Inilah Arti Gigi L di Mobil Matic

Februari 02, 2024
By Thomas W
Inilah Arti Gigi L di Mobil Matic-otospector

Banyak pengemudi yang sudah mahir menjalankan mobil bertransmisi otomatis atau matic, tapi ternyata masih belum paham arti gigi L di mobil matic. Masalahnya, posisi L ini memang agak jarang dipakai. Apalagi bagi mereka yang sehari-hari lebih banyak berkendara di perkotaan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Gigi L merupakan salah satu posisi transmisi matic yang berperan dalam mengatur putaran dan kecepatan di medan ekstrem. Terutama pada kondisi jalan menanjak di mana diperlukan traksi ekstra. Lalu, kapan kita bisa memakainya?

Nah, agar Otofriends semakin paham tentang cara kerja transmisi matic ini, yuk kita lihat arti gigi L di mobil matic dan penjelasannya berikut ini:

#1: Arti L Pada Transmisi Matic

Arti Gigi L di Mobil Matic

Sumber: Carsome

Huruf L berasal dari kata “low” (rendah) yang bisa diartikan bahwa transmisi bekerja pada rasio rendah yakni gigi 1.

Dengan posisi ini, mobil banyak mendapat torsi dan daya dorong pada kecepatan rendah yang berguna saat mobil melewati tanjakan atau menarik beban berat.

Pada beberapa mobil matic produksi lama, sistem ini akan mengunci pada gigi 1 saja. Namun di mobil modern, gigi tetap akan berganti otomatis pada batas RPM tertentu untuk mencegah kerusakan dan tekanan pada mesin dan transmisi.

Baca juga: Pengertian 10 Lampu Indikator Yang Ada Di Mobil

#2: Waktu yang Tepat Untuk Menggunakannya

Arti Gigi L di Mobil Matic

Posisi gigi L digunakan saat mobil berjalan dengan kecepatan rendah. Terutama saat jalan menanjak atau sedang menarik beban berat.

Gigi L juga bisa digunakan saat mobil sedang mengalami kesulitan mendapat traksi. Biasanya di permukaan licin atau berpasir.

Saat mobil sedang berjalan menurun, gigi L juga bisa dipakai untuk menambah efek engine brake. Namun harus diingat, kecepatan harus tetap rendah.

Di perkotaan, gigi L ternyata juga bisa dipakai dalam kondisi lalu-lintas yang padat. Karena sering di posisi “stop and go”, gigi L dapat membuat sistem transmisi otomatis lebih responsif. Kendaraan juga jadi lebih stabil.

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Langkah-langkah Mengaktifkan Gigi L pada Mobil Matic

Arti Gigi L di Mobil Matic

Sumber: Carfromjapan.com

  1. Mobil sebaiknya dalam kondisi berhenti atau bergerak lambat.
  2. Masukkan persneling ke posisi gigi L.
  3. Lepaskan rem perlahan-lahan dan tekan gas sedikit untuk mulai bergerak.
  4. Tetap dalam kecepatan rendah sekaligus menyesuaikan dengan kondisi medan.
  5. Jika sudah tidak diperlukan, kembalikan ke posisi D
Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Manfaat Lain Menggunakan Gigi L

Arti Gigi L di Mobil Matic

Sumber: Mercedes Benz

Pada dasarnya saat digunakan gigi L mobil akan mendapat torsi lebih besar sehingga terjadi peningkatan traksi pada roda. Mobil akan lebih mudah melewati medan tanjakan tanpa tergelincir.

Selain itu, Otofriends juga dapat mengurangi penggunaan rem saat mobil melewati turunan. Tentu gesekan pada sistem pengereman bisa dikurangi dan kampas lebih awet.

Dengan posisi gigi yang tepat, yaitu sesuai kebutuhannya, maka kesehatan mesin juga lebih terjamin. Kinerja mesin juga jadi optimal.

Baca juga: Cara Parkir Paralel Mobil Matic

Apakah harga mobil bekas dipengaruhi respons pasar ketika masih baru?

Mobil dengan model tertentu yang terbukti laris di pasar, tentu juga merupakan sebuah gambaran penerimaan konsumen. Mobil laris seperti ini salah satu cirinya ada pada harga jualnya yang stabil atau depresiasinya rendah.

Namun untuk menilai sebuah mobil, jangan melulu terpengaruh harga. Harus dicek betul bagaimana kondisinya, baik body, interior, mesin, transmisi, maupun kelistrikan.

Kalau Otofriends ingin pengecekan menyeluruh secara mudah, pilihan terbaik tentu saja menggunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dengan prosedur inspeksi di lebih dari 150 titik dan dilakukan inspektor profesional, hasilnya tentu akan optimal.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Harga Avanza 2018 Bekas Mulai Rp145 Jutaan

Desember 19, 2023
Harga Avanza 2018 tetap meraja, maka tak salah kalau dikatakan Toyota Avanza adalah mobil sejuta umat. Popularitas mobil ini tetap tinggi, bahkan sampai hari ini atau 20 tahun sejak peluncuran pertama kali pada Januari 2004. Toyota Avanza tahun 2018 termasuk di dalam Toyota Avanza Generasi kedua. Pada generasi ini, Avanza mengalami peningkatan dan perubahan, baik
Baca lebih lanjut

Catat Nih, 7 Penyebab Setir Mobil Terasa Berat

Desember 17, 2023
Salah satu kondisi menyiksa saat berada di jalanan adalah setir mobil yang mendadak terasa berat. Apalagi jika ditambah bunyi-bunyian tidak biasa yang asalnya dari lingkar kemudi. Bagi sang pengemudi kondisi semakin menyebalkan tatkala mereka sedang berkendara di tengah kemacetan lalu-lintas. Di tengah situasi yang butuh kenyamanan, justru diperlukan tenaga ekstra hanya untuk menggerakkan lingkar kemudi.
Baca lebih lanjut