;
Klik disini untukMenjadi Dealer Rekanan Otospector

Tipe Mobil Bekas Terbaik: MPV, City Car, SUV, atau yang Lain?

Juni 21, 2019
By jandika
Tipe Mobil Bekas Terbaik: MPV, City Car, SUV, atau yang Lain?-otospector

OtoFriends, apakah Anda akan membeli mobil pertama? Tidak usah beli baru, Anda pun bisa punya mobil bagus walaupun bekas. Sebelum memilih, coba deh pertimbangkan mobil bekas terbaik yang sesuai kebutuhan.

Tidak hanya merek, tipe body mobil bekas pun perlu Anda pilih. Orang yang sering berkendara sendirian tentu punya kebutuhan berbeda dengan orang berkeluarga. Mari simak beberapa tipe mobil bekas terbaik berikut ini.

#1: Tipe Mobil City Car

Mobil Bekas Dicari Ayla

Sesuai dengan namanya yaitu city car, tipe mobil ini didesain sedemikian rupa agar nyaman dikendarai di dalam kota. Umumnya ukuran mobil city car dibuat kecil untuk 4 – 5 penumpang. Bagasi yang dimiliki pun cukup sempit.

Mobil-mobil city car dibuat sedemikian rupa agar tetap lincah walau dikendarai pada jalanan perkotaan yang macet. Responsif dengan kondisi tersebut, itulah mengapa mobil city car memiliki fitur hemat konsumsi BBM.

Biarpun dijuluki city car, bukan berarti mobil tipe ini tidak dapat Anda bawa ke luar kota, OtoFriends. Hanya saja bila melakukan hal tersebut, Anda harus siap dengan kondisi duduk yang tak nyaman.

Inilah beberapa model mobil city car bekas yang bisa Anda pilih:

  • Toyota Agya
  • Daihatsu Ayla
  • Honda Brio
  • Daihatsu Sirion
  • Suzuki Ignis

#2: Tipe Mobil Sedan

BMW

Anda yang kerap berkendara di kota dan menginginkan kesan mewah, tipe mobil bekas terbaik yang dapat dipilih ialah sedan. Sedan adalah tipe mobil 5 penumpang yang desainnya dibagi menjadi tiga kotak yaitu:

  • Bagian A alias ruang mesin
  • Bagian B alias area kabin
  • Bagian C alias tempat penyimpanan barang/bagasi

Biarpun punya desain yang lebih ceper dari city car, sedan punya kekuatan tarikan yang baik. Umumnya mobil-mobil tipe sedan memiliki kapasitas silinder mesin di atas 1.500 cc. Paket yang lengkap, selain nyaman, stylish, eksklusif, dan juga kuat.

Inilah beberapa mobil bekas terbaik tipe sedan yang bisa dijadikan pilihan:

  • Toyota Camry
  • Honda Accord
  • Nissan Teana
  • Hyundai Sonata
  • BMW seri 3 dan 5

Baca Juga: Deretan Mobil Eropa Bekas Murah. Semuanya di Bawah Rp100 Juta!

#3: Tipe Mobil Hatchback

Ford Fiesta

Hatchback merupakan tipe mobil yang termasuk dalam kelas sedan. Bedanya, mobil ini tidak memiliki bagian C alias buntut. Alih-alih, bagian belakang dibuat rata namun tetap ada space kecil yang diperuntukkan sebagai bagasi.

Tipe mobil ini juga umumnya diperuntukkan untuk orang yang kerap berkendara di dalam kota. Dibandingkan dengan city car, hatchback punya kabin yang lebih lega sehingga memberikan kenyamanan lebih. Lalu, bagasinya pun lebih luas dan muat banyak barang.

Inilah beberapa mobil bekas terbaik tipe hatchback yang bisa dijadikan pilihan:

  • Toyota Yaris
  • Honda Jazz
  • VW Golf
  • Nissan Latio
  • Ford Fiesta

#4: Tipe Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV)

Mitsubishi Xpander

Apakah Anda punya jumlah keluarga yang besar dan tengah mencari mobil bekas terbaik? Jika ya, berarti Anda bisa memilih tipe mobil MPV, OtoFriends! Pasalnya, mobil ini punya kapasitas penumpang hingga 7 orang dan juga desain kabin yang luas. Bikin semuanya jadi nyaman, deh!

Mungkin Anda bertanya-tanya, mengapa mobil ini disebut multi purpose. Ternyata jawabannya terletak pada ukuran kabin mobil ini. Selain bisa mengangkut banyak orang, mobil ini pun kerap digunakan untuk membawa barang.

Inilah beberapa mobil bekas terbaik tipe MPV yang bisa dijadikan pilihan:

  • Toyota Avanza
  • Daihatsu Xenia
  • Suzuki Ertiga
  • Honda Mobilio
  • Mitsubishi Xpander

Baca Juga: Inilah Pilihan Mobil Bekas Mudah Dijual Kembali

#5: Tipe Mobil Sport Utility Vehicle (SUV)

Toyota Fortuner Bekas

Mobil SUV disebut-sebut sebagai gabungan dari sedan, pick up, dan juga jeep. Pasalnya desain mobil ini elegan namun kuat seperti sedan, muat banyak seperti pick up, dan dibuat tinggi seperti jeep. Untuk Anda yang mencari mobil tangguh, SUV adalah tipe mobil bekas terbaik!

Inilah beberapa mobil bekas terbaik tipe SUV yang bisi dijadikan pilihan:

  • Toyota Fortuner
  • Mitsubishi Pajero Sport
  • Nissan X-Trail
  • Mazda CX-5
  • Honda CR-V

Nah, OtoFriends, selain lima tipe mobil di atas, ada beberapa tipe lain yang perlu Anda ketahui yaitu:

  1. Tipe mobil van dan mini van: untuk kendaraan sehari-hari baik dalam kota maupun luar kota dengan jumlah penumpang lebih dari 7 orang.
  2. Tipe mobil station wagon: kendaraan dalam kota yang desainnya lebih panjang dari hatchback.
  3. Tipe mobil konvertibel: kendaraan dalam kota yang atapnya bisa dibuka.

Semoga ulasan dari OtoSpector di atas mengenai tipe mobil bekas terbaik bermanfaat ya OtoFriends. Ingat, sebelum membeli mobil bekas, lakukanlah inspeksi menyeluruh untuk mendapatkan mobil bekas terbaik tidak hanya dari segi tipe tapi juga kondisi nya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Mesin Awet Sepanjang Masa, Inilah 5 Langkah Mudah Pencegahannya

November 23, 2019
Pada umumnya, pemilik kendaraan tidak peduli pada kondisi mesin kendaraan miliknya. Sampai pada suatu saat mungkin terdengar bunyi-bunyian aneh dari dalam ruang mesin. Nah, baru di situlah pemilik kendaraan mencari tahu apa penyebab dan sumber kerusakan. Dari peristiwa semacam ini, jelas perlindungan terhadap mesin perlu dilakukan secara berkala, untuk memastikan bahwa kondisinya selalu prima. Ada
Baca Lebih Lanjut

Mengenali BPKB Asli atau Palsu, Begini Ciri-cirinya

November 20, 2019
Salah satu kelengkapan legalitas yang diperlukan saat jual-beli mobil bekas adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Bahkan BPKB ini boleh dibilang sebagai dokumen paling vital. Tanpa BPKB asli sebaiknya urungkan niat untuk membeli mobil. Masalahnya, saat ini ada banyak BPKB palsu yang beredar. Keberadaan sindikat pemalsu dokumen-dokumen kendaraan juga membuat peredarannya semakin marak di masyarakat.
Baca Lebih Lanjut

Kondisi Mobil Bekas Adalah Cerminan Pemilik Sebelumnya. Coba Simak 5 Tanda Mengenalinya

November 14, 2019
Seperti rumah, sebuah mobil juga menjadi tempat beraktivitas sehari-hari dari pemiliknya. Apalagi kalau sang pemilik adalah pekerja dengan mobilitas tinggi. Mobil menjadi rumah kedua. Hubungan yang spesial itu, membuat kondisi mobil sebenarnya mencerminkan pribadi pemiliknya. Pembeli mobil bekas perorangan umumnya masih bisa menduga sifat pemilik dari kondisi yang ada pada saat dijual. Nah, kita simak
Baca Lebih Lanjut

Manfaatkan Test Drive Saat Beli Mobil Bekas. Ini 5 Hal Yang Harus Dikerjakan

November 05, 2019
Saat membeli sebuah mobil, baik mobil bekas maupun baru, memang sebaiknya kita melakukan uji mengendara (test drive) terlebih dahulu. Dikatakan “sebaiknya”, karena memang tidak semua transaksi jual-beli mobil, kita akan berkesempatan dilakukan test drive. Bisa saja karena faktor kepercayaan atau lokasi yang tidak memungkinkan, menjadi alangan. Namun persoalannya tidak hanya pada penjual. Pembeli bisa saja
Baca Lebih Lanjut
Baca Artikel Lainnya