Apa Tujuan Rekayasa Lalu Lintas Saat Mudik?

Maret 12, 2023
By Getan Metodius
Apa Tujuan Rekayasa Lalu Lintas Saat Mudik?-otospector

Hallo Otofriends gimana kabarnya? Semoga sehat selalu ya, terutama yang mau mudik nanti di musim mudik lebaran biar tetap sehat dan aman dalam perjalanan pulang pergi. Manajemen atau rekayasa lalu lintas itu apa sih, dan juga apa manfaat dari penerapannya, kita bahas semuanya disini Otofriends.

Manajemen dan rekayasa lalu lintas merupakan serangkaian usaha serta kegiatan yang meliputi perencanaan, pengadaan, pengaturan, pemasangan dan juga pemeliharaan fasilitas perlengkapan jalan dalam rangka mewujudkan, mendukung dan juga memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban serta kelancaran lalu lintas.

Sebetulnya benang merah dari rekayasa lalu lintas itu sendiri adalah mengatur penggunaan jalan dari kendaraan yang ada. Intinya sih supaya lalu lintas bisa tetap lancar, tidak ada kemacetan dan juga kepadatan yang mengular.

Cara mencegahnya salah satunya dengan cara membuat jalan secukupnya sesuai dengan kebutuhan, jumlah kendaraan yang menggunakan jalan. Berikut ada 2 fungsi rekayasa lalu lintas:

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Melakukan ONEWAY (Satu Arah)

One Way
One Way, photo by Tribun Bogor

Rekayasa lalu lintas Oneway ini bisa menjadi jalan alternatif untuk mengurangi tingkat kemacetan di jalan raya. Contohnya seperti di jalan raya puncak yang selau dikunjungi oleh wisatawan dan banyak kendaraan yang bertujuan ingin pergi ke puncak.

Baca juga: Simak Fakta Tentang Tol Paling Padat Saat Mudik 2023

#2: Momen Lalu Lintas Tidak Lancar

Kepadatan Jalan Raya
Kepadatan Jalan Raya, photo by Kompas

Seperti yang kita tahu rekayasa lalu lintas ini diberlakukan karena adanya kepadatan kendaraan yang semakin hari semkin banyak jumlahnya yang mengakibatkan jalan raya padat, seperti pada momen lebaran, natal, dan hari besar lainnya. Oleh karena itu dibuatnya rekayasa lalu lintas seperti One Way diharapkan kondisi jalan raya bisa lancar dan tetap aman.

Adapun Beberapa Jenis Rekayasa Lalu Lintas sebagai berikut :

#1: Ganjil-Genap

Ganjil Genap Jakarta
Ganjil Genap Jakarta

Ganjil-genap adalah salah satu peraturan yang hanya bisa dibuat dan diperbolehkan untuk kendaraan yang melintas pada wilayah atau daerah dan hanya di jam tertentu saja disesuaikan dengan nomor plat di kendaraan tersebut.

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

#2: Melawan Arus atau Contraflow

Contra Flow di Jalan Tol
Contra Flow di Jalan Tol

Seperti yang kita ketahui arti dari ContraFlow adalah melawan arus atau kendaraan melaju secara berlawan. Tujuan dari Contraflow itu adalah untuk mengantisipasi untuk mencegahnya kepadatan kendaraan dijalan raya.

Baca juga: Mau Mudik? Catet Nih Tarif Tol Jakarta-Cikampek 2023

beli mobil bekas di tokopedia

Dukung penerapan rekayasa lalu lintas saat mudik tahun 2023:

Melakukan perjalanan mudik merupakan suatu hajat rutin masyarakat Indonesia. Tidak heran nih otofriends kalau yang namanya mudik itu biasanya kepadatan kendaraan membludak secara tiba-tiba. Dengan adanya pengaturan rekayasa lalu lintas ini bisa membuat kepadatan jadi terurai.

Harapan dari kami agar Otofriends tetap fit, tidak hanya badan saja namun kondisi kendaraan yang juga sehat. Kondisi kendaraan mobil saat mudik baik itu pergi dan juga pulang perlu diperhatikan. Bagi Otofriends yang ingin menggunakan mobil namun belum ada budget membeli kendaraan baru, tidak ada salahnya membeli kendaraan bekas berkualitas di Otospector.

Gunakan layanan Jasa Inspeksi Mobil Bekas dari Otospector untuk mendapatkan mobil bekas dengan garansi terbaik, dengan dukungan Derek, Pengantaran Bensin, Jumper Aki dan masih banyak lainnya.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Perbandingan Accord Vs Camry Mana Lebih Unggul?

Oktober 18, 2023
Bicara tentang sedan premium di Indonesia, Otofriends tidak akan pernah bisa lepas dari keberadaan mobil sedan andalan dua brand terkemuka yakni Toyota Camry dan Honda Accord. Maklum, keduanya memang seolah selalu berusaha membuat citra sebagai yang paling terdepan di pasar Indonesia. Tidak sedikit yang membandingkan Honda Accord vs Toyota Camry. Tentu saja setiap produk tetap
Baca lebih lanjut

5 Mobil Sedan Murah Harga Rp 100 Jutaan Per 2023

Oktober 18, 2023
Selalu saja ada orang bertanya, apa benar ada mobil sedan murah? Wajar kalau mereka heran. Soalnya pada saat kondisi baru, mobil sedan memang identik harga yang tinggi dan mewah. Membeli mobil kini bukan seperti beli barang mewah, sudah banyak pilihan mobil yang terjangkau. Termasuk mobil sedan, harga mobil sedan sudah ada yang di bawah 200
Baca lebih lanjut

Yuk Intip Koleksi Mobil Para Capres 2024

Oktober 16, 2023
Seperti Otofriends tahu, tahun 2024 merupakan tahun yang spesial bagi Indonesia, karena pada tahun itulah rencananya bakal digelar Pemilihan Umum Legislatif, termasuk Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024. Bicara soal Pilpres 2024, bahkan saat ini sudah ada tiga calon presiden (capres) yang siap berlaga yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto. Pembahasan capres dan cawapres
Baca lebih lanjut