Cara Mudah Mengetahui Kaca Film Asli atau Palsu

Mei 18, 2024
By Getan Metodius
Cara Mudah Mengetahui Kaca Film Asli atau Palsu-otospector

Seperti yang kita ketahui, kaca film merupakan komponen yang sangat penting, karena berfungsi sebagai untuk penolak panas ketika kita di kabin mobil dan juga berfungsi untuk menjaga privasi penumpang. Di zaman sekarang ini banyak sekali merek kaca film yang mudah ditemui baik itu asli atau palsu. Tapi kalau nggak hati-hati kamu bisa dapetin yang aspal, alias asli tapi palsu.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Berikut ini ada beberapa cara untuk kamu supaya bisa membedakan kaca film asli atau palsu.

#1: Warna Dari Kaca Film.

kaca film mobil

Sumber: indozoneotomotif

Dari warna kaca film bisa menjadi salah satu acuan untuk membedakan kaca film tersebut asli atau palsu. Contohnya jika kaca film tersebut adalah palsu dengan seiring berjalannya waktu penggunaan, kaca film yang palsu akan berubah warna, biasa nya perubahan warna tersebut sudah bisa terlihat sekitar 2-3 bulan. Dan sedangkan kaca film yang asli dengan berjalan waktu penggunaan tidak akan mengalami perubahan warna.

Baca juga:  Mau Beli Mobil Matic? Kenali Dulu Jenis-jenis Transmisinya

#2: Lihat Kartu Garansi pada Kaca Film yang Asli.

kartu garansi kaca film

Sumber: gridoto

Biasanya kaca film yang asli akan dilengkapi dengan kartu garansi untuk menjadi jaminan jika produknya asli, serta kartu garansi juga berfungsi untuk mendapatkan layanan setelah membeli kaca film di tempat dealer yang terpercaya.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Perhatikan Logo pada Merek.

logo kaca film

Sumber: lazada

Biasanya logo merek pada kaca film bisa menjadi ciri yang dapat membedakan merek tersebut asli atau bukan. Pada umumnya untuk kaca film yang asli akan mempunyai logo yang pixelnya rapih, logo yang asli cenderung lebih tipis, serta ukuran front nya sedang.

Sedangkan untuk film yang palsu akan mempunyai merek logo yang kurang bersih, logo yang tidak jelas, serta warna tinta tebal. Untuk kaca film yang biasanya logo terlalu tebal bisa membuat kaca film menjadi bergelombang ketika sedang digulung, maka akan menyebabkan kualitas dari kaca film tersebut akan menurun atau tidak maksimal.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Lihat dari Ketebalan Kaca Film.

ketebalan kaca film

Sumber: garasi

Cara membedakan selanjutnya adalah dapat dibedakan dengan cara melihat ketebalan kaca tersebut. Untuk kaca film yang asli akan mempunyai bahan yang sangat kaku dan juga tebal, jika kaca film yang asli pada saat ditekukkan akan terdengar sangat padat. Karena kaca film yang asli sudah mempunyai ketebalan sekitar 1,5 sampai 1,7 mikron.

Sedangkan kaca film yang palsu biasanya ketebalannya cenderung tipis, serta kualitas nya pun sangat berbeda dengan bahan kaca film yang aslinya. Kaca film yang palsu ketika diraba bahannya terasa tipis seperti kantong plastik yang lentur.

Baca juga:  Inilah Arti Gigi L di Mobil Matic

#5: Dilihat dari harga.

mengetahui kaca film asli atau palsu

Sumber: kompas

Biasanya kaca film yang asli akan dijual oleh distributor resmi dengan harga yang cukup mahal dibandingkan dengan harga kaca film yang palsu. Jika harga kaca film cenderung murah akan biasanya kaca film tersebut sudah dipastikan palsu.

Karena biasanya harga kaca film yang asli sekitar di atas Rp 1 jutaan. Sedangkan untuk kaca film yang palsu harganya sekitar Rp 400 ribuan sampai Rp 700 ribuan.

#6: Cek kaca Film dengan Alat Tolak Panas.

mengetahui kaca film asli atau palsu

Sumber: Tokopedia

Rupanya di tempat penjualanan kaca film yang resmi sudah mempunyai atau untuk mengukur tolak panas lho. Biasanya alat ini digunakan untuk mengetahui serta dapat membedakan kaca film yang asli dengan kaca film yang palsu. 

Untuk kaca film yang asli akan mempunyai angka tolak panas yang cukup rendah, alangkah baiknya jika mobil kamu ingin dipasangkan kaca film jangan sungkan untuk meminta izin untuk cek kualitas nya menggunakan alat tolak panas.

Beli mobil bekas yang aman.

Setelah kita tahu bagaimana mengetahui kaca film mobil yang asli, bang min mau ingetin lagi buat Otofriends yang mau beli mobil bekas, disarankan menggunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector ya.

Inspeksi mobil Otospector adalah pionir dan no 1 di Indonesia, jadi dengan menggunakan jasa inspeksi Otospector, kamu bisa memberikan keputusan yang tepat dalam membeli mobil.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Karena 5 Alasan Ini Innova Diesel Terus Dicari

Februari 25, 2024
Sudah bukan kabar baru lagi kalau Toyota Kijang Innova diesel adalah salah satu jenis mobil yang paling sulit ditemui di bursa mobil bekas. Karena mobil ini biasanya tidak bakal lama-lama nongkrong di showroom. Begitu dipajang, tak lama bakal langsung terjual. Bukan cuma karena menyandang nama Toyota dan Innova, maka mobil ini laris manis di pasaran.
Baca Lebih Lanjut

5 Rekomendasi Dealer Mobil Bekas Di Bandung 2024

Februari 25, 2024
Apakah Otofriends tahu, bahwa tidak semua orang selalu berminat untuk membeli mobil baru, tapi ada yang sengaja memilih membeli mobil bekas. Bukan berarti tidak ada dananya, tapi mereka sengaja memilih mobil bekas karena berbagai alasan. Salah satunya karena harga mobil bekas tidak akan terlalu jatuh. Selain Jakarta, salah satu penjualan mobil bekas terbesar adalah Bandung.
Baca Lebih Lanjut

Mari Mengenal Lebih Dekat Garansi Mobil Terbaik

Februari 24, 2024
Membeli mobil tentu saja merupakan investasi yang besar dan membutuhkan pertimbangan yang matang. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah garansi yang diberikan oleh produsen mobil atau penjual. Sayangnya tidak semua pembeli menyadari arti pentingnya garansi. Terutama pada pembelian mobil bekas. Sehingga mereka tidak mempedulikan apakah penjual menyediakan garansi atau tidak. Sebenarnya sejauh mana pentingnya
Baca Lebih Lanjut