Klik disini untukJual Mobil Anda

Cek Interior Mobil Bekas Sebelum Beli

September 14, 2022
By Thomas W
Cek Interior Mobil Bekas Sebelum Beli-otospector

Selain pengecekan mesin dan bodi, proses lain yang harus dilewati saat membeli mobil bekas adalah cek interior mobil bekas. Sisi interior amat penting karena mencerminkan perawatan pemilik sebelumnya terhadap kendaraan. Jika interior kurang terawat, besar kemungkinan sektor yang lain juga sering terabaikan.

Cek interior mobil bekas juga bisa dikatakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. Gampang karena komponen-komponen yang harus dicek mudah diakses. Namun kadang menjadi kesulitan tersendiri, karena butuh ketelitian dan kehati-hatian dalam pengecekan agar tidak terjadi kerusakan.

Nah, apa saja yang bisa dilakukan saat cek interior mobil bekas? Yuk, kita lihat bagian-bagiannya:

#1: Dashboard Dan Konsol Tengah   

Dashboard mobil
Dashboard mobil

Dashboard jadi sasaran pertama dalam pengecekan mengingat bagian ini termasuk sulit diperbaiki jika terjadi kerusakan. Dashboard yang tidak dirawat dengan benar, biasanya akan lecet-lecet atau rusak. Padahal harga penggantian komponennya cukup mahal atau bahkan sudah langka di pasaran.

Cek secara teliti panel-panel dashboard, apakah ada indikator peringatan yang menyala. Periksa juga tombol-dan tuas untuk mengoperasikan AC, lampu, head unit, wiper, engine start, serta fitur-fitur lainnya.

Periksa juga kondisi glove box yang ada di bagian bawah dashboard serta ruang penyimpanan di bagian konsol. Jika bagian-bagian tersebut masih dapat berfungsi baik atau minim kerusakan, maka akan menjadi sebuah nilai tambah tersendiri bagi sebuah mobil bekas.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: Catat, 6 Alat Dan Bahan Pembersih Dashboard Mobil

#2: Periksa Sarung Atau Pelapis Jok

Jok mobil
Jok mobil

Biasanya pemilik mobil melapisi jok dengan kulit asli atau sintetis. Meski begitu, usahakan Otofriends tetap melihat kondisi jok aslinya, apakah ada noda atau kerusakan. Buka sebagian sarung pelapis sambil diperhatikan dengan cermat.

Pada jok berbahan kulit serta sudah cukup berumur, kondisinya biasanya sudah retak-retak atau malah sobek. Busa jok juga bisa sudah kempis atau malah ambles.   

Sekalian juga cek fungsi-fungsi setelan jok seperti sandaran kepala, setelan punggung, gerak maju-mundur, serta sabuk pengamannya. Jika ada kerusakan pada bagian-bagian ini, maka bisa mengganggu kenyamanan dan konsentrasi saat berkendara.

#3:  Setir, Tuas, Dan Pedal

Tuas persneling
Tuas persneling

Pengecekan berikut adalah benda-benda yang biasa tersentuh tangan dan kaki saat mobil dioperasikan. Pada bagian yang tersentuh tangan ada setir, tuas transmisi, dan tuas rem tangan.

Sama seperti jok, jika setir sudah diberi pelapis, maka sebaiknya periksa juga kondisi aslinya. Perhatikan juga terdapat bagian-bagian yang keropos pada setir dan tuas-tuas ini.

Sedangkan yang tersentuh kaki adalah pedal-pedal. Pastikan fungsi pedal masih normal dan permukaan pijakannya masih baik. Menariknya, kondisi pedal ini juga bisa mencerminkan usia mobil dan jarak yang sudah ditempuhnya.

#4: Panel, Plafon, Dan Doortrim

Doortrim mobil
Doortrim pada pintu depan

Tak kalah penting adalah memeriksa bagian panel, plafon, dan doortrim. Pada mobil yang kurang terawat, biasanya plafon dan doortrim terlihat cacat, baik itu rusak ataupun sobek.

Jika hanya kotor atau kusam, biasanya secara umum bisa dibersihkan dengan cairan khusus lewat jasa detailing. Namun bagi mobil yang sudah di atas 10 tahun, rata-rata sudah sulit kembali seperti aslinya, karena ada bagian-bagian tertentu yang sudah aus atau terkikis.

Jika kondisinya memang sudah bermasalah, penggantian bagian-bagian yang rusak bisa dilakukan dengan melapisinya. Namun perbaikan ini akan sulit dibuat seperti aslinya, terutama yang menggunakan kain atau kulit. Karena bahan yang asli dari pabriknya biasanya sudah tidak diproduksi atau langka.

#5: Lantai Bawah Mobil

Dek mobil
Dek mobil

Bagian dek atau lantai mobil yang tertutup karpet boleh dibilang paling jarang ditengok karena memang melakukannya tidak gampang. Namun jika kita melakukannya tanpa tergesa-gesa dan cukup cermat, bukan hal yang tidak mungkin dikerjakan.

Kondisi yang perlu dicek adalah bagian sudut-sudut mobil, untuk mengecek adanya potensi karat. Begitu juga dengan kondisi baut-baut pada dek, dipastikan apakah ada karat.

Selain karena usia dan perawatan, karat pada sudut-sudut dek juga menjadi indikasi mobil kemungkinan pernah terkena banjir. Jika sudah terendam banjir, maka potensi kerusakan pada bagian lain juga sangat mungkin terjadi, seperti misalnya kelistrikan.  

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Begini Langkah-langkah Merawat Kabin Mobil Sendiri

Bagaimana memastikan mobil bekas yang akan kita pilih tidak pernah terendam banjir?

Sebelum dijual di bursa mobil bekas, mobil-mobil yang pernah terkena banjir biasanya akan dibersihkan hingga kondisinya menjadi sangat rapi. Namun mobil semacam ini sebenarnya hanya sekadar bersih saja, karena tetap saja banjir dapat menyebabkan berbagai kerusakan yang tidak terduga.

Untuk memastikan apakah mobil pernah terkena banjir, jangan ragu untuk menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan pemeriksaan yang mendetail dan dilakukan oleh inspektor andal, maka jejak-jejak terendam banjir pada sebuah mobil dapat diketahui dengan jelas.

Hasil inspeksi mobil juga akan lengkap menggambarkan kondisi mobil seutuhnya, sehingga Otofriends akan memperoleh referensi yang tepat dalam mengambil keputusan pembelian.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya