Cara Mencari Rest Area Terdekat Saat Mudik 2024

Februari 02, 2023
By Getan Metodius
Cara Mencari Rest Area Terdekat Saat Mudik 2024-otospector

Mudik tahun 2023 menjadi salah satu mudik yang diprediksi akan sangat ramai. Mengingat sudah tidak adanya pembatasan akan hal-hal lain seperti pandemi dan pembatasan aktivitas. Bahkan Kementerian Perhubungan sudah memprediksi puncak arus mudik 2023 akan jatuh pada 21 April mendatang. Lalu untuk arus balik akan diprediksi padat di tanggal 25 April atau sekitar H+2 dari  Hari Raya Idul Fitri 2023.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Nah Otofriends bakalan mudik gak nih ke kampung halaman? Cek data menarik lainnya yuk, jumlah pergerakan puncak arus mudik di 2023 ini di prediksi bisa mencapai 17,7 juta orang loh. Serta untuk wilayah asal pemudik terbanyak ada Jawa Timur dengan 17,1%, Jawa Tengah 15,5%, Jabodetabek 14,8%, Jawa Barat 12,1% serta Sumatera Utara di angka 3,6%.

Serta untuk data transportasinya bisa kita lihat dari mobil pribadi yang terbanyak, di angka 22,07% atau 27,32 juta orang, sepeda motor 20,3% atau 25,13 juta orang, menggunakan bus 18,39% atau 22,77 juta orang, kereta api 11,69% atau 14,47 juta orang serta sewa mobil di angka 7,7% atau 9,53 juta orang.

Kalau udah tahu bakalan banyak yang pakai mobil pribadi, udah pada siap-siap belum nih Otofriends untuk mudik tahun 2023 kali ini? Siapkan kondisi mobil serta kondisi fisik ya biar selamat dalam pulang pergi selama mudik lebaran. Untuk kamu yang mudik dengan nyetir sendiri, kadang ada waktunya badan perlu istirahat, nah kita bakalan kasih tahu caranya mencari rest area terdekat saat mudik, semoga bermanfaat.

#1: Tipe Rest Area di Jalan Tol.

Tipe Rest Area

Berdasarkan informasi dari Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT ada 3 jenis atau tipe dari rest area yang dibedakan sesuai dengan adanya ketentuan fasilitas.

Tipe A: Area rest area sangat luas dengan fasilitas penunjang seperti ATM, Toilet, Klinik, SPBU, Bengkel, Minimarket, Mushola, Resto, Ruang Terbuka Hijau dan Tempat Parkir.

Tipe B: Area lebih kecil dari tipe A di atas, namun tetap dengan fasilitas cukup lengkap seperti ATM, Toilet, Minimarket, Mushola, Resto, Tempat Parkir dan Ruang Terbuka.

Tipe C: Area yang lebih kecil dari tipe B dengan fasilitas Toilet, Kios / Warung, Mushola, Tempat Parkir yang akan dibuka pada saat tertentu seperti saat hari besar.

Baca juga: Kenali Layanan Darurat Mobil Saat Mudik

#2: Cek Rest Area Dengan Aplikasi Travoy.

aplikasi travoy cek rest area terdekat

Mencari rest area terdekat kini dengan mudah menggunakan aplikasi di ponsel pintar saja. Seperti pada aplikasi Travoy dari Jasa Marga berikut ini, aplikasi ini merupakan aplikasi penyedia peta saja, tanpa navigasi atau petunjuk arah. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk jalan tol di Pulau Jawa.

Di Aplikasi Travoy kita bisa mencari rest area terdekat yang tersedia di titik ruas jalan tol pulau Jawa. Caranya sangat mudah dengan membuka Aplikasi Travoy di ponsel pintar dan klik menu “Rest Area”, dan segera ditampilkan rest area di jalan tol yang “terdekat” dengan lokasi kita. Tidak sampai di sana, kita bisa tahu loh fasilitas yang ada di rest area tersebut di aplikasi canggih ini.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Mencari Rest Area Via Google Maps.

