Cara Mengurus STNK Hilang Tidak Sulit, Begini Prosesnya

Januari 22, 2022
By Thomas W
Cara Mengurus STNK Hilang Tidak Sulit, Begini Prosesnya-otospector

Cara mengurus STNK hilang sering jadi pertanyaan para pemilik kendaraan setelah baru saja terkena musibah kehilangan. STNK memang bisa hilang karena berbagai sebab. Misalnya terselip entah di mana, kehilangan dompet, dicuri orang, atau bisa juga karena rusak.

Hal yang paling penting sebelum mengurus STNK baru adalah mendapatkan surat keterangan hilang dari Polsek atau Polres. Sebaiknya saat pengurusan diserahkan copy dari STNK yang hilang. Namun jika tidak ada, cukup menggunakan BPKB saja.

Bagaimana selanjutnya? Yuk kita simak cara mengurus STNK hilang dari sisi prosesnya:

#1: Siapkan Berkas Yang Dibutuhkan

BPKB Mobil

Sebaiknya sebelum pergi ke kantor Samsat, segera siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan. Berkas itu terdiri atas:

  • Surat kehilangan STNK dari kepolisian
  • KTP dan fotokopinya,
  • Fotokopi STNK
  • BPKB asli beserta fotokopinya. 

#2: Mengisi Formulir Pendaftaran Di Samsat

Asuransi Mobil Bekas 5

Begitu sampai di Samsat, isilah formulir pendaftaran secara benar dan lengkap.

Setelah diisi, kemudian berikan formulir tersebut ke bagian loket pengurusan STNK hilang. Di loket ini semua berkas yang sudah disiapkan bisa diserahkan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos

Baca juga: 4 Cara Mudah Cek Pajak Kendaraan Online

#3: Pengecekan Fisik Kendaraan

Mengurus STNK hilang

Setelah dokumen yang diperlukan telah dikonfirmasi, petugas akan mengecek mobil yang bersangkutan. Istilahnya akan dilakukan cek fisik.

Pengecekan fisik ini akan melihat seluruh kendaraan mulai dari rangka dan mesinnya. Tujuannya untuk melihat apakah mobil masih layak digunakan dan tidak membahayakan pengemudi maupun pengguna jalan lainnya.

Saat ini ada juga wilayah yang memberlakukan kewajiban untuk uji emisi.

#4: Membayar Biaya Pembuatan STNK

6 Faktor Yang Mempengaruhi Tenor Kredit Mobil Bekas

Biaya untuk penerbitan STNK yang tertera dalam Jenis dan Tarif atas Penerimaan Negara Bukan Pajak Polri berdasarkan PP No. 50 tahun 2010 adalah sebagai berikut:

• Rp 50.000: Kendaraan bermotor roda 2, roda 3, atau angkutan umum.

• Rp 75.000: Kendaraan bermotor roda 4 atau lebih.

• Rp 0: Pengesahan STNK

#5: Menunggu Terbitnya STNK Baru

Surat-surat Kendaraan
BPKB, STNK, dan Lembar Pajak

Langkah terakhir, Otofriend hanya perlu menunggu pembuatan STNK yang baru. Serahkan bukti pembayaran, baru kemudian petugas Samsat akan langsung memproses pembuatan STNK yang baru.

Jika semua langkah sudah selesai dilakukan, tinggal serahkan bukti pembayaran dari kasir ke bagian pengambilan STNK baru. Tunggu panggilan untuk mengambil STNK dan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD) yang sudah jadi.

Dari tip inilah kita mengetahui bahwa cara mengurus STNK hilang tidaklah sulit. Bahkan hanya memakan waktu sekitar 15 menit sampai 30 menit saja, tergantung dari situasi antrean di kantor Samsat.

Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Inilah 4 Cara Perpanjang STNK Mobil Anda

Bagaimana cara kita memastikan mobil bekas memiliki surat-surat lengkap?

Jika Otofriends ragu-ragu dengan surat-surat sebuah mobil bekas, maka sebaiknya gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Petugas inspeksi akan memeriksa kelengkapan surat-surat dan memastikan sudah sesuai dengan kendaraan yang diinspeksi.

Namun jika Otofriends ingin mengetahui keabsahan surat-surat, maka silakan saja langsung ke Kantor Samsat. Pengecekan keabsahan surat-surat masuk dalam ranah Samsat atau Kepolisian.  

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Inilah Arti Gigi L di Mobil Matic

Februari 02, 2024
Banyak pengemudi yang sudah mahir menjalankan mobil bertransmisi otomatis atau matic, tapi ternyata masih belum paham arti gigi L di mobil matic. Masalahnya, posisi L ini memang agak jarang dipakai. Apalagi bagi mereka yang sehari-hari lebih banyak berkendara di perkotaan. Gigi L merupakan salah satu posisi transmisi matic yang berperan dalam mengatur putaran dan kecepatan
Baca lebih lanjut

Cek Harga Honda CRV Bekas Per Desember 2024

Februari 01, 2024
Dari sekian banyaknya pilihan SUV, Honda CRV bekas ternyata juga mempunyai daya tarik tersendiri. Terlebih lagi setelah memperoleh berbagai macam penyegaran pada bagian eksterior maupun interior didalamnya tersebut. Bahkan beberapa pilihannya sudah dibekali dengan adanya teknologi hybrid tetapi sayangnya untuk varian inipun belum masuk ke Indonesia. Kendati demikian, beberapa variannya yang ada disini sudah berhasil
Baca lebih lanjut

5 Faktor Penyebab Mobil Mati Saat Hujan

Januari 30, 2024
Banyak faktor yang bisa jadi penyebab mobil mati saat hujan. Maklum saja, pada saat hujan atau cuaca sedang buruk, mobil memang cenderung rawan terkena gangguan. Pada gangguan yang parah, mobil malah bisa mogok tiba-tiba, di tengah jalan. Masalahnya, tidak semua pengemudi tahu paham penyebab mobil mereka mendadak mati saat hujan, termasuk cara mengatasinya. Nah, agar
Baca lebih lanjut