Klik disini untukJual Mobil Anda

Cermati Fakta Seputar Kredit Cicilan Mobil Bekas Jakarta

September 05, 2022
By Thomas W
Cermati Fakta Seputar Kredit Cicilan Mobil Bekas Jakarta-otospector

Bukan cuma mobil baru yang bisa dibayar secara kredit, mobil yang tidak baru juga bisa dibeli dengan cara cicilan mobil bekas Jakarta. Kita akan bahas daftar harga mobil bekas serta cara mengkreditnya. Maklum saja, tidak semua orang mampu memiliki uang cash secara cukup buat beli mobil, padaha kebutuhan akan alat transportasi sudah sangat mendesak.

Di sisi lain cicilan mobil bekas Jakarta juga punya keuntungan tersendiri dibanding membeli secara tunai. Antara lain kebutuhan Otofriends akan kendaraan dapat segera terpenuhi tanpa harus menunggu uang cukup untuk membelinya. Atau uang tersebut bisa dipakai untuk keperluan lain yang lebih mendesak.

Sebelum mengajukan kredit cicilan mobil bekas Jakarta, sebaiknya kita lihat dulu hal-hal yang harus diperhatikan:

 #1: Kredit Adalah Kerjasama Antara Dealer Dengan Bank

Kredit mobil bekas
Kredit mobil bekas biasanya diberikan oleh bank atau lembaga pembiayaan

Cicilan mobil bekas Jakarta ini bisa terselenggara berkat kerjasama antara sejumlah dealer yang bekerja sama dengan perusahaan pembiayaan maupun bank. Dari sinilah muncul penawaran layanan membeli mobil bekas secara kredit.

Satu hal yang perlu diingat, tidak semua mobil bekas bisa dibeli dengan kredit. Karena sangat tergantung dari kebijakan leasing dan bank.

Contoh ketentuan yang bisa berbeda-beda misalnya mengenai batasan usia mobil bekas yang bisa dikredit. Batasan usia ini sangat tergantung dari aturan masing-masing lembaga pembiayaan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Mau Kredit Mobil Bekas? Ketahui Hal Ini Terlebih Dulu!

#2: Selalu Cermat Dalam Memilih Bank Atau Lembaga Pembiayaan

Cari informasi kredit mobil bekas
Mencari informasi kredit mobil bekas lewat internet

Untuk memilih leasing mobil, Otofriends bisa memilih lembaga-lembaga pilih yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, pastinya juga yang menawarkan bunga ringan.

Kalau membeli mobil bekas lewat showroom, biasanya pihak penjual sudah memiliki daftar lembaga pembiayaan yang direkomendasikan. Tentu kita juga harus cermat dalam memilih tempat jual mobil berkualitas. Banyak showroom mobil bekas dijual di Jakarta, variasi mobil saja tidak cukup, mobil yang dijual harus bergaransi dan sehat.

Bukan saja cermat dalam memilih leasing, Otofriends sebaiknya juga harus mengetahui aturan tentang besarnya cicilan. Simulasi tentang cicilan ini bisa kita temukan di beberapa situs web milik leasing, sehingga bisa memberi sedikit ilustrasi tentang besaran cicilan.

#3: Usia Mobil Yang Bisa Dikredit

Showroom mobil bekas di Jakarta
Showroom mobil bekas

Mengingat faktor usia mobil dan kondisi mesin yang sudah tidak baru lagi, karena itu leasing tidak berani mengambil risiko. Antara lain dengan aturan tentang batasan usia mobil yang bisa dikredit.

Pada umumnya batasan maksimal usia mobil adalah 15 tahun dihitung setelah lunas. Sementara maksimal lamanya cicilan atau tenor adalah dua tahun.

Artinya kalau tahun ini mengajukan cicilan, maka usia paling tua adalah mobil produksi tahun 2009 dengan tenor 2 tahun. Bisa juga mobil produksi tahun 2008 dengan tenor 1 tahun.

Ada juga lembaga pembiayaan yang berani memberikan kredit untuk mobil di atas 15 tahun. Hanya saja syaratnya lebih ketat. Misalnya uang muka harus sampai 50 persen. Seleksi untuk konsumen (kreditur) juga akan lebih ketat agar pembayaran kreditnya tidak macet.

#4: Syarat Kredit Mobil Bekas

Persyaratan kredit mobil bekas
Dokumen persyaratan kredit mobil bekas

Syarat pembelian mobil bekas dengan kredit kurang lebih sama dengan ketika membeli mobil baru. Termasuk syarat dan ketentuannya, yaitu antara lain:

  • Foto Copy KTP suami & istri, atau sendiri (karyawan belum menikah)
  • Foto Copy Kartu keluarga
  • Foto Copy Slip Gaji (karyawan)
  • Foto Copy Rekening Koran / Tabungan 3 Bulan Terakhir
  • Foto Copy Pajak Bumi & Bangunan (PBB)
  • Foto Copy Surat Izin Praktik ( Wiraswasta & Profesional)
  • Foto Copy Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Foto Copy SIUP & TDP (Wiraswasta)
  • Foto Copy Akte Pendirian & Perubahan (Wiraswasta)

Setelah semua syarat kredit ini terpenuhi, maka selanjutnya pihak perusahaan pembiayaan akan melakukan berbagai prosedur seperti survei mobil dan pengecekan dokumen. Proses ini biasanya akan memakan waktu hingga beberapa hari.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Begini Nih, Cara Menghitung Kredit Mobil Bekas

#5: Yang Perlu Dilakukan Sebelum Memutuskan Memutuskan Kredit

Inspeksi mobil bekas Otospector
Inspeksi mobil bekas oleh tim Otospector

Kredit mobil bekas hanyalah urusan proses pembiayaan. Sebaiknya Otofriends juga melakukan beberapa langkah seperti melakukan tes drive dan memeriksa kelengkapan surat-surat.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah pemeriksaan kondisi mobil secara menyeluruh, baik eksterior, interior dan juga mesinnya. Pastikan semua kondisi mobil ini masih aktif dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Agar semakin yakin dalam pemeriksaan mobil ini, Otofriends bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Sebagai pihak yang independen, Otospector akan memberikan penilaian yang objektif, sehingga bisa menjadi masukan berharga untuk mengambil keputusan saat pembelian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya