Apa Sih Suku Cadang OEM, Amankah Untuk Mobil?

Agustus 09, 2024
By Getan Metodius
Apa Sih Suku Cadang OEM, Amankah Untuk Mobil?-otospector

Seperti yang kita ketahui, kalau sparepart mobil ada tiga jenis, seperti Aftermarket, KW, dan OEM. Karena mesin mobil memiliki beberapa komponen tertentu yang mempengaruhi kinerja mobil, nah komponen tersebut adalah sparepart mobil atau bisa dibilang dengan sebutan onderdil dan suku cadang. 

Sistem kerja dari sparepart mobil adalah saling terkait dengan sparepart yang lain. Alangka baiknya menggunakan sparepart mobil yang berkualitas maka akan membuat mobil kamu menjadi lebih awet.

Sparepart mobil merupakan komponen yang mempunyai fungsi tertentu. Dan sparepart bisa ditemui pada kendaraan yang mempunyai fungsi dan jenis yang berbeda-beda, akan ada banyak jenis sparepart pada kendaraan dan yang lainnya juga membutuhkan kendaraan untuk bisa bergerak.

Berikut ini ada tiga jenis sparepart yang harus kamu ketahui.

Beli Mobil Bekas - Aplikasi Otos
Beli Mobil Bekas di OTOS

#1: Aftermarket (non pabrikan).

sparepart untuk mobil

Sumber: otoblitz

Aftermarket adalah jenis sparepart yang harganya lumayan terjangkau jika kamu tidak memiliki budget untuk membeli yang orisinal. Namun, ternyata tak semua sparepart Aftermarket memiliki harga yang terjangkau. 

Dengan adanya perusahaan onderdil yang memenuhi kebutuhan hobi modifikasi mobil, custom, dan lainnya. Sehingga perusahaan onderdil mampu membuat pesanan sesuai kemauan klien.

Kualitas suku cadang sparepart Aftermarket ini kualitasnya bisa setara dengan produk orisinal lho, tapi seperti yang dibilang diatas, kamu harus pandai untuk memilih produk Aftermarket supaya sesuai dengan kendaraan kamu.

Baca juga: 5 Tanda Shockbreaker Mobil Bermasalah

#2: Orisinal (OEM).

suku cadang untuk mobil

Sumber: gridoto

Sparepart mobil yang biasa disebut dengan sebutan OEM yaitu Original Equipment Manufacturer merupakan produk sparepart yang asli dari pabrik. Pabrik tidak hanya memproduksi mobil lho, pabrik juga memproduksi ratusan suku cadang orisinal yang memiliki kualitas yang sangat bagus.

Yang harus kamu ketahui jika tidak semua onderdil orisinal itu diproduksi oleh manufaktur, bahkan ada pula yang dialihkan ke perusahaan lain namun perusahaan tersebut tetap ditunjuk secara resmi oleh pabrik mobil. Nah, jadi jangan khawatir untuk pembuatannya tetap sudah sesuai standar yang sudah ditetapkan oleh manufaktur. 

Garansi Mobil Bekas Otospector
Garansi Mobil Bekas Otospector

Baca juga: Ternyata Segini Umur Baterai Mobil Hyundai

#3: KW.

sparepart mobil kw

Sumber: inews

Yang terlahir adalah jenis sparepart dengan suku cadang KW. Seperti yang kita ketahui tidak hanya suku cadang, produk yang lainnya juga memiliki produk tiruan atau biasa dibilang produk KW. 

Nah, untuk produk yang kualitas KW ternyata memiliki tiga kategori yaitu KW 1, KW 2, dan KW 3. Untuk membedakan kategori tersebut terdapat di tampilan serta bahan yang digunakan dalam proses pembuatannya. 

Akan tetapi memang produk KW itu sangat tidak disarankan bagi kendaraan, namun jika memang budget kamu sangat terbatas biasanya pilihan terakhirnya adalah dengan menggunakan produk KW. 

Namun jika kamu ingin menggunakan produk KW, kamu juga harus tetap berhati-hati karena ada juga produk KW yang tidak memiliki standar keamanan yang sudah diakui secara global. 

Berikut ini ada beberapa tips buat kamu untuk memilih sparepart mobil : 

  • Packaging.

Biasanya produk sparepart yang asli sudah tersegel dan sudah dikemas dengan sangat rapi 

  • Keadaan Fisik yang Sesuai

Setelah kamu membuka kemasan sparepart yang sudah kamu beli, perhatikan untuk cek seluruh bagian komponen agar tidak ada yang cacat.

  • Nomor Seri.

Ini yang perlu diperhatikan, jika kamu membeli produk sparepart yang asli akan memiliki nomor seri yang sesuai dengan katalognya. 

  • Harga dan Garansi.

Nah, sparepart yang asli akan memberikan garansi bagi yang membeli, dan untuk sparepart yang asli akan memiliki harga yang cenderung mahal.

Beli mobil bekas yang berkualitas.

Terlepas dari sukucadang, ketika kamu ingin membeli mobil bekas pastikan jangan salah pilih otofriends. Kenapa? Karena jika salah pilih malah banyak biaya yang akan kamu keluarkan untuk perbaikan.

Jadi lebih baik kamu gunakan layanan jasa inspeksi mobil bekas Otospector aja. Dimana kamu bisa mendapatkan laporan yang independen perihal mobil yang kamu incar tadi.

Ditambah kalau pakai inspeksi mobil Otospector ini bisa mendapatkan garansi sampai 1 tahun loh untuk transmisi dan mesin.

Bagikan

Baca Artikel Lainnya

Baca Artikel Lainnya

Faktor-faktor Yang Membuat Mobil Kuat Di Tanjakan

Mei 09, 2024
Bagi sebagian pemilik mobil, isu soal mobil “kuat nanjak” mungkin dianggap ga penting. Apalagi orang-orang yang tinggalnya di perkotaan, seperti Jakarta, Bandung, atau Surabaya; yang jalannya relatif landai. Makanya ketika sejumlah merek terkenal di Indonesia mengalihkan dari sistem RWD ke FWD, tidak terlalu banyak keberatan. Akan tetapi kalau pemilik mobil tinggal di daerah pegunungan dengan
Baca Lebih Lanjut

Inilah Fungsi Defogger Mobil Dan Cara Kerjanya

Mei 07, 2024
Sering kali ditemukan, sebagian pengemudi yang ternyata tidak paham tentang fungsi defogger mobil. Padahal fitur itu ada di mobil mereka. Dan mereka juga pernah merasa terganggu dengan adanya embun atau kabut yang menghalangi pandangan saat mengemudi. Sayangnya, fitur ini jadi tidak termanfaatkan secara optimal. Masalahnya, orang sering tidak menghiraukan gangguan pandangan akibat embun atau kabut,
Baca Lebih Lanjut