Apa Tujuan Rekayasa Lalu Lintas Saat Mudik?

Maret 12, 2023
By Getan Metodius
Apa Tujuan Rekayasa Lalu Lintas Saat Mudik?-otospector

Hallo Otofriends gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya, terutama yang mau mudik nanti di musim mudik lebaran biar tetap sehat dan aman dalam perjalanan pulang pergi. Manajemen atau rekayasa lalu lintas itu apa sih, dan juga apa manfaat dari penerapannya, kita bahas semuanya disini Otofriends.

Manajemen dan rekayasa lalu lintas merupakan serangkaian usaha serta kegiatan yang meliputi perencanaan, pengadaan, pengaturan, pemasangan dan juga pemeliharaan fasilitas perlengkapan jalan dalam rangka mewujudkan, mendukung dan juga memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran lalu lintas.

Sebetulnya benang merah dari rekayasa lalu lintas itu sendiri adalah mengatur penggunaan jalan dari kendaraan yang ada. Intinya sih supaya lalu lintas bisa tetap lancar, tidak ada kemacetan dan juga kepadatan yang mengular.

Cara mencegahnya salah satunya dengan cara membuat jalan secukupnya sesuai dengan kebutuhan, jumlah kendaraan yang menggunakan jalan. Berikut ada 2 fungsi rekayasa lalu lintas:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Melakukan ONEWAY (Satu Arah)

One Way
One Way, photo by Tribun Bogor

Rekayasa lalu lintas Oneway ini bisa menjadi jalan alternatif untuk mengurangi tingkat kemacetan di jalan raya. Contohnya seperti di jalan raya puncak yang selau dikunjungi oleh wisatawan dan banyak kendaraan yang bertujuan ingin pergi ke puncak.

Baca juga: Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2023

#2: Momen Lalu Lintas Tidak Lancar

Kepadatan Jalan Raya
Kepadatan Jalan Raya, photo by Kompas

Seperti yang kita tahu rekayasa lalu lintas ini diberlakukan karena adanya kepadatan kendaraan yang semakin hari semkin banyak jumlahnya yang mengakibatkan jalan raya padat, seperti pada momen lebaran, natal, dan hari besar lainnya. Oleh karena itu dibuatnya rekayasa lalu lintas seperti One Way diharapkan kondisi jalan raya bisa lancar dan tetap aman.

Adapun Beberapa Jenis Rekayasa Lalu Lintas sebagai berikut :

#1: Ganjil-Genap

Ganjil Genap Jakarta
Ganjil Genap Jakarta

Ganjil-genap adalah salah satu peraturan yang hanya bisa dibuat dan diperbolehkan untuk kendaraan yang melintas pada wilayah atau daerah dan hanya di jam tertentu saja disesuaikan dengan nomor plat di kendaraan tersebut.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#2: Melawan Arus atau Contraflow

Contra Flow di Jalan Tol
Contra Flow di Jalan Tol

Seperti yang kita ketahui arti dari ContraFlow adalah melawan arus atau kendaraan melaju secara berlawan. Tujuan dari Contraflow itu adalah untuk mengantisipasi untuk mencegahnya kepadatan kendaraan dijalan raya.

Baca juga: Mau Mudik? Catet Nih Tarif Tol Jakarta-Cikampek 2023

beli mobil bekas di tokopedia

Dukung penerapan rekayasa lalu lintas saat mudik tahun 2023:

Melakukan perjalanan mudik merupakan suatu hajat rutin masyarakat Indonesia. Tidak heran nih otofriends kalau yang namanya mudik itu biasanya kepadatan kendaraan membludak secara tiba-tiba. Dengan adanya pengaturan rekayasa lalu lintas ini bisa membuat kepadatan jadi terurai.

Harapan dari kami agar Otofriends tetap fit, tidak hanya badan saja namun kondisi kendaraan yang juga sehat. Kondisi kendaraan mobil saat mudik baik itu pergi dan juga pulang perlu diperhatikan. Bagi Otofriends yang ingin menggunakan mobil namun belum ada budget membeli kendaraan baru, tidak ada salahnya membeli kendaraan bekas berkualitas di Otospector.

Gunakan layanan Jasa Inspeksi Mobil Bekas dari Otospector untuk mendapatkan mobil bekas dengan garansi terbaik, dengan dukungan Derek, Pengantaran Bensin, Jumper Aki dan masih banyak lainnya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Rekomendasi Dealer Mobil Bekas di Depok dan Bogor

Februari 26, 2024
Warga Depok dan Bogor mana suaranya? Teruntuk kamu yang pengen beli mobil bekas berkualitas, bang min saranin kamu beli di showroom mobil bekas Otospector aja ya. Kamu bisa dapetin mobil yang sudah di inspeksi dan bergaransi. Tapi kalau kamu bingung dimana aja sih dealer rekanan Otospector yang ada di Depok atau Bogor? Cek aja di
Baca lebih lanjut

5 Rekomendasi Dealer Mobil Bekas Di Bandung 2024

Februari 25, 2024
Apakah Otofriends tahu, bahwa tidak semua orang selalu berminat untuk membeli mobil baru, tapi ada yang sengaja memilih membeli mobil bekas. Bukan berarti tidak ada dananya, tapi mereka sengaja memilih mobil bekas karena berbagai alasan. Salah satunya karena harga mobil bekas tidak akan terlalu jatuh. Selain Jakarta, salah satu penjualan mobil bekas terbesar adalah Bandung.
Baca lebih lanjut

Cari Mobil Bekas Bergaransi 2024 Kini Bisa Via Smartphone

Februari 23, 2024
Saat ini banyak pembeli mobil bekas yang tidak mau asal membeli mobil, namun juga cari mobil bekas bergaransi. Hal ini wajar, karena mereka ingin mobil yang dibeli tidak bermasalah serta tenang saat memakainya. Kabar baiknya, sekarang untuk mencari mobil-mobil berkualitas dan bergaransi tidaklah sulit. Sebab semua sudah tersedia di aplikasi OTOS – Bursa Mobil Bekas
Baca lebih lanjut