Klik disini untukPesan Mobil Idaman

Harga Mobil Ayla Bekas Per Juli 2021, Mulai Rp65 Jutaan

Juli 09, 2021
By Thomas W
Harga Mobil Ayla Bekas Per Juli 2021, Mulai Rp65 Jutaan-otospector

Jaminan kualitas dan nama besar Daihatsu ternyata mampu membuat harga mobil Ayla bekas tetap diperhitungkan para peminatnya di pasaran. Setidaknya ini terbukti jika dibandingkan situasi di segmen Low Cost Green Car (LCGC) yang umumnya sedang dalam kondisi kurang menguntungkan, terutama karena adanya Pandemi Covid-19. 

Sosok Ayla yang disebut-sebut jadi bayang-bayang saudaranya yakni Toyota Agya, juga memberi keuntungan tersendiri. Karena dengan kualitas yang setara, Ayla menawarkan harga lebih ekonomis, rata-rata 10-20 persen.

Berikut ini 4 perbandingan harga mobil Ayla bekas yang bisa jadi pertimbangan Otofriends dalam memilih:

#1: Ayla X 1.0 AT 2013 – Rp65 juta

Harga Mobil Ayla Bekas Per Juli 2021, Mulai Rp65 Jutaan

Merupakan Ayla yang pertama kali dipasarkan setelah diperkenalkan setahun sebelumnya. City car berdimensi cukup compact (3.640 mm x 1.600 mm x 1.520 mm) ini dirancang untuk 5 penumpang dengan target market keluarga muda serta first jobber.

Sebagai mobil perkotaan, manuver Ayla ditunjang mesin 1KR-DE berkapasitas 998 cc, tenaga 63,5 HP dan torsi 86 Nm. Kinerja ini ditunjang radius putarnya yang cukup kecil, 4,4 m. Istimewanya, mobil yang pertama kali meluncur dibanderol Rp106 jutaan sudah menyediakan transmisi otomatis 4 percepatan pada varian X ini.

Meski kategorinya mobil low cost, fitur-fitur Ayla cukup menjawab kebutuhan esensial pemakainya, seperti head unit double din dengan 4 speaker, colokan lighter, kisi-kisi AC yang dapat diputar 180 derajat, serta Multi Information Display (MID) terbaik di kelasnya.

#2: Ayla X Elegant 1.0 AT 2015 – Rp78 juta

Harga Mobil Ayla Bekas Per Juli 2021, Mulai Rp65 Jutaan

Sejalan dengan penerimaan pasar, Ayla terus mengalami perbaikan terutama dari di sisi eksterior. Selain perbaikan desain grill dan bumper depan-belakang, beberapa penambahan krom juga disematkan pada lampu kabut, kaca belakang, dan gagang pintu.

Sementara dari dalam kabin, perubahan dari varian Elegant terasa dengan adanya wood panel di beberapa bagian sebagai pemanis, aksen krom di tuas persneling, pembuka pintu, dan kisi-kisi AC, serta kontrol power window yang sudah terpusat.

Catatan positif patut diberikan kepada transmisi matic konvensionalnya yang semakin sempurna, di mana perpindahan gigi tetap terasa halus meski sudah dipakai beberapa tahun. Tentu saja kondisi ini terjadi pada unit-unit yang terawat. 

Baca juga: Tipe Mobil Bekas Terbaik: MPV, City Car, SUV, atau yang Lain?

#3: Ayla R Deluxe 1.2 AT 2017 – Rp100 juta

Harga Mobil Ayla Bekas Per Juli 2021, Mulai Rp65 Jutaan

Empat tahun sejak kehadirannya, Ayla akhirnya menyediakan pilihan mesin baru yakni 1.2 Liter. Mesin 4 silinder Dual VVT-i itu menghasilkan tenaga 88 PS dan torsi 108 Nm yang tentu lebih besar, namun konsumsi bahan bakarnya tetap efisien yakni 20 km per liter atau sesuai syarat keberadaan LCGC.

Dari sisi desain, tentu ada perubahan desain dari grill, velg, dan bumper yang terkesan agresif. Pada varian R Deluxe yang dihargai Rp146 juta saat baru ini, juga terdapat aerokit yang memberi kesan sporty, keberadaan side skirt, dan spoiler dengan lampu rem LED.

Dari dalam kabin, tampak ada perbaikan berupa head unit dengan touchscreen, audio steering switch, head rest di bangku belakang, sabuk pengaman baris kedua, serta kunci immobilizer yang lebih menjamin keamanan mobil saat parkir.  

#4: Ayla R Deluxe 1.2 AT 2020 – Rp135 juta

Harga Mobil Ayla Bekas Per Juli 2021, Mulai Rp65 Jutaan

Persaingan yang semakin ketat di kelas LCGC, memaksa Ayla terus berbenah dengan perbaikan desain dan penambahan fitur. Pada varian R Deluxe (tertinggi) aerokit terpasang lengkap pada bagian depan, samping dan belakang. Tambahan ornamen krom juga terpasang pada pintu belakang, serta karpet motif khusus bertuliskan Ayla.

Di dalam kabin yang menonjol adalah keberadaan head unit dengan layar touchscreen 7 inci yang selain bisa memainkan berbagai format audio, juga merupakan display untuk kamera belakang plus sensor parkir. Keberadaan audio steering switch juga memudahkan pengoperasiannya.

Dibanding varian lain, R Deluxe yang barunya dihargai Rp161 juta ini sudah dilengkapi retractable side mirror, konsol box, serta partisi di bagasi. Khusus varian matic, fitur keselamatan semakin sempurna dengan keberadan dual SRS airbag serta ABS/EBD untuk pengereman.

Baca juga: 9 Mobil Paling Irit BBM yang Bisa Bikin Anda Hemat Terus!

Bagaimana cara menentukan harga mobil Ayla bekas yang terbaik sesuai kondisinya?

Dengan populasi yang tidak sedikit – diperkirakan saat ini sudah 220 ribu unit di pasaran – untuk mendapatkan Daihatsu Ayla bekas tentu bukan hal yang sulit. Persoalannya Otofriends harus memastikan bahwa unit tersebut minim masalah dan harganya masuk akal.

Untuk memastikan kondisi yang terbaik, Otofriends bisa memilih Daihatsu Ayla di dealer mobil bekas terpercaya yang sudah menjadi rekanan Otospector.

Di dealer-dealer rekanan ini, mobil-mobil yang ditawarkan sudah lulus inspeksi Otospector dan mendapat garansi mesin dan transmisi, minimal 30 hari.

 

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya