update 2024-otospector

Saat ini bepergian sudah tidak terasa jauh seperti dulu, pasalnya jarak yang dulu katanya “jauh”, kini sudah terasa lebih dekat. Adanya pembangunan jalan tol yang semakin banyak dan meluas ini menjadi salah satu faktornya Otofriends. Dengan istirahat sejenak, bisa membuat perjalanan lebih aman.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Tidak tanggung-tanggung, pemerintah pun sudah menargetkan 13 tol baru sampai akhir tahun 2023 ini. Jadi perjalanan antar kota, atau juga antar provinsi jadi semakin lebih efisien.

Ngomong-ngomong siapa dari kamu yang sering bepergian antar kota atau antar provinsi nih? Pernah ngalamin hal yang ribet seperti mau istirahat dan mencari rest area terdekat dari lokasi saat ini, sebelum melanjutkan perjalanan? Coba simak cara mencari rest area terdekat dari lokasi.

Cara mencari lokasi rest area terdekat dari lokasi saat ini.

#1: Apa itu rest area?

lokasi rest area terdekat

Sumber: astra-daihatsu.id

Rest area adalah suatu fasilitas dari penyelenggara jalan tol atau badan pengatur jalan tol untuk para pengguna jalan istirahat. Rest area juga sudah ada aturannya, diatur dalam peraturan menteri pupr no 10 tahun 2018 tentang tempat istirahat dan pelayanan pada jalan tol.

Info BPJT terdapat 3 jenis rest area yang sudah dibedakan dari fasilitasnya.

Tipe A: Merupakan tipe rest area paling lengkap, termasuk toilet, ATM, Klinik, SPBU, Minimarket, Bengkel, Mushola, Resto, Ruang Terbuka Hijau, serta tempat parkir luas.

Tipe B: Tipe ini lebih kecil dari A yang memiliki fasilitas mulai dari ATM, Minimarket, Toilet, Resto, Tempat Parkir, sampai Ruang Terbuka.

Tipe C: Rest area tipe C ini merupakan tempat istirahat di Tol yang paling keci, jika dibandingkan dengan A dan B. Terdapat fasilitas seperti Warung, Mushola, Tempat Parkir yang juga luas namun akan dibuka tutup juga untuk keperluas seperti event besar lebaran.

Istirahat di sini maksudnya adalah kamu bisa melepas penat dengan makan, minum, ibadah sampai buang air. Untuk rest area yang paling lengkap dari sisi fasilitas, kamu bisa datang ke rest area tipe rest area “A” ya Otofriends, karena lebih lengkap, mulai dari ATM, toilet, warung atau kios minimarket. Keberadaan rest area sangat penting untuk para pengendara untuk mengembalikan tenaga.

#2: Melalui aplikasi “Tol Kita”.

aplikasi tol kita BPJT

Sumber: BPJT

Rest area jadi salah satu tempat wajib yang harus didatangi oleh para pemudik yang hendak beristirahat. Rest area merupakan tempat istirahat dan pelayanan bahan bakar, serta terdiri dari ruang terbuka hijau, tempat parkir, sampai ATM. 

Untuk mencari rest area terdekat dari lokasi kita yang pertama, kamu bisa menggunakan aplikasi BPJT atau Aplikasi Tol Kita. Bagi pengguna android mudah banget, tinggal download aplikasinya di Google Play dan aktifkan GPS. Lalu pilih “rest area”, lalu izinkan pengaktifan lokasi dan klik “cari”.

Baca juga: 3 Alasan Ganti Oli Mobil Sesudah Dan Sebelum Mudik Lebaran

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Menggunakan aplikasi smartphone Google Maps.

aplikasi google maps

Ketika mudik tiba, rest area ini biasanya akan sangat ramai Otofriends, jadi disarankan kamu mendatangi rest area yang besar dan lengkap. Karena rest area juga ada beberapa tipe, ada tipe B, tipe C, dan tipe A. Tentu rest area terbaik adalah yang paling lengkap dengan layanan terbaik.

Untuk mencari lokasi rest area terdekat pakai Google Maps, buka aplikasi Google Maps, tinggal ketik saja di kolom pencarian dengan kata kunci rest area terdekat atau isi dengan rest area terdekat nanti Google Maps akan otomatis memberikan daftar lokasi terdekat. Tinggal klik salah satu rest area terdekat dari lokasi kita sekarang.

Klik memulai atau direction, lalu nanti kamu akan secara otomatis diberikan rute terbaik dengan waktu terbaik pula untuk sampai dengan lebih cepat.

#4: Pakai aplikasi MyPertamina.

aplikasi my pertaima

Salah satu wilayah dengan rest area yang paling banyak atau cukup padat adalah rest area tol trans jawa, yang merupakan salah satu rest area terpadat. Kabar baik untuk kamu pengguna aplikasi khusus dari pertamina, bisa juga kok cari tahu lokasi rest area disana. 

Nah untuk kamu ni yang sudah mulai bertransaksi pakai aplikasi MyPertamina untuk beli bahan bakar, eits tidak sampai disana saja loh. Kamu juga bisa pakai aplikasi ini untuk “hack” mencari pom bensin sekaligus rest area yang paling dekat dengan lokasi kamu sekarang. 

Setelah kamu masuk ke aplikasi MyPertamina yang biasa kamu pakai, kamu bisa memilih atau klik “outlet terdekat”. Nah nanti akan muncul daftar rest area terdekat dari lokasi kita saat ini. Pastikan juga layanan lokasi atau GPS hape kamu itu aktif.

Baca juga: Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2023

beli mobil bekas di tokopedia

Mudahnya bepergian dengan teknologi di ponsel pintar.

Di zaman sekarang untuk urusan bepergian tidak serumit dahulu, karena untuk urusan bepergian tidak ada lagi kata “tidak tahu jalan”. Karena sudah ada aplikasi pada smartphone yang bisa digunakan untuk mengarahkan kita pada satu lokasi tertentu. Dan kita tinggal mencari tahu cara mencari rest area terdekat di google untuk mengetahui caranya.

Kemudahan ini juga sampai pada kemudahan membeli mobil bekas secara online, termasuk beli mobil bekas. Tetapi tetap harus hati-hati karena membeli mobil bekas di tempat yang tidak tepat bisa membuat kamu mendapat mobil yang kurang baik. 

Namun, jika kamu mau beli mobil bekas, kamu bisa memanfaatkan layanan jasa inspeksi mobil bekas dari Otospector, karena beli mobil bekas akan lebih aman dan nyaman jika ditangani oleh tangan yang tepat.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

April 23, 2024
Untuk mengetahui BPKB yang asli sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Apalagi nih buat yang beli mobil bekas, amit-amit jangan sampai salah beli atau ketipu. Ini beneran penting otofriends, karena sudah banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan BPKB yang palsu ketika hendak ingin membeli kendaraan.  Nah, untuk mengetahui permasalahan diatas, kamu harus memperhatikan atau mengecek
Baca Lebih Lanjut

Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

April 20, 2024
Radiator bocor pakai telur? Ya, ini beneran. Bukan bercanda! Karena memang ada sebagian orang yang mencoba menambal kebocoran radiatornya pakai telur ayam. Hasilnya? Wah, kembali ke tingkat pengetahuan dan kondisi masing-masing. Yang jelas, cara ini memang tidak lazim. Sebelum kita bahas lebih lanjut, satu hal yang harus disadari oleh Otofriends, fungsi radiator di dalam menunjang
Baca Lebih Lanjut

Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

April 20, 2024
Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih bingung menggunakan Google Maps, atau masih ada otofriends yang gak bisa membaca apa arti nama dan simbol yang terdapat di Google Maps? Seperti yang kita ketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta yang sangat sering digunakan untuk menentukan arah. Apalagi jika hendak ingin berpergian ke sesuatu tempat yang
Baca Lebih Lanjut