Siapa yang tidak tahu tentang aplikasi ini, Google Maps adalah aplikasi peta dan navigasi sehingga kita bisa mendapatkan petunjuk arah ke satu tempat. Dengan Google Maps kita bisa mencari rest area terdekat dengan cara membuka aplikasi dan mengetik “Rest Area” dan Google akan merekomendasikan titik rest area yang bisa kita kunjungi, kita bisa melihat ulasan atau review dari orang-orang yang sudah pernah menggunakan rest area tersebut.

#4: Cari Rest Area Mudik 2023 Dengan Aplikasi BPJT.

aplikasi bpjt

Selain Google Maps yang merupakan aplikasi navigasi yang cukup baik dan banyak digunakan, kita juga bisa menggunakan aplikasi BPJT. Setelah mengunduh aplikasi misalnya di Playstore kita tinggal mengklik gambar “Rest Area” saja dan tinggal mengizinkan akses lokasi dan arahkan GPS ke lokasi dan cari “Rest Area” terdekat dan segera list rest area akan muncul.

#5: Cari Rest Area Saat Mudik Dengan Waze.

aplikasi waze

Sebetulnya Waze adalah aplikasi yang serupa dengan Google Maps, kita juga dengan mudah mencari rest area terdekat. Tinggal buka aplikasi Waze setelah di install dan mengaktifkan GPS di ponsel, lalu ketik atau cari “Rest Area” dan segera akan dimunculkan rest area terdekat, serta kita juga bisa melihat informasi mengenai rest area yang ditampilkan dengan memilih tombol “Info” pada Waze.

Baca juga: Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2023

beli mobil bekas di tokopedia

Mudik mudah dengan bantuan teknologi dalam menemukan Rest Area:

Menggunakan aplikasi terbaik seperti daftar di atas, kita akan lebih mudah saat mudik. Terutama saat ingin mencari rest area untuk sekedar istirahat melepas penat dan lelah bersama keluarga saat di perjalanan menuju kampung halaman.

Selain menyiapkan install aplikasi, kita juga perlu menyiapkan kondisi fisik dan kondisi mobil. Bagi Anda yang ingin mencari mobil bekas untuk dibawa mudik ke kampung, disarankan membeli mobil dengan layanan Jasa Inspeksi Mobil Bekas Otospector. Menggunakan layanan Independen ini kita bisa mendapatkan benefit berupa bisa secara cepat menemukan mobil yang sehat untuk dibawa mudik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cara Cek BPKB Asli atau Tidak

April 23, 2024
Untuk mengetahui BPKB yang asli sangatlah penting bagi pemilik kendaraan. Apalagi nih buat yang beli mobil bekas, amit-amit jangan sampai salah beli atau ketipu. Ini beneran penting otofriends, karena sudah banyak sekali masyarakat yang sudah tertipu dengan BPKB yang palsu ketika hendak ingin membeli kendaraan.  Nah, untuk mengetahui permasalahan diatas, kamu harus memperhatikan atau mengecek
Baca Lebih Lanjut

Bolehkah Radiator Bocor Pakai Telur? Ini Tips Saat Darurat

April 20, 2024
Radiator bocor pakai telur? Ya, ini beneran. Bukan bercanda! Karena memang ada sebagian orang yang mencoba menambal kebocoran radiatornya pakai telur ayam. Hasilnya? Wah, kembali ke tingkat pengetahuan dan kondisi masing-masing. Yang jelas, cara ini memang tidak lazim. Sebelum kita bahas lebih lanjut, satu hal yang harus disadari oleh Otofriends, fungsi radiator di dalam menunjang
Baca Lebih Lanjut

Cari Tau Yuk Arti Warna dan Simbol Dalam Google Maps Berikut

April 20, 2024
Hayo, siapa nih di antara kalian yang masih bingung menggunakan Google Maps, atau masih ada otofriends yang gak bisa membaca apa arti nama dan simbol yang terdapat di Google Maps? Seperti yang kita ketahui, Google Maps merupakan aplikasi peta yang sangat sering digunakan untuk menentukan arah. Apalagi jika hendak ingin berpergian ke sesuatu tempat yang
Baca Lebih Lanjut