Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa

Maret 20, 2024
By Thomas W
Cara Atasi Ngantuk Berkendara Saat Berpuasa-otospector

Cara atasi ngantuk berkendara memang ada beragam cara. Namun karena situasinya sedang berkendara, saat mempraktikkannya tentu Otofriends dituntut untuk selalu berhati-hati dan menyesuaikan kondisi sekitar. Jangan sampai malah makin membahayakan perjalanan.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

Pengemudi yang merasa ngantuk saat berkendara memang bakal menghadapi situasi yang rawan bahaya. Apalagi kalau sampai pengemudi ketiduran sejenak atau istilahnya microsleep. Jika tertidur sekian detik, mobil bisa melenceng dan berpotensi mencelakakan diri sendiri dan orang lain.

Bagaimana cara atasi ngantuk berkendara saat puasa? Mari kita bedah satu per satu saran dari Kementerian Kesehatan RI ini:

#1: Beristirahat yang Cukup Sebelum Berkendara

Cara Atasi Ngantuk Berkendara

Sumber: Thegreatsmoky.org

Ngantuk saat berpuasa memang wajar, karena kurangnya waktu tidur dan tidak adanya asupan makanan. Namun bukan berarti Otofriends tetap nekat berkendara jika memang kondisi tidak memungkinkan.

Karena itu penting untuk tetap memastikan tubuh cukup beristirahat, seperti pada hari-hari biasa. Sebaiknya tidak berkendara mendekati atau saat waktu tidur serta mengatur perencanaan perjalanan yang baik.

Baca juga: Jenis Obat Ini Berbahaya, Bikin Ngantuk Saat Mengemudi

#2: Menepi dan Beristirahat

Cara Atasi Ngantuk Berkendara

Sumber: katadata.co.id

Saat merasa ngantuk di jalan, sempatkanlah untuk beristirahat sejenak. Menepilah di rest area atau di area lain yang memungkinkan. Karena pada dasarnya satu-satunya obat untuk ngantuk adalah tidur atau beristirahat.

Saat menepi, cobalah cuci muka. Lakukan pula peregangan otot dengan melakukan senam kecil agar peredaran darah lancar

beli mobil bekas di tokopedia

#3: Mendengarkan Musik Dan Ngobrol

Cara Atasi Ngantuk Berkendara

Sumber: Shutterstock

Menurut teori, mendengarkan musik dapat membangun mood. Musik juga bisa jadi teman perjalanan, apalagi kalau kita ikutan bernyanyi.

Begitu pula dengan mengajak teman perjalanan untuk ngobrol. Aktif berbicara bikin rasa kantuk akan teralihkan. Apalagi kalau pembicaraan agak serius.

Tapi ingat, dua aktivitas ini tidak boleh mengganggu konsentrasi berkendara.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#4: Buka Kaca Mobil dan Matikan AC

Cara Atasi Ngantuk Berkendara

Sumber: Kompas.com

Membuka kaca mobil dan membiarkan udara luar masuk sebanyak-banyaknya juga bisa untuk mengusir kantuk. Oksigen dan cahaya yang masuk akan membuat otak kita kembali segar.

Secara teori, suhu dingin bisa bikin orang cenderung mengantuk karena pembuluh darah menuju otak menyempit. Sebab asupan oksigen untuk kerja otak juga akan sedikit.

Karena itu mematikan AC dan membuat ruangan sedikit lebih hangat akan membuat kantuk hilang.

Baca juga: 10 Cara Mencegah Ngantuk Saat Mengemudi

Cara cek mobil bekas agar aman dipakai perjalanan jauh

Mobil bekas tentu saja tidak sesempurna mobil baru. Tapi itu ga masalah asalkan pembeli bisa memastikan komponen mana saja yang harus diperhatikan atau diganti. Karena itu penting untuk tahu kondisi mobil sejelas-jelasnya.

Biar kita tahu kondisi mobil bekas saat dibeli, gunakan jasa inspeksi mobil bekas Otospector. Dari pemeriksaan mendetail saat inspeksi mobil, Otofrends akan dapat gambaran lengkap tentang mobil dan kendala apa yang mungkin akan terjadi saat pemakaian nantinya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Siapin Segini Buat Flushing AC Mobil

Januari 20, 2024
Bagi sebagian orang, istilah flushing AC mobil mungkin masih terasa asing. Padahal salah satu cara untuk merawat AC mobil ini fungsinya sangat penting. AC mobil akan selalu dalam kondisi bersih dan terawat, serta berumur panjang. Kalau sudah paham fungsinya, pemilik mobil biasanya akan mencari tahu soal biaya flushing AC mobil. Soalnya urusan perawatan AC mobil
Baca Lebih Lanjut

4 Penyebab Accu Mobil Tidak Mau Mengisi Update 2024

Januari 18, 2024
Tidak bisa terbayangkan situasi di mana accu mobil tidak mau mengisi kembali, sementara kendaraan dipakai hampir setiap saat. Padahal jika ada masalah terhadap pengisian accu, risikonya adalah mogok atau berhenti tiba-tiba. Nah, urusannya bisa lebih repot lagi, karena aki salah satu komponen penting di mobil. Accu mobil menjadi bagian penting dari kendaraan yang berfungsi sebagai
Baca Lebih Lanjut

Rekomendasi Mobil Matic Terbaik 2024

Januari 18, 2024
Nyari mobil matic? Sini bang min kasih beberapa rekomendasi buat otofriends. Ngomong-ngomong, Otofriends kenapa sih mau atau berniat beli jenis mobil ini? Karena dikendarainya enak nggak bikin pegel atau karena lebih praktis aja? Semua itu balik lagi soal selera sih, jadi kamu bisa jawab semuanya berdasarkan kebutuhan dan selera. Kita bakalan bahas fakta sejarah menarik
Baca Lebih Lanjut