Cara Mencari Rest Area Terdekat Saat Mudik 2024

Februari 02, 2023
By Getan Metodius
Cara Mencari Rest Area Terdekat Saat Mudik 2024-otospector

Mudik tahun 2023 menjadi salah satu mudik yang diprediksi akan sangat ramai. Mengingat sudah tidak adanya pembatasan akan hal-hal lain seperti pandemi dan pembatasan aktivitas. Bahkan Kementerian Perhubungan sudah memprediksi puncak arus mudik 2023 akan jatuh pada 21 April mendatang. Lalu untuk arus balik akan diprediksi padat di tanggal 25 April atau sekitar H+2 dari  Hari Raya Idul Fitri 2023.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Nah Otofriends bakalan mudik gak nih ke kampung halaman? Cek data menarik lainnya yuk, jumlah pergerakan puncak arus mudik di 2023 ini di prediksi bisa mencapai 17,7 juta orang loh. Serta untuk wilayah asal pemudik terbanyak ada Jawa Timur dengan 17,1%, Jawa Tengah 15,5%, Jabodetabek 14,8%, Jawa Barat 12,1% serta Sumatera Utara di angka 3,6%.

Serta untuk data transportasinya bisa kita lihat dari mobil pribadi yang terbanyak, di angka 22,07% atau 27,32 juta orang, sepeda motor 20,3% atau 25,13 juta orang, menggunakan bus 18,39% atau 22,77 juta orang, kereta api 11,69% atau 14,47 juta orang serta sewa mobil di angka 7,7% atau 9,53 juta orang.

Kalau udah tahu bakalan banyak yang pakai mobil pribadi, udah pada siap-siap belum nih Otofriends untuk mudik tahun 2023 kali ini? Siapkan kondisi mobil serta kondisi fisik ya biar selamat dalam pulang pergi selama mudik lebaran. Untuk kamu yang mudik dengan nyetir sendiri, kadang ada waktunya badan perlu istirahat, nah kita bakalan kasih tahu caranya mencari rest area terdekat saat mudik, semoga bermanfaat.

#1: Tipe Rest Area di Jalan Tol.

Tipe Rest Area

Berdasarkan informasi dari Badan Pengatur Jalan Tol atau BPJT ada 3 jenis atau tipe dari rest area yang dibedakan sesuai dengan adanya ketentuan fasilitas.

Tipe A: Area rest area sangat luas dengan fasilitas penunjang seperti ATM, Toilet, Klinik, SPBU, Bengkel, Minimarket, Mushola, Resto, Ruang Terbuka Hijau dan Tempat Parkir.

Tipe B: Area lebih kecil dari tipe A di atas, namun tetap dengan fasilitas cukup lengkap seperti ATM, Toilet, Minimarket, Mushola, Resto, Tempat Parkir dan Ruang Terbuka.

Tipe C: Area yang lebih kecil dari tipe B dengan fasilitas Toilet, Kios / Warung, Mushola, Tempat Parkir yang akan dibuka pada saat tertentu seperti saat hari besar.

Baca juga: Kenali Layanan Darurat Mobil Saat Mudik

#2: Cek Rest Area Dengan Aplikasi Travoy.

aplikasi travoy cek rest area terdekat

Mencari rest area terdekat kini dengan mudah menggunakan aplikasi di ponsel pintar saja. Seperti pada aplikasi Travoy dari Jasa Marga berikut ini, aplikasi ini merupakan aplikasi penyedia peta saja, tanpa navigasi atau petunjuk arah. Aplikasi ini juga merupakan aplikasi yang diperuntukkan untuk jalan tol di Pulau Jawa.

Di Aplikasi Travoy kita bisa mencari rest area terdekat yang tersedia di titik ruas jalan tol pulau Jawa. Caranya sangat mudah dengan membuka Aplikasi Travoy di ponsel pintar dan klik menu “Rest Area”, dan segera ditampilkan rest area di jalan tol yang “terdekat” dengan lokasi kita. Tidak sampai di sana, kita bisa tahu loh fasilitas yang ada di rest area tersebut di aplikasi canggih ini.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Mencari Rest Area Via Google Maps.

