Kenali Layanan Darurat Mobil Saat Mudik

Maret 10, 2023
By Thomas W
Kenali Layanan Darurat Mobil Saat Mudik-otospector

Saat melakukan perjalanan jauh atau mudik ke kampung halaman, tentu tidak ada pemilik mobil yang mau menemui kendala di tengah jalan. Karena itu biasanya sebelum memulai perjalanan, pemilik akan memeriksakan kondisi mobilnya dan melakukan servis di bengkel langganannya.

Akan tetapi meski persiapan sudah cukup baik, ada kalanya malang tak dapat ditolak. Mobil bisa tiba-tiba saja mengalami masalah. Bisa ban bocor, wiper tidak mau bekerja, kinerja mesin bermasalah, temperatur mesi panas, mobilnya mogok, butuh jumper aki mobil, dll. Pada saat seperti inilah, Otofriends akan butuh pertolongan darurat.

Sebelum menghadapi ancaman situasi seperti ini, yuk kita ketahui dulu apa saja yang diperlukan dalam menangani situasi dan kondisi darurat di jalanan:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Simpanlah Nomor Kontak Darurat

Telepon jalan tol

Ketika melintas di jalur jalan provinsi, tentu relatif tidak sulit mendapatkan pertolongan jika kondisi darurat. Beda situasinya dengan di jalan tol, di mana Otofriends hanya bisa berharap dari pengelola jalan tol. Karena itu menyimpan nomor kontak bantuan sangatlah penting.

Untuk jalan tol di Jabodetabek sampai dengan Cikampek dan Cileunyi, nomor yang bisa dihubungi adalah 14080. Sementara di luar ruas tersebut adalah:

  • Palimanan – Kanci, 0231-484268
  • Semarang, 024-7607777
  • Semarang – Bawen, 024-76911505
  • Surabaya – Gempol, 031-7878080
  • Gempol – Pandaan, 0343-5650729
  • Cikampek – Palimanan, 0260-7600600
  • Tangerang – Merak, 0254-207878
  • Pejagan – Brebes Timur, 0231-8638807
  • Kanci – Pejagan, 0888-3900-008
  • Jombang – Mojokerto, 0321-888123

Baca juga: Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2023

#2: Simpanlah Nomor Kontak Posko Siaga APM

Bengkel siaga mudik

Di musim mudik Idul Fitri, biasanya Agen Pemegang Merek (APM) akan menyediakan layanan posko darurat untuk sepanjang jalur para pemudik. Keuntungan memakai layanan bengkel siaga ini adalah karena beroperasi 24 jam, mekaniknya andal, serta spare part yang lengkap.

Dapatkan informasi tentang bengkel siaga ini saat Otofriends melakukan servis menjelang keberangkatan. Contohnya pada musim mudik tahun 2022 lalu, Honda menyiagakan 73 bengkel siaga dengan nomor kontak 08001446632. Sementara Toyota menggelar 302 layanan siaga dengan nomor kontak 0811 1500 315. Atau Mitsubishi membuka 51 layanan siaga dengan nomor kontak 08041300300 untuk mendapatkan layanan servis.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#3: Kenali Layanan Mobil Derek

Mobil derek

Alternatif penyelesaian masalah di jalan adalah dengan menggunakan mobil derek. Di jalan lintas provinsi, derek ini diselenggarakan oleh dinas perhubungan setempat. Sementara di jalan tol, ada derek yang melayani penarikan mobil sampai pintu tol terdekat, dan baru dikenakan tarif ketika menuju bengkel terdekat.

Ada beberapa jenis mobil derek, yaitu:

  • Derek untuk menarik mobil yang terperosok (Boom)
  • Derek yang menggunakan penarik rantai untuk menarik mobil (Kait dan Tarik)
  • Derek yang menarik dengan mengangkat salah satu poros roda depan atau belakang (Roda Diangkat)
  • Derek yang digunakan untuk mengangkut mobil di atas truk, biasanya untuk pengiriman mobil (Derek Gendong)
  • Derek dengan sistem hidrolik digunakan untuk mengangkat kendaraan dengan ground clearance rendah (Derek Hidrolik).

Sebelum memesan mobil derek, sebaiknya Otofriends tahu tarif mobil derek. Perusahaan penyedianya sendiri bisa bermaca-macam, seperti dinas perhubungan, perusahaan swasta atau milik pengelola jalan tol. Karena itu bisa berbeda-beda pula besarnya. Bahkan untuk derek jalan tol tarifnya gratis ke pintu tol terdekat

Kalau mau mengacu kepada peraturan di DKI Jakarta, maka tarif untuk mobil penumpang per 10 kilometer dikenakan biaya bervariasi:

  • Jarak 0 sampai 10 km Rp20 ribu
  • Jarak 10 sampai 20 km Rp35 ribu
  • Jarak lebih dari 20 km Rp10 ribu setiap 5 km berikutnya.

Baca juga: Mau Mudik? Catet Nih Tarif Tol Jakarta-Cikampek 2023

beli mobil bekas di tokopedia

Bagaimana memastikan mobil sehat sebelum mudik?

Memastikan kondisi mobil sebelum perjalanan jauh, tentu penting. Karena itu sebelum membeli mobil bekas yang akan langsung digunakan untuk mudik, pastikan Otofriends memilih mobil yang berkualitas.

Saat ini untuk mengetahui kondisi sebuah mobil yang akan dibeli, cukup mudah. Manfaatkan saja layanan Jasa Inspeksi Mobil Bekas dari Otospector. Dengan pemeriksaan yang mendetail dan dilakukan inspektor andal, maka kondisi sebuah mobil bekas bisa diketahui secara menyeluruh.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Waduh, Ini Ternyata 4 Biang Kerok Penyebab Ban Rusak!

April 17, 2024
OtoFriends, tahukah Anda bahwa mobil dengan kondisi ban rusak sangat berbahaya untuk dikendarai? Tak hanya dapat meletus tiba-tiba, ban yang gundul atau rusak bisa menyebabkan kecelakaan! Berhati-hatilah dan pelajari penyebab ban rusak berikut ini. #1: Cara Mengemudi yang Agresif Kebiasaan Anda memacu kendaraan di jalan ternyata bisa berpengaruh pada kondisi ban lho, OtoFriends. Anda yang
Baca Lebih Lanjut

Apa Boleh Radiator Mobil Pakai Air Mineral?

April 17, 2024
Bolehkah Radiator mobil pakai air mineral? Begitu pertanyaan klasik dari para pemilik mobil yang peduli dengan perawatan kendaraan terutama radiator. Maklum, radiator berperan penting dalam proses pendinginan mesin. Jangan sampai mesin jadi overheat cuma gara-gara radiator bermasalah. Tapi masalahnya, masih banyak juga orang yang mencoba mencari alternatif cairan pengisi radiator. Alasannya cuma ingin praktis saja.
Baca Lebih Lanjut