Siapa yang tidak tahu tentang aplikasi ini, Google Maps adalah aplikasi peta dan navigasi sehingga kita bisa mendapatkan petunjuk arah ke satu tempat. Dengan Google Maps kita bisa mencari rest area terdekat dengan cara membuka aplikasi dan mengetik “Rest Area” dan Google akan merekomendasikan titik rest area yang bisa kita kunjungi, kita bisa melihat ulasan atau review dari orang-orang yang sudah pernah menggunakan rest area tersebut.

#4: Cari Rest Area Mudik 2023 Dengan Aplikasi BPJT.

aplikasi bpjt

Selain Google Maps yang merupakan aplikasi navigasi yang cukup baik dan banyak digunakan, kita juga bisa menggunakan aplikasi BPJT. Setelah mengunduh aplikasi misalnya di Playstore kita tinggal mengklik gambar “Rest Area” saja dan tinggal mengizinkan akses lokasi dan arahkan GPS ke lokasi dan cari “Rest Area” terdekat dan segera list rest area akan muncul.

#5: Cari Rest Area Saat Mudik Dengan Waze.

aplikasi waze

Sebetulnya Waze adalah aplikasi yang serupa dengan Google Maps, kita juga dengan mudah mencari rest area terdekat. Tinggal buka aplikasi Waze setelah di install dan mengaktifkan GPS di ponsel, lalu ketik atau cari “Rest Area” dan segera akan dimunculkan rest area terdekat, serta kita juga bisa melihat informasi mengenai rest area yang ditampilkan dengan memilih tombol “Info” pada Waze.

Baca juga: Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2023

beli mobil bekas di tokopedia

Mudik mudah dengan bantuan teknologi dalam menemukan Rest Area:

Menggunakan aplikasi terbaik seperti daftar di atas, kita akan lebih mudah saat mudik. Terutama saat ingin mencari rest area untuk sekedar istirahat melepas penat dan lelah bersama keluarga saat di perjalanan menuju kampung halaman.

Selain menyiapkan install aplikasi, kita juga perlu menyiapkan kondisi fisik dan kondisi mobil. Bagi Anda yang ingin mencari mobil bekas untuk dibawa mudik ke kampung, disarankan membeli mobil dengan layanan Jasa Inspeksi Mobil Bekas Otospector. Menggunakan layanan Independen ini kita bisa mendapatkan benefit berupa bisa secara cepat menemukan mobil yang sehat untuk dibawa mudik.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Cuma 300rban Inspeksi Mobil Bekas Otospector

Februari 23, 2024
Transaksi mobil bekas kini semakin banyak otofriends, dimana kamu bisa mendapatkan mobil bagus dengan harga sangat terjangkau. Apalagi kalau kita tahu nih beli mobil baru itu bisa kena depresiasi yang cukup besar loh. Makanya nggak heran kan banyak banget orang yang mau beli mobil bekas, dan ini sejalan dengan makin maraknya dealer mobil bekas. Boleh
Baca Lebih Lanjut

5 Cara Mengatasi Kaca Mobil Berjamur Terbaru 2024

Februari 22, 2024
Waduh kalau mobil itu emang perlu dirawat, gak cuma urusan mesin aja Otofriends. Contohnya kaca mobil, karena kaca mobil berjamur itu bisa mengganggu penglihatan kamu saat berkendara. Ditambah lagi kalau pandangan kurang baik atau kurang jelas sangat berbahaya dan bisa membahayakan diri kamu dan pengguna lainnya. Kadang memang cuaca bikin kesel, pagi dan siang panas,
Baca Lebih Lanjut

Biaya Harga Perbaikan Kaki-Kaki Mobil?

Februari 22, 2024
Seperti yang kita ketahui jika kaki-kaki mobil sudah menjadi peran penting yang berfungsi untuk tetap menopang berat mobil, serta membantu untuk menyerap getaran saat sedang melintas di jalanan. Kaki-kaki ini juga berfungsi untuk mengatur arah mobil atau sebagai penggerak roda mobil. Jadi, kaki – kaki mobil itu ada beberapa komponen contohnya seperti per, ball joint,
Baca Lebih Lanjut